PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PADA MATERI ETIKA PERGAULAN ISLAMI PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 2 JABON

Authors

  • Ari Finawati Universitas PGRI Adibuana Surabaya
  • Retno Danu Rusmawati Universitas PGRI Adibuana Surabaya
  • Hartono Universitas PGRI Adibuana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23773

Keywords:

PBL, metode ekspositori, motivasi Belajar, hasil belajar PAI

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil pengujian: (1) Pengaruh Antara Metode Problem Based Learning (PBL) dan Metode Ekspositori Terhadap hasil belajar PAI Siswa, (2) Pengaruh Antara motivasi Belajar tinggi dan rendah Terhadap hasil belajar PAI Siswa, (3) Interaksi Antara Metode Problem Based Learning (PBL) dan motivasi Belajar Terhadap hasil belajar PAI Siswa kelas IX Di SMPN 2 Jabon. Penelitian yang bersifat eksperimen ini dilaksanakan menggunakan rancangan faktorial design 2x2. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang terdiri empat kelas dengan 128 siswa di SMPN 2 Jabon. Subyek yang menjadi fokus eksperimen diambil acak klasikal, yaitu empat kelas ABCD dari kelas 9 Di SMPN 2 Jabon. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh antara Metode Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Ekspositori terhadap hasil belajar PAI siswa. Pembelajaran PAI dengan menggunakan Metode Problem Based Learning (PBL) menghasilkan hasil belajar PAI siswa lebih baik dibandingkan dengan Metode Ekspositori, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar PAI siswa yang memiliki Motivasi Belajar tinggi dengan siswa yang memiliki Motivasi Belajar rendah. Siswa-siswa yang mempunyai tingkat Motivasi Belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar PAI lebih baik dibandingkan dengan siswa-siswa yang mempunyai tingkat Motivasi Belajar rendah, dan (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap hasil belajar PAI. Pembelajaran PAI dengan menggunakan Metode Problem Based Learning (PBL), siswa-siswa yang mempunyai tingkat Motivasi Belajar tinggimempunyai hasil belajar PAI lebih baik dibandingkan siswa-siswa yang mempunyai tingkat Motivasi Belajar rendah. Pembelajaran PAI dengan menggunakan Metode Problem Based Learning (PBL), siswa-siswa yang mempunyai tingkat Motivasi Belajar tinggi mempunyai hasil belajar PAI lebih baik dibandingkan siswa-siswa yang mempunyai tingkat motivasi belajar rendah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdalla, M. E., Dash, N., Shorbagi, S., & Taha, M. H. (2021). Development And Validation Of Inventory Tool To Evaluate Social Accountability Principles In Case Scenarios Used In Problem-Based Curriculum (Social Accountability Inventory For Pbl). Medical Education Online, 26(1). Https://Doi.Org/10.1080/10872981.2020.1847243

Abror, A. F. (2021). Sistem Informasi Geografis Lembaga Pendidikan Formal Di Kabupaten Jepara Berbasis Website. Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, 1(3). Https://Doi.Org/10.52362/Jmijayakarta.V1i3.487

Alifia, Z., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Dalam Penerapan Edmodo Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i2.591

Andriani, W., Setyosari, P., Kuswandi, D., Kamdi, W., Gunawan, W., Karyono, H., & Student, G. (N.D.). Application Of Murder Collaborative Learning And Achievement Motivation On Problem-Solving Skills. In International Journal Of Innovation, Creativity And Change. Www.Ijicc.Net (Vol. 14, Issue 2).

Arini, C. D. (2021). Musik Klasik Sebagai Solusi Kecemasan Belajar Matematika. Semadik, 3(1).

Aritonang, I., & Safitri, I. (2021). Pengaruh Blended Learning Terhadap Peningkatan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i1.555

Et Al., I. N. S. D. (2021). The Effect Of Pbl-Based Steam Approach On The Cognitive And Affective Learning Outcomesof Primary School. Turkish Journal Of Computer And Mathematics Education (Turcomat), 12(6). Https://Doi.Org/10.17762/Turcomat.V12i6.5521

Fatchurrohman, R. (2011). Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kesiapan Belajar, Pelaksanaan Prakerin Dan Pencapaian Kompetensi Mata Pelajaran Produtif Teknik Kendaraan Ringan Kelas Xi. Jurnal Pendidikan.

Fitriani, W., Haryanto, H., & Atmojo, S. E. (2020). Motivasi Berprestasi Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6).

Fitriati, I., Purnamasari, R., Fitrianingsih, N., & Irawati, I. (2021). Implementasi Digital Game Based Learning Menggunakan Aplikasi Educandy Untuk Evaluasi Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Bima. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian 2021.

Fradila, E., Razak, A., Santosa, T. A., Arsih, F., & Chatri, M. (2021). Development Of E-Module-Based Problem Based Learning (Pbl) Applications Using Sigil The Course Ecology And Environmental Education Students Master Of Biology. International Journal Of Progressive Sciences And Technologies (Ijpsat, 27(2).

Gunawan, W., Degeng, I. N. S., Utaya, S., & Sulton. (2019). The Improvement Of Conceptual And Procedural Understanding By Scaffolding With Responsiveness. International Journal Of Innovation, Creativity And Change, 7(5).

