MATH INTERACTIVE FLIPBOOK: PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS DIGITAL KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23518Abstract
Rendahnya pemahaman konsep matematika di kalangan peserta didik menjadi masalah yang perlu diatasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Interactive Math Flipbook berbasis digital dan menguji kelayakan serta kepraktisannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan model ADDIE, yang mencakup analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Analisis kebutuhan menunjukkan adanya kurangnya media digital dan rendahnya pemahaman matematika di kalangan siswa kelas V di SD Negeri Sari 2. Flipbook dirancang menggunakan Canva dan divalidasi oleh ahli media, materi, dan bahasa, dengan rata-rata skor masing-masing 3,75, 3,35, dan 3,65, yang menunjukkan produk tersebut "sangat valid." Tahap implementasi melibatkan uji coba selama tiga hari di mana siswa mengakses Flipbook secara mandiri. Kepraktisan media dinilai melalui angket yang diisi oleh guru dan siswa, dengan rata-rata skor 3,9 dan 3,4, keduanya dalam kategori "sangat baik." Temuan ini menunjukkan bahwa Interactive Math Flipbook adalah alat yang layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran matematika peserta didik.Downloads
References
Anafi, Khoirul, Iskandar Wiryokusumo, and Ibut Priono Leksono. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Model Addie Menggunakan Software Unity 3D.” Jurnal Education and Development 9(4):433–38.
Azhar, Muhammad, Hakmi Wahyudi, and Destia Yolanda. 2024. “Integrasi Teknologi Dalam Buku Ajar : Menyongsong.” 1(1):43–55.
Didik Prawira Putra, I. Putu, Dewa Ayu Made Manu Okta Priantini, and I. Made Astra Winaya. 2021. “Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 8(2):325–38. doi: 10.38048/jipcb.v8i2.344.
Gunawan, and Asnil Aidah Ritonga. 2019. MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INDUSTRI 4.0.
Hasiru, Dewasni, Syamsu Qamar Badu, and Hamza B. Uno. 2021. “Media-Media Pembelajaran Efektif Dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh.” 2(2):59–69.
Juliani, Retno, and Nini Ibrahim. 2023. “Pengaruh Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar.” ELSE (Elementary School Education Journal) 7(1):20–26.
Kemendikbudristek. 2021. “Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran.” Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran 130.
Kusumadewi, Rida Fironika. 2021. “No Title.”
Mesra, Romi. 2023. Research & Development Dalam Pendidikan.
Mokambu, Fitrianingsih. 2021. “Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V SDN 4 Talaga Jaya.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” (November):56–62.
Muzakki, Hawwin, Restu Yulia Hidayatul Umah, and Khoirul Mudawinun Nisa’. 2021. “Teori Belajar Konstruktivisme Maria Montessori Dan Penerapannya Di Masa Pandemi Covid-19.” Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 6(1). doi: 10.21154/ibriez.v6i2.164.
Nurfatimah, Siti Aisyah, Syofiyah Hasna, and Deti Rostika. 2022. “Membangun Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs).” Jurnal Basicedu 6(4):6145–54. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3183.
Nurlina, Nurlina, Nurfaidah Nurfaidah, and Aliem Bahri. 2021. Teori Belajar Dan Pembelajaran.
Ramadhan, Wandri, Rovika Meisya, Raudhatul Jannah, and Khamim Zarkasih Putro. 2023. “E-Modul Pendidikan Pancasila Berbasis Canva Berbantuan Flip PDF Profesional Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) 11(2):178–95. doi: 10.22219/jp2sd.v11i2.27262.
Ruanda, Rizky, Hari Purnomo Susanto, and Khoirul Qudsiyah. 2025. “Implementasi Media Pembelajaran E-Flipbook Pada Materi Vektor Kelas X SMK Implementation of E-Flipbook Learning Media on Vector Material in 10th Grade Vocational High School.” 6:1–6.
Sae, Herlin, and Elvira Hoesein Radia. 2023. “Media Video Animasi Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD.” Indonesian Journal of Education and Social Sciences 2(2):65–73. doi: 10.56916/ijess.v2i2.474.
Ulia, Nuhyal, and Yunita Sari. 2018. “Pembelajaran Visual , Auditory Dan Kinestetik Terhadap Keaktifan Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar.” 5:175–90.
Verdinandus Lelu Ngono, and Wijayanto Taufik Hidayat. 2019. “Pendidikan Di Era Digital.” Jurnal Seminar Nasional Pendidikan 628–38.
Waruwu, Marinu. 2024. “Metode Penelitian Dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan Dan Kelebihan.” 9:1220–30.
Ying, Yong Hua, Winson Eng Wei Siang, and Maslawati Mohamad. 2021. “The Challenges of Learning English Skills and the Integration of Social Media and Video Conferencing Tools to Help ESL Learners Coping with the Challenges during COVID-19 Pandemic: A Literature Review.” Creative Education 12(07):1503–16. doi: 10.4236/ce.2021.127115.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.