PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPAS MATERI MELIHAT KARENA CAHAYA MENDENGAR KARENA BUNYI KELAS V SDN 17/I RANTAU PURI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23187Keywords:
Model Group Investigation, Keterampilan KolaborasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif group investigation untuk meningkatkan keterapilan kolaborasi peserta didik pada pelajaran IPAS materi melihat karena cahaya mendengar karena bunyi di kelas V SDN 17/I Rantau Puri. Bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model Taggart dan Kemmis yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menerapkan model group investigation pada pembelajaran IPAS terlihat terjadi peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik. Peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik ditandai dengan memperhatikan tiap indikator keterampilan kolaborasi, yaitu Saat kegiatan kolaborasi atau kelompok peserta didik memiliki tingkat kerja sama dengan baik; meskipun memiliki perspektif yang berbeda peserta didik mampu menunjukkan empati yang tinggi; mampu beradaptasi dengan baik; bertanggung jawab terhadap peran yang diberikan; mempunyai kemampuan berkompromi yang baik diantara anggota lainnya untuk tercapai tujuan bersama. Hal ini terlihat dari peserta didik yang mengalami peningkatan keterampilan kolaborasi dalam pembelajaran dengan memperhatikan tiap indikator keterampilan kolaborasi pada kegiatan pembelajaran terlihat pada setiap pertemuan. Hasil dari penelitian siklus I Pertemuan I memperoleh persentase 46,25% pada pertemuan II 55,43% mengalami peningkatan 9,18%. Siklus II pertemuan I memperoleh persentase 68,33% dan pertemuan II 84,31% mengalami peningkatan sebesar 15,98%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan keterapilan kolaborasi peserta didik kelas V SDN 17/I Rantau Puri dapat meningkat setelah diterapkan model pembelajaran group investigation.Downloads
References
A.Arif, T. (2022). Teori Belajar dan Implikasinya di SD. Sukabumi: Penenrbit Haura Utama.
Aini, Z., Ramdani, A., & Raksun, A. (2018). Perbedaan penguasaan konsep biologi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan guided inquiry di MAN 1 Praya. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 19-23.
Farnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Grup Penerbit CV Budi Utama.
Fauzi, F., Erna, M., & Linda, R. (2021). The Effectiveness of Collaborative Learning Throughtechniques on Group Investigation and Think Pair Share Students' Critical Thinking Ability on Chemical Equilibrium Material. Journal of Educational Sciences, 5(1), 198-208.
Jalmo, T., Fitriyani, D., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berfikir Tingkat tinggi. Jurnal Bioterdidik, 77-87. Vol 7, No. 3
Pramusinta, Y., & Faizah, S. N. (2022). Belajar dan Pembelajaran Abad 21 di Sekolah dasar. Jawa Timur: Nawa Litera Publishing.
RI. (2022). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 tahun 2022 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
RI. (2022). Permendikbud Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
Setyami, I. (2021). Bunga Rampai: Membaca Corona Membaca Realita. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Setyaningsih, C. D. (2020) Peningkatan Keterampilan Komunikasi Dan Kolaborasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Materi Ipa Pada Siswa Kelas V Sd Kanisius Jomegatan. Skripsi, 1-124.
Suhardjono, R. H. (2022). Buku Ajar Soft Skill Dan Kepemimpinan. Yogyakarta: CV. Nas Media Pustaka.
Suprayitno, A. (2020). Menyusun PTK Era 4.0. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.