REINFOCEMENT LITERASI DIGITAL PADA SISWA DI SDN PANGARANGAN I KABUPATEN SUMENEP

Authors

  • Rodiatul Holifah STKIP PGRI Sumenep
  • Zainuddin STKIP PGRI Sumenep
  • M. Ridwan STKIP PGRI Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23582

Keywords:

Reinforcement, Literasi Digital, Pembelajaran Sekolah Dasar

Abstract

Literasi digital merupakan keterampilan esensial bagi siswa dalam menghadapi era teknologi yang terus berkembang. Namun, di SDN Pangarangan I Kabupaten Sumenep, tingkat literasi digital siswa masih tergolong rendah, sehingga diperlukan upaya reinforcement atau penguatan literasi digital dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas program reinforcement literasi digital serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapannya di SDN Pangarangan I. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap fasilitas pembelajaran digital di sekolah, wawancara mendalam dengan kepala sekolah dan guru mata pelajaran berbasis teknologi, serta analisis dokumentasi pembelajaran yang menggunakan media digital. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah sebagai pengambil kebijakan dan guru yang menerapkan pembelajaran berbasis digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reinforcement literasi digital di SDN Pangarangan I memberikan dampak positif dalam beberapa aspek. Pertama, penggunaan media pembelajaran digital semakin meningkat dengan integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Kedua, kemampuan literasi digital siswa mengalami peningkatan, terlihat dari keterampilan mereka dalam mengakses, memahami, dan menggunakan sumber belajar digital secara efektif. Ketiga, terdapat peningkatan sarana dan prasarana berbasis digital yang mendukung proses pembelajaran, seperti penyediaan perangkat teknologi dan akses internet yang lebih memadai. Dengan demikian, reinforcement literasi digital di SDN Pangarangan I memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis teknologi. Diharapkan sekolah dapat terus mengembangkan strategi penguatan literasi digital guna mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnesia, F., Dewanti, R., & Darmahusni, D. (2021). Praksis Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Abad 21. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 5(1), 16-29.

Ahsani, E. L. F., Romadhoni, N. W., Layyiatussyifa, E. L., Ningsih, W. N. A., Lusiana, P., & Roichanah, N. N. (2021). Penguatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Indonesia Den Haag. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(2), 228-236.

Anwar, C. R., & Ramadani, P. (2021). Digital Storytelling: Literasi Digital Pada Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 1(1), 82-86.

Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., & Putra, A. B. N. R. (2019). Kompetensi literasi digital bagi guru dan pelajar di lingkungan sekolah kabupaten Malang. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 3(2), 98-104.

Giovanni, F., & Komariah, N. (2019). Hubungan antara literasi digital dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 6 Kota Bogor. Libraria, 7(1), 147-162.

Haqqi, H., & Wijayati, H. (2019). Revolusi Industri 4.0 di Tengah Society 5.0: Sebuah Integrasi Ruang, Terobosan Teknologi, dan Transformasi Kehidupan di Era Disruptif. Yogyakarta; Anak Hebat Indonesia.

Ibda, H., & Rahmadi, E. (2018). Penguatan literasi baru pada guru madrasah ibtidaiyah dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1), 1-21.

Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 211-222).

Kuswandi, I. (2024). Actualization of meaning and motives for entering the sufism order on max weber perpective:(Study of the experience of tijaniyya order practioners in pesantren in madura). ATTARBAWIY: Malaysian Online Journal of Education, 8(1), 39–51.

Kuswandi, I., & Asmoni, A. (2025). A Character Formation Model in Integral Schools: An Analysis Through Weber’s Theory of Social Action. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 17(1).

Ridwan, M., AR, M. M., Budiyono, F., & Sukitman, T. (2023). Improve The Numeracy Skills of Fifth-Grade Students Through Self-Efficacy in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3), 526–535.

Ridwan, M., Hodairiyah, H., & Sulistiyono, S. (2024). Language Politeness as a Foundation for Ethical and Moral Development Among Islamic Elementary School Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(3), 2967–2976.

Muflihin, A., & Makhshun, T. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sebagai Kecakapan Abad 21. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 91-103.

Muliastrini, N. K. E., & Handayani, N. N. L. (2021, May). Gerakan Literasi Digital Bermuatan Karakter Dalam Menyongsong Pendidikan Abad 21 Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya (No. 3, pp. 67-78).

Oktavia, R., & Hardinata, A. (2021). Tingkat Literasi Digital Siswa Ditinjau Dari Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi Pada Siswa Mengengah Atas (Sma) Kecamatan Kuala Nagan Raya. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(1), 26-34.

Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia Di Era Society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87-100.

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model penguatan literasi digital melalui pemanfaatan e-learning. Jurnal Aspikom, 3(6), 1200-1214.

Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan literasi digital pada masa pandemi covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 8(2), 269-283.

Sijabat, N, D, Br & Paidi. (2019). Impact of Using Digital Technology for Student Achievement in Biology Learning. In International Conference on Education and Regional Development IV (pp. 177-185).

Syafrilianto, S., Lubis, M. A., Taufiq, M., & Vimala, B. K. (2019). Student's perception toward digital based learning in welcoming the era of society 5.0 at IAIN Padangsidimpuan. In International Conference on Education and Regional Development IV (pp. 643-654).

Usmaedi, U. (2021). Education Curriculum For Society 5.0 In The Next Decade. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 63-79.

Wijasena, A. C., & Haq, M. S. Optimalisasi Sarana Prasarana Berbasis IT Sebagai Penunjang Pembelajaran Dalam Jaringan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 240-255.

Downloads

Published

2025-03-30