Analisis Faktor Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sanggar Bimbingan Klang Lama Malaysia

Authors

  • khusahibliyah khusah STKIP PGRI SUMENEP
  • M. Ridwan PGSD STKIP PGRI SUMENEP

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24840

Keywords:

Early Readin Skills, Internal Factor, External Factors

Abstract

Kemampuan membaca permulaan merupakan kemampuan untuk mengenal huruf

abjad, menyusun suku kata menjadi kata hingga mampu membaca kalimat

dengan utuh. kendala utama yang dihadapi oleh siswa di Sanggar Bimbingan

Klang Lama Malaysia adalah kemampuan membaca permulaan yang seharusnya

sudah dikuasai oleh siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor

menyebabkan kesulitan membaca permulaan siswa kelas 1 Sanggar Bimbingan Klang

Lama Malaysia. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis

penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan

dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa

kelas 1 Sanggar Bimbingan Klang Lama Malaysia memilki kemampuan membaca

yang bervariasi hal ini karena dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal

dapat dilihat dari faktor fisiologis, intelektual, dan faktor psikologis eksternal seperti

kurangnya dukungan orang tua, gaya bahasa yang masih kental dengan budaya

melayu, dan lingkungan belajar yang kurang kondusif.

Kata kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Faktor Internal, Faktor

Eksternal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.

Alexander, & MuhammaHimawan Haykal Firza. (2023). Analisis Kesalahan Ejaan dan Tanda Baca Pada Salah Satu Surat Kabar. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(1), 24–28. https://doi.org/10.54066/jikma-itb.v1i1.38

Arwita Putri, Riris Nurkholidah Rambe, Intan Nuraini, Lilis Lilis, Pinta Rojulani Lubis, & Rahmi Wirdayani. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51–62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984

Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526

Hilmi, I. F. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SUKU KATA DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(6), 2363–2379.

Leonardho, R., Fadhilah, D., & Sumiyani. (2022). Analisis Faktor Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SDN Keroncong Mas Permai Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 229–235.

Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., K. (2021). Jurnal basicedu. 5(4), 2611–2616.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Pertiwi, D. S. K., & Pratikno, A. S. (2024). Analisis Faktor Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1. Jurnal Inovasi,

Downloads

Published

2025-05-29