ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20007Keywords:
Pemerolehan Bahasa, Peran Lingkungan dan Keluarga, Perkembangan KognitifAbstract
Penelitian ini menganalisis pemerolehan bahasa Indonesia pada siswa sekolah dasar, yang memiliki peran penting dalam proses belajar-mengajar serta perkembangan kognitif dan sosial anak. Penguasaan bahasa Indonesia sejak dini menjadi fondasi utama untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi efektif, baik dalam konteks akademik maupun sosial. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif untuk mengidentifikasi pola pemerolehan bahasa serta faktor-faktor pendukung dalam proses tersebut. Hasil penelitian menunjukkan dalam proses pemerolehan bahasa, terdapat berbagai berbagai faktor seperti peran keluarga, lingkungan, dan pajangan bahasa berkontribusi terhadap tingkat penguasaan bahasa anak. Selain itu, kemampuan berpikir abstrak dan logis yang berkembang seiring usia juga mendukung pemahaman tata bahasa dan penggunaan bahasa yang lebih kompleks. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan strategi optimal dalam meningkatkan keterampilan berbahasa anak dan mendukung kemampuan mereka dalam berkomunikasi dan berpikir kritis di masa depan.Downloads
References
Anggraini, N. (2024). Peran Orang Tua dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. METAFORA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 5(1), 1238–1248. 1.883
Aridzki, M. A., Anjani, F. W., & Ulfa, S. W. (2023). Analisis Faktor Non-Linguistik Penghambat Siswa Dalam Berbicara Bahasa Inggris Pada Siswa Mtss Raudhatul Akmal Batang Kuis. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 46–59.
Desrinelti, D., Neviyarni, N., & Murni, I. (2021). Perkembangan siswa sekolah dasar: tinjauan dari aspek bahasa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 105.
Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138.
Ilham, M., & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan Berbicara: Pengantar Keterampilan Berbahasa. Lembaga Academic & Reasearch Institute.
Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). Perkembangan Kognitif Dan Implikasinya Dalam Dunia Pendidikan (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky) Muhammad Khoiruzzadi, 1 & Tiyas Prasetya 2. 11, 1–14.
Kuntarto, E., Aritonang, P., & Apriliana, H. (2023). Analisis Faktor Penghambat Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3865–3877.
Nopriansyah, U., Permata Hati, I., & Rafitasari, H. (2024). Application of the Game Scrabble to Improve English Vocabulary in Early Children. JOYCED: Journal of Early Childhood Education, 4(1), 1–12.
Putra, A. A. A., & Astuti, W. (2023). Stimulasi Membaca Anak Usia Dini dengan Media Poster. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5240–5248.
Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi literatur tentang peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran the power of two di SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 605–610.
Putri, M. (2021). Kemampuan Berbicara melalui Kegiatan Berpidato Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Angkatan 2018 Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 78–84.
Sari, B. K., Srinita, D., & Amra, K. (2024). Language Acquisition In Children Aged 2-4 Years. 7(2), 44–52.
Setiarini, Y., & Setyawan, A. (2023). Penggunaan Media Poster Untuk Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Literasi Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Tanjung Vi. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(2), 93–98.
Sholeh, M., & Khumairotuzzaro’ah. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Dengan Model Student Facilitator And Explaining (Sfae) Dengan Pendekatan Saintifik Disekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 324–331.
Sofiah, S., & Aliyah, N. (2024). Peran Interaksi Sosial Terhadap Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Inspirasi Sunia: Jurnal Riset Pendidikan dan bahsa, 3(3), 39–45.
Suningsih, T., Anugrah, S. D., & Putri, N. I. (2024). Tumbuh kembang Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD. Jurnal PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya, 11(1), 1–16.
Thoha, P. M., Kurniawan, R. P., & Faristiana, A. R. (2023). Perubahan Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Di Era Digital. Student Scientific Creativity Journal, 1(4), 415–431.
Wati, M. L. K., Subyantoro, S., & Wagiran, W. (2024). Peranan Guru dalam Manajemen Peserta Didik Untuk Meningkatkan Kualitas Peserta Didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 1073–1090.
Widagdo, A. (2020). Faktor Psikologis Siswa / Mahasiswa Dalam Pembelajaran Bahasa Asing : Sebuah Dilema Bagi Pengajar Bahasa Inggris. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 11(1), 28–38.
Zahrianis, A., Saragih, N. R. A., & Andini, R. T. (2024). Peran Interaksi Sosial Terhadap Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(3), 39–45.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.