KEMAMPUAN KOMUNIKASI/KETERAMPILAN BERBICARA PADA SEMINAR PROPOSAL

Authors

  • Muh. Ali Imran Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Eny Syatriana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ratnawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Asia Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Fitrianti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Feren Pratiwi Pomalingo Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Dila Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Jumriani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Dhiya Magfirah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Regita Cahyani Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22091

Keywords:

kemampuan komunikasi, keterampilan berbicara, seminar proposal, pelatihan public speaking, pendidikan tinggi

Abstract

Kemampuan komunikasi dan keterampilan berbicara merupakan aspek penting yang harus dimiliki mahasiswa dalam menyampaikan gagasan secara efektif, terutama pada saat seminar proposal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan komunikasi mahasiswa dan strategi pengembangan keterampilan berbicara dalam konteks seminar proposal. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melibatkan mahasiswa program pascasarjana magister pendidikan dasar sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan observasi langsung selama proses simulasi seminar proposal berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang memengaruhi kemampuan komunikasi adalah penguasaan materi, rasa percaya diri, dan keterampilan nonverbal. Studi ini memberikan rekomendasi strategis untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa, termasuk pelatihan public speaking dan penguatan mental.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriana, riza devi. (2017). Strategi Pelatihan Publick Speaking Course Dalam Membangun Kepercayaan Diri Studi Kasus Pada Mentee Kalangan Remaja Di Bicara Pede Academy. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 6(November), 5–24.

Hidayat, Iwan Wahyu. Keterampilan Belajar (Study Skills) Untuk Mahasiswa. Kencana, 2018.

Mukhlis, I. R., Marisa, Hertina, D., Rachmawati, R., Pranoto, W., Sari, D., Ifadah, E., Sa’dianoor, H., & Wasaraka, Y. (2023). TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH: (Panduan Praktis Penulisan Karya Ilmiah Skripsi, Tesis, Disertasi dan Jurnal) (Vol. 1, Issue November).

Nathany, A., Bhayangkara, U., Raya, J., Putri, A. R., Bhayangkara, U., Raya, J., Tias, A. C., Bhayangkara, U., Raya, J., Nurmalis, C. D., Bhayangkara, U., Raya, J., Putri, K., Fajar, N., Bhayangkara, U., Raya, J., Bhayangkara, U., & Raya, J. (n.d.). Pengaruh Bahasa Tubuh dalam Meningkatkan Kredibilitas dan Efektivitas Komunikasi : Perspektif Psikologi Komunikator. 1–19.

Rika Widianita, D. (2023). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Sirajuddin, S. (2023). Pelatihan Public Speaking Bagi Mahasiswa Untuk Seminar Proposal dan Hasil Sidang Skripsi. 7215, 1–8.

Wahyuddin, A., Rahmawati, N., & Susanti, W. (2024). "Pelatihan Public Speaking bagi Mahasiswa untuk Seminar Proposal dan Sidang Skripsi." ResearchGate Publications.

Widya, I. K., & Yasa, P. (n.d.). Optimalisasi kemahiran pembawa acara yang terampil melalui praktik public speaking. 80–94.

Downloads

Published

2025-03-29

Most read articles by the same author(s)