TRANSFORMASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MELALUI COACHING: MEMBANGUN KOMUNITAS BELAJAR YANG EFEKTIF

Authors

  • Eneng Mardiana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Neneng Rostika Universitas Pendidikan Indonesia
  • Adestipa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Asep Herry Hernawan Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21342

Keywords:

Principal Leadership, Coaching, Learning Community

Abstract

This article discusses the transformation of principal leadership through acoaching approach, with the aim of building an effective learning community.The methodology used is a literature study, which aims to explore the role ofcoaching in improving principal leadership. The main focus of this researchis to analyze relevant coaching theories and practices and their impact on thedevelopment of learning communities in the school environment. Through acomprehensive literature review, the article identifies key elements ofcoaching that can enhance leadership effectiveness. These includeimproving interpersonal skills, developing a shared vision and creating acollaborative learning environment. The results of this study show that theapplication of coaching not only strengthens the principal's ability to lead, butalso contributes to the formation of a more dynamic learning community thatis responsive to the needs of students and teachers. Keywords: Principal Leadership, Coaching, Learning Community   Artikel ini membahas tentang transformasi kepemimpinan kepala sekolah melaluipendekatan pembinaan, dengan tujuan membangun komunitas belajar yang efektif.Metodologi yang digunakan adalah studi literatur, yang bertujuan untuk menggaliperan pembinaan dalam meningkatkan kepemimpinan kepala sekolah. Fokusutama penelitian ini adalah menganalisis teori dan praktik pembinaan yang relevanserta dampaknya terhadap pengembangan komunitas belajar di lingkungansekolah. Melalui tinjauan literatur yang komprehensif, artikel ini mengidentifikasielemen-elemen kunci dari pembinaan yang dapat meningkatkan efektivitaskepemimpinan. Ini termasuk meningkatkan keterampilan interpersonal,mengembangkan visi bersama dan menciptakan lingkungan belajar kolaboratif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembinaan tidak hanyamemperkuat kemampuan kepala sekolah dalam memimpin, namun jugaberkontribusi terhadap terbentuknya komunitas belajar yang lebih dinamis dantanggap terhadap kebutuhan siswa dan guru. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Coaching, Komunitas Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlini, M., Dinda, A., Yulinda, S.,

Chotimah, O., & Merliyana, S.

(2022). Metode penelitian

kualitatif studi pustaka.

Edumaspul - Jurnal Pendidikan,

6(1), 974-980.

https://doi.org/10.33487/edumas

pul.v6i1.3394

Arifin, J. (2024). Manajemen program

komunitas belajar sekolah untuk

peningkatan kompetensi

pedagogik guru. Ide guru. Jurnal

Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1421-

1432.

https://doi.org/10.51169/ideguru.

v9i3.1112

Djafri, N., Arwildayanto, A., & Suking,

A. (2020). Manajemen

kepemimpinan inovatif pada

pendidikan anak usia dini dalam

perspektif merdeka belajar era

new normal. Jurnal Obsesi:

Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini, 5(2), 1441-1453.

https://doi.org/10.31004/obsesi.

v5i2.901

Dirahman, F., Setiawan, F., &

Iskandar, U. (2023). Peran

kepala sekolah dalam

mengoptimalkan tenaga kependidikan. Al Wildan Jurnal

Manajemen Pendidikan Islam,

1(3), 114-125.

https://doi.org/10.57146/alwildan

.v1i3.707

Efendi, F., Sunaryo, H., & Harijanto, D.

(2023). Efektivitas

kepemimpinan transformasional

kepala sekolah melalui

komitmen kerja terhadap kinerja

guru merdeka belajar. Jurnal

Akuntabilitas Manajemen

Pendidikan

https://journal.uny.ac.id/index.ph

p/jamp/article/view/60605

Harlita, I., & Ramadan, Z. H. (2024).

Peran Komunitas Belajar di

Sekolah Dasar dalam

Mengembangkan Kompetensi

Guru. Didaktika: Jurnal

Kependidikan, 13(3), 2907–

2920. https://jurnaldidaktika.org

Hotami, M., Ginanjar, M. H., &

Heriyansyah, H. (2023). GAYA

KEPEMIMPINAN KEPALA

SEKOLAH DALAM

MENINGKATKAN KUALITAS

KERJA GURU DI SMPIT IBNU

ABBAS KLATEN. Cendikia

Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 3

(01), 67-82.

https://jurnal.staialhidayahbogor.

ac.id/index.php/cendikia/article/v

iew/4144

Huda, N., Ramadhan, F. A., &

Rohimawan, M. A. (2023). Peran

guru penggerak dalam

implementasi kurikulum

merdeka di sekolah dasar. AlMadrasah: Jurnal Pendidikan

Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330.

