PENGEMBANGAN FLIPBOOK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP ISLAM SIRAJUN JADID PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21118Keywords:
flipbook berbasis project based learning, solveability problem, research and deveplomentAbstract
The purpose of this study is to see the feasibility of developing project-based learning-based flipbooks on mathematical problem-solving abilities seen from validity, practicality and effectiveness. The method used is Research and Development (R&D) with an ADDIE research design. This research was carried out at Sirajun Jadid Islamic Junior High School Pontianak with a trial subject of 30 grade VII students. From the validity results, it shows that the validity of the media reaches a percentage of 89.08% and the validation of the material is a percentage of 97.73 with the criterion of "very valid". The Flipbook developed is also practical to use with the percentage of teacher response questionnaires of 92% of the "very practical" criteria and student response questionnaires of 92.47% of the "very practical" criteria. The effectiveness is seen from the results of the posttest with ,... Students are complete and ... incomplete students get a percentage of .... criteria of "very effective". Based on these results, it is concluded that the developed flipbook is suitable for use in learning.Downloads
References
Andara, B., Fadillah, S., & Jamilah, J. (2022). Pengembangan Flash Flipbook untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 26–34. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.180
Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Http://Journal.Umpo.Ac.Id/Index.Php/Dimensi/Index
Afriana, J. (2015). Project based learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Angin, C. K. B. P., & Juwitaningsih, T. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PjBL Berbantuan Media Digital Flipbook terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(1), 306-316.
Ariawan, R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Visual Thinking Disertai Aktivitas Quick On The Draw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis.
Arifin, Surinda, B.,Irmayanti, E., Arfandy, T., Lukiani, E., & Prastyanintas. (2022). Pendampingan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Optimalisasi Pembelajaran. Jurnal pegabdian Nusantara, 486-490.
Darma, Y., Syarif S Putra, dan R., Studi Pendidikan Matematika, P., & PGRI Pontianak Jalan Ampera No, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Development of Macromedia Flash-Based Learning Media with Problem Posing to Mathematical Problem Solving Ability. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Fadillah, S. (2009). Kemampuan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran matematika. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA (Vol. 16).
Goodman, Brandon and Stivers, J. 2010. Project-Based Learning. Educational Psycology. ESPY 505.
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development (M. R. Aqli (ed.); 1st ed.). Literasi Nusantara.
Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PjBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa : Sebuah Kajian Deskriptif Tentang Peran Model Pembelajaran PJBL Dalam Meningkatkan. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2(1), 1–11. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/index
Ikhsan, M., Fatimah, S., Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Unsyiah Banda Aceh, M., Keguruan dan Ilmu Pendidikan Matematika Unsyiah Banda Aceh, F., & Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UPI
Bandung, F. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps). Jurnal Peluang, 1(2).
Istiqomah, dkk., 2014. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Pokok Larutan Asam dan Basa di kelas X1 OPA 1 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia 3, No. 3, h. 8.
Juliani Noor, A. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Script (Vol. 2).
Maharani, M., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2018). Desimal: Jurnal Matematika Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun untuk Menurunkan Kecemasan Siswa. 1(1), 101–106. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index
Mahendra, I. W. E. (2017). Project based learning bermuatan etnomatematika dalam pembelajaran matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106-114.
Muslim, S. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Sma. Supremum Journal Of Mathematics Education (Sjme), 1(2).
Nindarti, N., Anwar, S., & Raden Intan Lampung, U. (2018). Meningkatkan Konsep Trigonometri Berbasis Nilai Keislaman Melalui Buku Saku Improving Of Trigonometry Concept Based On Islamic Value Trough Pocket Book. http://journalbalitbangdalampung.org
Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. 16(2). http://ejournal.unisba.ac.idDiterima:4/09/2017Disetujui:21/11/2017
Oktaviana, D., Prihatin, I., & Fahrizar, F. (2020a). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Contextual Teaching And Learning Dalam Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 1. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2543
Oktaviana, D., Prihatin, I., & Fahrizar, F. (2020b). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Contextual Teaching And Learning Dalam Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 1. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2543
Relmasira, S. C., & Tyas Asri Hardini, A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) A R T I C L E I N F O. Journal of Education Action Research, 3, 285–291. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
Prasetya Subakti, D., Marzal, J., Haris Effendi Hsb, M., Studi Magister Pendidikan Matematika, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Jambi, U., Studi Magister Pendidikan Kimia, P., Jambi Jl Raden Mattaher No, U., & Jambi, K. (t.t.). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. 05(02), 1249–1264.
Solichin, M. (2017). Analisis daya beda soal, taraf kesukaran, validitas butir tes, interpretasi hasil tes dan validitas ramalan dalam evaluasi pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 2(2), 192-213.
Son, A. L. (2019). Instrumentasi kemampuan pemecahan masalah matematis: analisis reliabilitas, validitas, tingkat kesukaran dan daya beda butir soal. Gema wiralodra, 10(1), 41-52.
Sri Sumartini, T. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (Vol. 5, Nomor 2). http://e-mosharafa.org/
Sudaryono, Margono, G., & Rahayu, W. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan (1st ed.). Graha Ilmu.
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 277. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/851
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metedologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta
Sumarmo, U. 2010. Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik.Bandung: FPMIPA UPI.
Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematis serta Pembelajarannya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Wahyu, D., Dan, A., Fitrihidajati, H., Flipbook, P., Problem, B., Ilmiah, B., Biologi, P., Biologi, A. P., Matematika, F., Ilmu, D., Alam, P., & Surabaya, U. N. (2020). Pengembangan Flipbook Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Submateri Pencemaran Lingkungan Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA Development Of Flipbook Based On Problem Based Learning (Pbl) In Environmental Pollution Submaterial To Train The Critical Thinking Skills Of 10 Th Grades High School Students (Vol. 9, Nomor 1).
Wahyudinata, A., Fadillah, S., & Hadad, A. (2022). Pengembangan Mobile learning Untuk Meningkatkan Kemampuanpemahaman Matematis Siswa Pada Materi Himpunan. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA), 1(2).
Wahyu, Rahma. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Project Based Learning(PJBL) Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMP As-Salam Batu. Skripsi Universitas Muhammadiyah Malang (tidak dipublikasikan).
Wahyu, R. (2016). Implementasi model project based learning (pjbl) ditinjau dari penerapan kurikulum 2013. Jurnal Tecnoscienza, 1(1), 49-62.
Wayan, I., & Mahendra, E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika.
Wibowo, T. E., & Faizah, S. (2021). Pengembangan Soal Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 145–158. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i2.145-158
Wijaya, A. (t.t.). Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan The Effect Of Ability And Motivation On Employee’s Performance.
Yunarzat, E., & Kaune, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar BimTIK Dengan Menggunakan Media Pocket book digital Berbasis Flipbook Pada Siswa Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 10 Maros. Journal Of Social Science Research, 4, 6960–6971.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.