KEMAMPUAN MERUMUSKAN JUDUL PENELITIAN MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22162Keywords:
Judul penelitian, karakteristik judul, metodologi penelitianAbstract
Judul penelitian merupakan elemen krusial dalam dunia akademik yang berfungsi untuk menggambarkan inti penelitian. Kemampuan mahasiswa dalam merumuskan judul yang tepat sangat berpengaruh terhadap kualitas penelitian yang dilakukan. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya kemampuan merumuskan judul penelitian yang jelas, spesifik, relevan, dan sesuai dengan metodologi yang digunakan. Melalui pendekatan studi literatur dan wawancara dengan dosen pembimbing, artikel ini mengidentifikasi karakteristik judul penelitian yang baik dan mengulas proses serta kesalahan umum yang sering dilakukan dalam perumusan judul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa judul yang baik harus mencerminkan fokus penelitian dengan jelas, menghindari kata-kata yang ambigu, dan relevan dengan masalah yang diangkat. Selain itu, judul juga harus sesuai dengan ruang lingkup dan metodologi penelitian yang akan diterapkan. Dosen pembimbing memiliki peran penting dalam membimbing mahasiswa untuk memilih judul yang tepat. Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, mahasiswa dapat meningkatkan kualitas penelitian mereka.Downloads
References
Ahmad, Ahmad, and Muslimah Muslimah. 2021. “Memahami Teknik Pengolahan Dan Analisis Data Kualitatif.” in Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS). Vol. 1.
Aisiah, Aisiah, and Firza Firza. 2018. “Kendala Yang Dihadapi Mahasiswa Jurusan Sejarah Dalam Menulis Proposal Skripsi.” Diakronika 18(2):90–104.
Andaria, Alex Copernikus, and M. Pd ST. 2024. “Teknik Penulisan Latar Belakang Penelitian.” Metode Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Teori, Agam: Yayasan Tri Edukasi Ilmiah 15–33.
Hastuti, Retno Yuli, Anis Sukandar, and Tri Nurhayati. 2016. “Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Yang Menyusun Skripsi Di STIKES Muhammadiyah Klaten.” MOTORIK Jurnal Ilmu Kesehatan 11(22):9–21.
Pugu, Melyana R., Sugeng Riyanto, and Rofiq Noorman Haryadi. 2024. Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, Dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Purwanto, Anim. 2022. Konsep Dasar Penelitian Kualitatif: Teori Dan Contoh Praktis. Penerbit P4I.
Tarigan, Amelia Feralda Br, Irene Santa Maria Simamora, Khailila Julia Ansyari, and Sri Zahwa Aulia. 2024. “STRATEGI PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN: ANALISIS KRITERIA KINERJA DALAM MEMILIH JUDUL PROPOSAL.” Sindoro: Cendikia Pendidikan 8(6):31–40.
Wakhyudin, Husni, and Anggun Dwi Setya Putri. 2020. “Analisis Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi.” Wasis: Jurnal Ilmiah Pendidikan 1(1):14–18.
Wicaksono, Andri. 2022. Metodologi Penelitian Pendidikan: Pengantar Ringkas. Garudhawaca.
Widiyastuti, Nurul Eko, Henny Sanulita, Ervina Waty, Binti Qani’ah, Wandra Wardiansha Purnama, Muh Risal Tawil, Marko S. Hermawan, Anzu Elvia Zahara, Wina Asry, and Dana Daniati. 2023. INOVASI & PENGEMBANGAN KARYA TULIS ILMIAH: Panduan Lengkap Untuk Penelitian Dan Mahasiswa. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.