PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV

Authors

  • Michael Donny Pradana Subarjo Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Lasmawan Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Putu Parmiti Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22920

Keywords:

Kata Kunci: PBL, Berpikir Kritis, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir krtitis dan hasil belajar. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus Il Kecamatan Gianyar sebanyak 151 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel penelitian untuk kelas eksperimen yaitu SDN 3 Abianbase dan kelas kontrol SDN 2 Abianbase. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only control group design. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dengan instrumen tes essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar. Data dianalisis menggunakan MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara simultan problem based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA pada nilai sig. 0,01 < 0,05. (2) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis pada nilai sig. 0,01 < 0,05; (3) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPA pada sig. 0,01 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis menggunakan MANOVA, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA, serta berpengaruh signifikan secara terpisah terhadap masing-masing kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA (p < 0,05).      

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abarang, Noerzalina., & Delviany. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan, 1(2), 1-10.

Abidin, Z. (2020). Hubungan Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar pada Siswa. Kelas. VIII. Psyche. 165. Yogyakarta : eprintmercubuana

Akcay, B. (2008). Problem-Based Learning in Science Education. Journal of Turkish Science Education. 6(1), 26 36.

Ali, B., & Poerwanto, B. (2017). Motivasi Dan Hasil Belajar Statistika Menggunakan Multimedia Pembelajaran Program Studi Teknik Informatika Uncp. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, November 2017. http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/704

Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829

Amir, Zubaidah dan Risnawati. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika.Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2024). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Allyn & Bacon.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aris shoimin. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz media.

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. 2018. Analisis Keterampilan Bepikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, (Online), Vol.35 No.1. (https://journal.unnes.ac.id, diakses 06 Februari 2021)

Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2022. Nomor 009/H/KR/2022 tentang Dimensi, Elemen dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Candiasa, I Made. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Desertasi Aplikasi ITEMA dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Perss.

Candiasa, M. 2010. Statistik Multivariat. Singaraja: Undiksha.

Dantes, N. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Damiati, M. (2024). Prinsip Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Journal of Information Systems and Management, 3(2), 11-17.

Daryanto, & Karim, Syaiful. (2017). Pembelajaran Abad 21. Penerbit Gava Media.

Dewayanti, N. P., Sugiharti, R. E., & Rikmasari, R. (2024). Pemilihan Model Pembelajaran yang Inovatif dalam Implementasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka di Desa Sukabungah. Jurnal An-Nizām: Jurnal Bakti Bagi Bangsa, 3(1), 232-237.

Dirgatama, C. H. A., Th, D. S. and Ninghardjanti, P. (2016), “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Mengimplementasi Program Microsoft Excel Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Di Smk Negeri 1 Surakarta‟, Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1), pp. 36–53. Available at: https://jurnal.uns.ac.id/JIKAP/article/view/19138

Endang Mulyatiningsih. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press

Erliany Syaodih, Papon Mariam, D. L. (2016a). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Audio Visual Powtoon untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2.

Downloads

Published

2025-03-30

Most read articles by the same author(s)