PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Reni Ashari Universitas Darul Ma’arif Indramayu
  • Tobroni
  • Kiki Fatkhiyani

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21616

Keywords:

Model Learning Cycle 5E, Media Pop-Up Book, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 5e menggunakan media pop-up book terhadap motivasi dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan desain penelitian true eksperimen berupa pretest-posttest control-group design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas V UPTD SDN 1 Srengseng tahun ajaran 2023/2024 dengan teknik pemilihan secara acak. Teknik pengumpulan data melalui tes dan angket. Berdasarkan data analisis independent t-test pada hasil belajar sebesar (6,116) dan motivasi belajar sebesar (6,615) thitung lebih dari nilai ttabel (1,684) menunjukkan nilai sig sebesar 0,00. Nilai signifikansi kurang dari (0,05) yang menunjukkan adanya pengaruh model learning cycle 5e menggunakan media pop-up book terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Pada perhitungan n-gain hasil belajar siswa kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 71,55 berkategori tinggi dan kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 47,11 berkategori sedang. Maka, terdapat peningkatan yang signifikan terhadapat hasil belajar IPA pada siswa kelas V.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, O., Saputra, R., & Putri, S. R. (2021). Pengaruh Model Learning Cycle “5e” Terhadap Hasil Belajar IPA Tema I Sub Tema I Siswa Kelas VI di SDN 17 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. De_Journal (Dharmas Education Journal), 2(2), 295–300. http://ejournal.undhari.ac.id/ index.php/de_journal

Ani, R. Y., Harjono, A., & Affandi, L. H. (2020). Pengaruh Model Siklus Belajar 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SDN Gugus X Kecamatan Narmada Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Wudya Pustaka Pendidikan, 8(1), 8–14. https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/17

Ariesta, M., Harjono, A., & Husniati, H. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 5e Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas V. Progres Pendidikan, 1(1), 24–32. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/issue/view/1

Arum, R. A. S., & Yuanta, F. (2019). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Prosiding SEeminar Nasional Cendekiawan, 2.76.1-2.76.8. DOI: https://doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5875

Astriani, D., & Istiqomah, N. N. (2016). Model Pembelajaran Learning Cycle 5E: Mengaktifkan Siswa Pada Materi Suhu dan Perubahannya. JPPIPA(Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 1(2), 71–75. DOI: https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n2.p71-75

Awal, R., & Efriani. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar 5e Berbantuan Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Dan Motivasi Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas Vii Smpn 30 Pekanbarut.A 2017/201. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biol, 5(1), 33–44. DOI: https://doi.org/10.31849/bl.v5i1.1010

Dewi, N. P. S., Ardana, I. K., & Putra, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 113–120. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15389

Fajriah, A. A., Sadiah, H., & Setiabudi, D. I. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Pop-Up Book dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(2), 51–58. DOI: https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.74

Fuadi, M., Arsyad, M., Arafah, K., & Asriyadin. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle5E Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Woha Bima. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 116–121. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.387

Iyah, S., Idrus, H., Febriandini, N., & Syaharuddin. (2021). Pengaruh Pembelajaran Cycle Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sebuah Meta-Analisis. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 1322–1337. https://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/163

Jawahir, N. (2022). Pengaruh Smartphone Menggunakan Model Learning Cycle 5 E Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA. Gravity Edu (Jurnal Pendidikan Fisika), 5(1), 11–13. DOI: https://doi.org/10.33627/ge.v5i1.758

Manik, R. J., Silalahi, M. V., & Srinatalia, S. (2022). Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X di SMA Negeri 1 Pematang Siantar. Tut Wuri Handayani Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(4), 188–198. DOI: https://doi.org/10.59086/jkip.v1i3.181

Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan Dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas Di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education, 3(1), 20–26. DOI: https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.904

Mustika, D. (2022). Model-model Pmbelajaran IPA SD dan Aplikasinya. Solok Sumatera Barat: CV. Mitra Cendekia Media.

Nelly, A., & Muncarno. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Hasil Belajar Tematik Sekolah Dasar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 983–989. DOI: https://doi.org/10.59086/jkip.v1i3.181

Nur, S. S., & Noviardila, I. (2021). Kajian Literatur Pengaruh Model Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu. Journal of Education Research, 2(1), 1–5. DOI: https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.38

Nuriyana, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Tipe 5e dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran IPA Kelas V Materi Cahaya di Sdn Blimbing Jombang. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 1234–1243. https://www.neliti.com/id/publications/254611/pengaruh-model-pembelajaran-siklus-belajar-tipe-5e-dalam-meningkatkan-hasil-bela

Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Prasetiyo, H. B. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 1 Gondosuli. Eduproxima: Journal Ilmiah Pendidikan IPA, 1(2), 1–7. DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i2.1109

Quinensi, E., Satinem, & Rosalina, E. (2022). Penerapan Model Learning Cycle 7E terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SD Mulya Jaya. Published by LP3MKIL YLIP (Yayasan Linggau Inda Pena) South Sumatera, Indonesia Silampari Sains and Education, 1(2), 49–61. https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/SSE/article/view/369

Rahayu, N., Tati, A. D. R., & Idrus, N. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 156 Mattampawalie Kabupaten Bone. Pinisi Journal of Science and Technology, 1–12. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33586

Rahmatilah, S., Hidayat, S., & Apriliya, S. (2017). Media Buku Pop Up untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah. Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 139–148. DOI: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v4i1.7302

Sari, E. Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Bendungan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagun. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 16–22. DOI: https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p16-22

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D dan Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA Yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Elementary: Islamic Teacher Journal, 4(1), 39–54. DOI: https://doi.org/10.2143/elementary.v4il1969

Sundayana, R. (2018). Stastikan Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanti, L. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Syaputra, P. R. (2022). Pengaruh Media Pop-Up Book Pada Mata Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 96 Kaur. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno.

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan (Junwinanto (ed.)). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Utami, Z. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5e Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Sendangadi 1. Basic Education, 5(3), 265–274. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/936

Wijayanti, N. S., & Ukit. (2018). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar 5e (Learning Cycle 5e) Pada Konsep Sistem Ekskresi. Jurnal BioeEduin Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 17–25. DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2921

Yulianti, N. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Metode Demonstrasi di SMP Negeri 10 Probolinggo. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 35–41. DOI: https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2193

Downloads

Published

2024-12-31