TRANSFORMASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MELALUI COACHING: MEMBANGUN KOMUNITAS BELAJAR YANG EFEKTIF
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21342Keywords:
Principal Leadership, Coaching, Learning CommunityAbstract
This article discusses the transformation of principal leadership through acoaching approach, with the aim of building an effective learning community.The methodology used is a literature study, which aims to explore the role ofcoaching in improving principal leadership. The main focus of this researchis to analyze relevant coaching theories and practices and their impact on thedevelopment of learning communities in the school environment. Through acomprehensive literature review, the article identifies key elements ofcoaching that can enhance leadership effectiveness. These includeimproving interpersonal skills, developing a shared vision and creating acollaborative learning environment. The results of this study show that theapplication of coaching not only strengthens the principal's ability to lead, butalso contributes to the formation of a more dynamic learning community thatis responsive to the needs of students and teachers. Keywords: Principal Leadership, Coaching, Learning Community Artikel ini membahas tentang transformasi kepemimpinan kepala sekolah melaluipendekatan pembinaan, dengan tujuan membangun komunitas belajar yang efektif.Metodologi yang digunakan adalah studi literatur, yang bertujuan untuk menggaliperan pembinaan dalam meningkatkan kepemimpinan kepala sekolah. Fokusutama penelitian ini adalah menganalisis teori dan praktik pembinaan yang relevanserta dampaknya terhadap pengembangan komunitas belajar di lingkungansekolah. Melalui tinjauan literatur yang komprehensif, artikel ini mengidentifikasielemen-elemen kunci dari pembinaan yang dapat meningkatkan efektivitaskepemimpinan. Ini termasuk meningkatkan keterampilan interpersonal,mengembangkan visi bersama dan menciptakan lingkungan belajar kolaboratif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembinaan tidak hanyamemperkuat kemampuan kepala sekolah dalam memimpin, namun jugaberkontribusi terhadap terbentuknya komunitas belajar yang lebih dinamis dantanggap terhadap kebutuhan siswa dan guru. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Coaching, Komunitas BelajarDownloads
References
Adlini, M., Dinda, A., Yulinda, S.,
Chotimah, O., & Merliyana, S.
(2022). Metode penelitian
kualitatif studi pustaka.
Edumaspul - Jurnal Pendidikan,
6(1), 974-980.
https://doi.org/10.33487/edumas
pul.v6i1.3394
Arifin, J. (2024). Manajemen program
komunitas belajar sekolah untuk
peningkatan kompetensi
pedagogik guru. Ide guru. Jurnal
Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1421-
1432.
https://doi.org/10.51169/ideguru.
v9i3.1112
Djafri, N., Arwildayanto, A., & Suking,
A. (2020). Manajemen
kepemimpinan inovatif pada
pendidikan anak usia dini dalam
perspektif merdeka belajar era
new normal. Jurnal Obsesi:
Jurnal Pendidikan Anak Usia
Dini, 5(2), 1441-1453.
https://doi.org/10.31004/obsesi.
v5i2.901
Dirahman, F., Setiawan, F., &
Iskandar, U. (2023). Peran
kepala sekolah dalam
mengoptimalkan tenaga kependidikan. Al Wildan Jurnal
Manajemen Pendidikan Islam,
1(3), 114-125.
https://doi.org/10.57146/alwildan
.v1i3.707
Efendi, F., Sunaryo, H., & Harijanto, D.
(2023). Efektivitas
kepemimpinan transformasional
kepala sekolah melalui
komitmen kerja terhadap kinerja
guru merdeka belajar. Jurnal
Akuntabilitas Manajemen
Pendidikan
https://journal.uny.ac.id/index.ph
p/jamp/article/view/60605
Harlita, I., & Ramadan, Z. H. (2024).
Peran Komunitas Belajar di
Sekolah Dasar dalam
Mengembangkan Kompetensi
Guru. Didaktika: Jurnal
Kependidikan, 13(3), 2907–
2920. https://jurnaldidaktika.org
Hotami, M., Ginanjar, M. H., &
Heriyansyah, H. (2023). GAYA
KEPEMIMPINAN KEPALA
SEKOLAH DALAM
MENINGKATKAN KUALITAS
KERJA GURU DI SMPIT IBNU
ABBAS KLATEN. Cendikia
Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 3
(01), 67-82.
https://jurnal.staialhidayahbogor.
ac.id/index.php/cendikia/article/v
iew/4144
Huda, N., Ramadhan, F. A., &
Rohimawan, M. A. (2023). Peran
guru penggerak dalam
implementasi kurikulum
merdeka di sekolah dasar. AlMadrasah: Jurnal Pendidikan
Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330.