Hasrida, Muhammad Danial, P. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemampuan Awal Terhadap Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar. 2(2), 44–57.

Indah, P., & Nuraeni, R. (2021). Perbandingan Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Melalui Model Pbl Dan Ibl Berdasarkan Kam. Mosharafa: Jurnal Pendidikan …, 10.

Ivan, M. (2021). Paradigma Baru Program Studi Pendidikan Non Formal/Pendidikan Luar Sekolah (Pnf/Pls) Di Era Vuca. Pakar Pendidikan.

Khotimah, D. K. Dan Sulthoni. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 158–165.

Khusna, H., Ulfah, S., Merdeka, J. T., Rambutan, K., & Id, H. A. (2021). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Kemampuan Pemodelan Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1).

Kuo, H. C., Yang, Y. T. C., Chen, J. S., Hou, T. W., & Ho, M. T. (2021). The Impact Of Design Thinking Pbl Robot Course On College Students’ Learning Motivation And Creative Thinking. Ieee Transactions On Education. Https://Doi.Org/10.1109/Te.2021.3098295

Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Ppkn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1). Https://Doi.Org/10.21831/Civics.V14i1.14558

Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & ... (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan Ips ….

Moh. Thoyib, M. Subandowo, Y. W. (2021). Penerapan E-Learning Dengan Analisis Pengetahuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Smk Moh. 6(1), 12–23.

Munawwir, A., & Nur Hanip, S. P. (2021). Sekolah Pesisi Juang: Pendidikan Non-Formal Anak Pesisir. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1). Https://Doi.Org/10.17977/Um041v16i1p1-11

Nurfadillah Salam, S. & J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran … Pengembangan Media Pembelajaran …. Al-Ahya, 01(01), 219–232.

Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). Https://Doi.Org/10.31000/Rf.V17i1.4168

Nurwanti, A. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Daring Dengan Stres Akademik Pada Siswa Kelas X Mia Sman-1 Muara Teweh. Skripsi.

Puspaningtyas, N. D., & Ulfa, M. (2021). Pelatihan Soal Matematika Berbasis Literasi Numerasi Pada Siswa Sma It Fitrah Insani. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mipa Dan Pendidikan Mipa, 4(2). Https://Doi.Org/10.21831/Jpmmp.V4i2.37504

Riyadi, J. S. (2020). Pembelajaran Matematika Guided Note Taking Dan Pbl Ditinjau Dari Motivasi Belajar Untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah. … Education Jurnal Pendidikan Matematika.

Santika, I. W. D., Parwati, N. N., & ... (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Setting Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah …. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, X, 105–117.

Siti Nurjanah, R. D. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Belajar Ips Terpadu Pada Materi Kegiatan Ekonomi. Jiipsi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1).

Sitompul, N. C. (2020). Edcomtech. Pengaruh Project Based Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Menggambar Bentuk (Still Life) Dalam Pelajaran Visual Ar, 119–128.

Sugiyono, Universitas Negeri. (2019). Studi Pustaka. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9).

Susana, H., Afidah, M., Wahyuni, S., & Khudri Sembiring, A. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Media Google Classroom. Bio-Lectura, 8(1). Https://Doi.Org/10.31849/Bl.V8i1.6583

Susanti, R., Martini, M., Wati, A., & Salsabilla, J. D. (2021). Uji Kelayakan Instrumen Untuk Pengukuran Hubungan Motivasi Belajar Dan Dukungan Keluarga Dengan Produktivitas Mahasiswa Dalam Melaksanakan Pengalaman Belajar Lapangan Pada Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(2). Https://Doi.Org/10.32831/Jik.V9i2.329

Syamina, S., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2021). The Analysis Of Effect Size And The Effect Of Teaching Materials Based On Problem Based Learning (Pbl) On Students’ Competence. Jurnal Tarbiyah, 28(1). Https://Doi.Org/10.30829/Tar.V28i1.897

Tigowati, T., Efendi, A., & Budiyanto, C. W. (2017). The Influence Of E-Learning Use To Student Cognitive Performance And Motivation In Digital Simulation Course. Ijie (Indonesian Journal Of Informatics Education). Https://Doi.Org/10.20961/Ijie.V1i2.12812

Utami, N. M. Y., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. Https://Doi.Org/10.23887/Jippg.V2i2.19178

Vatillah, V., Ambarwati, L., Hakim, L. El, Pendidikan, M., Pascasarjana, M., & Negri, U. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Dan Self Regulated Learning Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa. 13(1).

Wahyu Wijayanti, N. (2021). Implementasi Permainan Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Cendekiawan, 3(1). Https://Doi.Org/10.35438/Cendekiawan.V3i1.218

Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Matakuliah Matematika Sekolah Ditinjau Dari Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i1.470

Yurindah, Y., B, A., & Hamid, R. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Suhu Dan Wujud Benda Pada Siswa Kelas Vc Sdn 36 Kendari. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar. Https://Doi.Org/10.36709/Jipsd.V2i1.13699

Downloads

Published

2025-03-28

Most read articles by the same author(s)