https://doi.org/10.35931/am.v7i1

.1714

Mardiyatun, M. (2021). Implementasi

coaching individual untuk

peningkatan kompetensi

profesional guru pendidikan

agama islam dalam

melaksanakan penelitian

tindakan kelas. STRATEGY:

Jurnal Inovasi Strategi Dan

Model Pembelajaran, 1(1), 46-

54.

https://doi.org/10.51878/strategi.

v1i1.353

Mardiyatun, M. (2024). Kepemimpinan

transformasional kepala sekolah

dasar. Jurnal Akuntansi

Manajemen Pariwisata dan

Pembelajaran Konseling, 2(1),

168-174.

https://doi.org/10.57235/jampari

ng.v2i1.1863

Ningsih, E. M. (2023). PENERAPAN

METODE COACHING MODEL

TIRTA UNTUK

MENINGKATKAN KOPETENSI

KEPALA SEKOLAH PADA

RAYON KEPENGAWASAN

KOTA BATU. Jurnal Pendidikan

Taman Widya Humaniora, 2 (3),

1581-1605.

http://jurnal.widyahumaniora.org

/index.php/jptwh/article/view/181

Novitasari, D. and Asbari, M. (2021).

Leaders coaching di sekolah:

apa perannya terhadap kinerja

guru?. Edumaspul: Jurnal

Pendidikan, 5(1), 580-597. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1299

Riswandi, R., Sukamto, I., & Oktaria,

R. (2021). sekolah efektif,

learning organization, dan

kepemimpinan kepala sekolah.

Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 6(3), 1873-1880.

https://doi.org/10.31004/obsesi.

v6i3.1873

Sala, G. and Gobet, F. (2020).

Cognitive and academic benefits

of music training with children: a

multilevel meta-analysis.

Memory &Amp; Cognition, 48(8),

1429-1441.

https://doi.org/10.3758/s13421-

020-01060-2

Sekar, R. (2023). Komunitas belajar

sebagai sarana belajar dan

pengembangan diri. Indonesian

J. Adult. Community. Educ., 2(1),

10-15.

https://doi.org/10.17509/ijace.v2i

1.28285

Setianingsih, E. (2024). Supervisi

akademik dengan coaching

model tirta untuk meningkatkan

kualitas pembelajaran di

sekolah. Educational Jurnal

Inovasi Pendidikan &

Pengajaran, 4(2), 60-70.

https://doi.org/10.51878/educati

onal.v4i2.2891

Simatupang, R. (2023). Analisis peran

kepemimpinan kepala sekolah

dalam meningkatkan mutu

pendidikan di sekolah. Algebra.

Jurnal Pendidikan Sosial Dan

Sains, 3(3), 174-179. httos://doi.org/10.58432/algebra.v3i3.771

Supartilah, S. and Pardimin, P. (2021).

Peran kepala sekolah di era

revolusi industri 4.0 dalam

meningkatkan mutu pendidikan.

Media Manajemen Pendidikan,

4(1), 138-149.

https://doi.org/10.30738/mmp.v4

i1.9892

Supardi, U. S., & Herdiana, H. (2024).

Efektivitas Komunitas Belajar

dalam Meningkatkan Kualitas

Guru di Sekolah. Algoritma:

Jurnal Matematika, Ilmu

Pengetahuan Alam, Kebumian

dan Angkasa, 2 (6), 145-153.

https://journal.arimsi.or.id/index.

php/Algoritma/article/view/294

Susetyarini, E. (2021). Pendampingan

lesson study for learning

community sebagai perwujudan

merdeka belajar di sma

muhammadiyah kepanjen

kabupaten malang. Sasambo

Jurnal Abdimas (Journal of

Community Service), 3(3), 138-

148.

https://doi.org/10.36312/sasamb

o.v3i3.535

Tanggulungan, L., & Sihotang, H.

(2023). Coaching Model Tirta

dalam Supervisi Akademik:

Strategi Inovatif untuk

Meningkatkan Kualitas

Pembelajaran di Sekolah. Jurnal

Pendidikan Tambusai.

https://jptam.org/index.php/jpta

m/article/view/12125

Ulfa, A., Fitria, H., & Nurkhalis, N.

(2021). Peranan Komunikasi

Interpersonal Kepala Sekolah

dalam Meningkatkan Kinerja

Guru. Jurnal Pendidikan

Tambusai, 5(1), 1223-1230.

Wiratmoko, D., Murniati, N. A. N., &

Abdullah, G. (2022).

Kepemimpinan transformasional

kepala sekolah dalam

meningkatkan mutu di sekolah

dasar. Jurnal Prakarsa

Paedagogia, 5(1).

https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1

.7998

Downloads

Published

2025-03-28