EKSPLORASI TERHADAP PEMAHAMAN, KEAKTIFAN, DAN PRESTASI BELAJAR IPAS MATERI PENGECEKAN KEASLIAN UANG MENGGUNAKAN MEDIA DADU ADIKSIMBA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21841Keywords:
Ekplorasi, Pemahaman, Keaktifan, Prestasi Belajar, IPAS, ADIKSIMBAAbstract
Persoalan mendasar dalam setiap pelaksanaan pembelajaran, termasuk pembelajaran IPAS adalah bagaimana guru dapat mengelola pembelajaran yang membuat siswa paham, aktif, dan pada akhirnya memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Diperlukan materi pembelajaran yang menarik dan relevan, serta metode pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami konsep-konsep yang kompleks dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan. Salah satu media yang dapat digunakan adalah dadu ADIKSIMBA, sebuah alat bantu pembelajaran yang dirancang untuk membuat proses belajar mengajar menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. ADIKSIMBA merupakan akronim dari konsep saintifik yang terdiri atas kata tanya "apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana". Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian eksploratif. Penelitian ini mengumpulkan data berupa informasi yang terhimpun dari kata-kata yang diperoleh melalui wawancara dengan narasumber dan observasi. Data bersumber dari informasi yang diberikan oleh responden dan catatan peneliti yang diperoleh pada saat observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan media dadu ADIKSIMBA dalam pembelajaran IPAS materi pengecekan keaslian uang memberikan dampak positif terhadap pemahaman, keaktifan, dan prestasi belajar siswa kelas IV. Selain itu, prestasi belajar siswa juga meningkat melalui evaluasi yang rutin dan kolaborasi dengan orang tua. Guru secara aktif memantau kemajuan belajar siswa dan memberikan bimbingan yang tepat sasaran, sementara kolaborasi dengan orang tua membantu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung baik di rumah maupun di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif seperti dadu ADIKSIMBA dapat menjadi model untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.Downloads
References
Agustin, S., Sumardi, S., & Hamdu, G. (2021). Kajian tentang keaktikan belajar siswa dengan media teka teki silang pada pembelajaran IPS SD. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 166-176.
Faradila, F. I., & Pratiwi, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Roda Putar terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di UPTD SDN Pejagan 4. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(1), 97-104.
Faturrokhman, R. (2024). Media Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Keterlibatan Dan Pemahaman Siswa Di Sekolah Smk Pembangunan. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(4), 713-721.
Mahardika, S. G., Zulfikar, A. L., & Bustami, A. (2024). Edukasi Mengenai Keaslian Uang Rupiah Di Kawasan Wisata Gunung Bromo. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(5: Juni), 316-319.
Nurpratiwiningsih, L., & Ervina, D. (2022). Manajemen Pengelolaan Kelas Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(1), 8-15.
Pebriyanti, D. (2023). Pengaruh implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada pemenuhan kebutuhan belajar peserta didik tingkat sekolah dasar. Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, 5(01), 89-96.
Prihatini, I., & Wathon, A. (2021). Pembelajaran Online Dan Pengetahuan Kognitif Anak. Sistim Informasi Manajemen, 4(1), 140-158.
Quro, U. (2022). Pengaruh media pembelajaran audio visual animaker terhadap prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1141-1149.
Sopandi, A., & Herwanto, F. (2020). Eksplorasi dan karakterisasi morfologi tanaman kopi robusta (Coffea robusta L.) di dataran medium Kecamatan Lembah Masurai Kabupaten Merangin. Jurnal Sains Agro, 5(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.