PENDEKATAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI

Authors

  • Henita Universitas Pendidikan Indonesia
  • Udin Syaefudin Sa’ud Universitas Pendidikan Indonesia
  • Atep Sujana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sahroni Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21860

Keywords:

Differentiation learning, student process skills, inquiry learning

Abstract

This reseach aims to analyze the impact of differentiated learning approach in inquiry learning model on students' process skills in science subjects. The research was conducted qualitatively on October 14, 2024 at SMP Negeri 2 Ciwidey, Kabupaten Bandung. The research sample was taken from one of the 9th grade classes using purposive sampling technique. The results showed that the implementation of inquiry learning integrated with differentiated learning approach was very good, with reaching 97% for teacher activities and 95% for student activities. Teachers were able to implement learning optimally, and students actively participated in the learning process. The observation of students' process skills showed a percentage of 90%, including in the excellent category. This finding shows that the differentiated learning approach in inquiry learning is able to improve students' process skills. The differentiated learning approach through inquiry learning proved effective in accommodating students' diverse learning needs and improving students' process skills.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angelia, Y., Supeno, S., & Suparti, S. (2022). Keterampilan proses sains siswa sekolah dasar dalam pembelajaran ipa menggunakan model pembelajaran inkuiri. Jurnal Basicedu, 6(5), 8296-8303.

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2021). Manajemen pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kualitas belajar siswa kelas ix smpit khairunnas. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 6(2), 70-74.

Budiyono, A., & Hartini, H. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa SMA. Wacana Didaktika, 4(2), 141-149.

Detagory, W. N., Hanurawan, F., & Mahanal, S. (2017, May). Peran Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di SD. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 926-933).

Gusliana, G. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Menggunakan Pendekatan Diferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 5(2), 91-100.

Hanafiah, U. S., & Maemunah, R. S. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdifferensiasi di SMPN 4 Ciconpet Kabupaten Garut. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Volume, 7.

Hendryadi, H., Tricahyadinata, I., & Zannati, R. (2019). Metode Penelitian: Pedoman Penelitian Bisnis dan Akademik. Jakarta: LPMP Imperium.

Iswatun, I., Mosik, M., & Subali, B. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 150-160.

Karim, M. A., Zainuddin, Z., & Mastuang, M. (2016). Meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VIII B SMP negeri 10 banjarmasin menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 44-51.

Keputusan Kepala BSKAP Nomor 034/H/KR/2024 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Masruhah, G. D., Rusdianto, R., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 169-177.

Melani, A., & Gani, E. (2023). implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa indonesia di SMP negeri 16 padang. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 23-32.

Natasya, T., Saputra, F., Fitriani, D., Putri, W. A., Mairiyati, M., & Nevrita, N. (2024). Analisis Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Mata Pelajaran Ipa Di SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Biogenesis, 20(1), 37-44.

Rahmah, S. (2023). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi dalam Model Inkuiri Terhadap Kemampuan Numerasi dan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Hukum Newton (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Rahmah, S., Dalila, A. A., Liliawati, W., & Setiawan, A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi dalam Model Inkuiri terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 393-401.

Ramdan, S., & Hamidah, I. (2015). Peningkatan keterampilan proses sains siswa smp melalui penerapan levels of inquiry dalam pembelajaran IPA Terpadu. Edusains, 7(2), 105-113.

Safitri, N., Safriana, S., & Fadieny, N. (2023). Literatur Review: Model Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 3(2), 246-255.

Satiti, W. S., Hidayati, A., Qoyum Zuhriawan, M., Wahab Hasbullah Jombang, K. A., & Timur, J. (2023). Pengembangan LKPD berbasis inkuiri pada materi aritmatika sosial untuk peserta didik Kelas VII. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 71-84.

Wegasanti, N. (2017). Keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi IPA SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 5(03).

Widodo, R. B., Sumianto, S., Alim, M. L., Ananda, R., & Surya, Y. F. (2024). Penerapan Metode Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPA di UPT SDN 010 Siabu. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 37-53.

Downloads

Published

2025-03-27