https://doi.org/10.35931/am.v7i1
.1714
Mardiyatun, M. (2021). Implementasi
coaching individual untuk
peningkatan kompetensi
profesional guru pendidikan
agama islam dalam
melaksanakan penelitian
tindakan kelas. STRATEGY:
Jurnal Inovasi Strategi Dan
Model Pembelajaran, 1(1), 46-
54.
https://doi.org/10.51878/strategi.
v1i1.353
Mardiyatun, M. (2024). Kepemimpinan
transformasional kepala sekolah
dasar. Jurnal Akuntansi
Manajemen Pariwisata dan
Pembelajaran Konseling, 2(1),
168-174.
https://doi.org/10.57235/jampari
ng.v2i1.1863
Ningsih, E. M. (2023). PENERAPAN
METODE COACHING MODEL
TIRTA UNTUK
MENINGKATKAN KOPETENSI
KEPALA SEKOLAH PADA
RAYON KEPENGAWASAN
KOTA BATU. Jurnal Pendidikan
Taman Widya Humaniora, 2 (3),
1581-1605.
http://jurnal.widyahumaniora.org
/index.php/jptwh/article/view/181
Novitasari, D. and Asbari, M. (2021).
Leaders coaching di sekolah:
apa perannya terhadap kinerja
guru?. Edumaspul: Jurnal
Pendidikan, 5(1), 580-597. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1299
Riswandi, R., Sukamto, I., & Oktaria,
R. (2021). sekolah efektif,
learning organization, dan
kepemimpinan kepala sekolah.
Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 6(3), 1873-1880.
https://doi.org/10.31004/obsesi.
v6i3.1873
Sala, G. and Gobet, F. (2020).
Cognitive and academic benefits
of music training with children: a
multilevel meta-analysis.
Memory &Amp; Cognition, 48(8),
1429-1441.
https://doi.org/10.3758/s13421-
020-01060-2
Sekar, R. (2023). Komunitas belajar
sebagai sarana belajar dan
pengembangan diri. Indonesian
J. Adult. Community. Educ., 2(1),
10-15.
https://doi.org/10.17509/ijace.v2i
1.28285
Setianingsih, E. (2024). Supervisi
akademik dengan coaching
model tirta untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran di
sekolah. Educational Jurnal
Inovasi Pendidikan &
Pengajaran, 4(2), 60-70.
https://doi.org/10.51878/educati
onal.v4i2.2891
Simatupang, R. (2023). Analisis peran
kepemimpinan kepala sekolah
dalam meningkatkan mutu
pendidikan di sekolah. Algebra.
Jurnal Pendidikan Sosial Dan
Sains, 3(3), 174-179. httos://doi.org/10.58432/algebra.v3i3.771
Supartilah, S. and Pardimin, P. (2021).
Peran kepala sekolah di era
revolusi industri 4.0 dalam
meningkatkan mutu pendidikan.
Media Manajemen Pendidikan,
4(1), 138-149.
https://doi.org/10.30738/mmp.v4
i1.9892
Supardi, U. S., & Herdiana, H. (2024).
Efektivitas Komunitas Belajar
dalam Meningkatkan Kualitas
Guru di Sekolah. Algoritma:
Jurnal Matematika, Ilmu
Pengetahuan Alam, Kebumian
dan Angkasa, 2 (6), 145-153.
https://journal.arimsi.or.id/index.
php/Algoritma/article/view/294
Susetyarini, E. (2021). Pendampingan
lesson study for learning
community sebagai perwujudan
merdeka belajar di sma
muhammadiyah kepanjen
kabupaten malang. Sasambo
Jurnal Abdimas (Journal of
Community Service), 3(3), 138-
148.
https://doi.org/10.36312/sasamb
o.v3i3.535
Tanggulungan, L., & Sihotang, H.
(2023). Coaching Model Tirta
dalam Supervisi Akademik:
Strategi Inovatif untuk
Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran di Sekolah. Jurnal
Pendidikan Tambusai.
https://jptam.org/index.php/jpta
m/article/view/12125
Ulfa, A., Fitria, H., & Nurkhalis, N.
(2021). Peranan Komunikasi
Interpersonal Kepala Sekolah
dalam Meningkatkan Kinerja
Guru. Jurnal Pendidikan
Tambusai, 5(1), 1223-1230.
Wiratmoko, D., Murniati, N. A. N., &
Abdullah, G. (2022).
Kepemimpinan transformasional
kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu di sekolah
dasar. Jurnal Prakarsa
Paedagogia, 5(1).
https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1
.7998
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.