EFEKTIVITAS METODE DAN STRATEGI UMPAN BALIK PENDAMPINGAN PENGAWAS TERHADAP PENINGKATAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

Authors

  • Eneng Mardiana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yeni Yuniarti Yuniarti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21809

Keywords:

Supervisor mentoring, methods, feedback, principal performance

Abstract

ABSTRACT Improving the quality of education can be started from schools, as the main pillar in producing competent human resources, school principals play a crucial role in realizing it, namely through quality performance, empirical facts in the field show that there are still principals who have not optimized the implementation of their performance, through this study it is hoped that there will be a solution that can improve the performance of school principals, namely through the assistance of school supervisors. This study aims to explore the effectiveness of feedback methods and strategies applied in supervisor mentoring on improving the performance of school principals. The research approach is qualitative with a literature study method, where data is obtained from various sources of relevant scientific literature, including scholarly journals, research reports, books, and policy documents related to supervisor mentoring, methods, mentoring feedback strategies and principal performance improvement. This research discusses mentoring methods, namely training, mentoring, coaching, facilitating and consulting and mentoring feedback strategies, namely generating, encouraging and shaping feedback which are considered capable of having an impact on improving the performance of school principals. The results of the study are 1) The effectiveness of differentiated mentoring methods can improve the performance of school principals, 2) The selection of appropriate and effective feedback strategies will have implications for improving principal performance and 3) Feedback methods and strategies when juxtaposed in mentoring activities will have a very good impact on improving principal performance. The conclusion of the research is that the synergy between the method and the feedback strategy of supervisor mentoring will create a continuous development cycle that contributes significantly to improving the performance of school principals, which in turn has an impact on improving the quality of learning. Keywords: Supervisor mentoring, methods, feedback, principal performance ABSTRAK Peningkatan kualitas pendidikan dapat dimulai dari sekolah, sebagai pilar utama dalam menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten, kepala sekolah berperan krusial dalam mewujudkannya, yaitu melalui kinerja yang berkualitas, fakta empiris di lapangan menunjukan masih ada kepala sekolah yang belum mengoptimal pelaksanaan kinerjanya, melalui penelitian ini diharapkan ada solusi yang dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah, yaitu melalui pendampingan pengawas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas metode dan strategi umpan balik yang diterapkan dalam pendampingan pengawas terhadap peningkatan kinerja kepala sekolah. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi literatur, di mana data diperoleh dari berbagai sumber literatur ilmiah yang relevan, termasuk jurnal yang ilmiah, laporan penelitian, buku, dan dokumen kebijakan terkait pendampingan pengawas, metode, strategi umpan balik pendampingan dan peningkatan kinerja kepala sekolah. Penelitian ini membahas metode pendampingan yaitu training, mentoring, coaching, fasilitacing dan consulting dan strategi umpan balik pendampingan yaitu umpan balik pembangkit, penyemangat dan pembetuk yang dianggap mampu memberikan dampak terhadap peningkatan kinerja kepala sekolah. Hasil penelitian adalah 1) Efektivitas metode pendampingan yang dilakukan secara berdiferensiasi dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah, 2) Pemilihan strategi umpan balik yang tepat dan efektif akan memberikan implikasi terhadap peningkatan kinerja kepala sekolah dan 3) Metode dan strategi umpan balik jika disandingkan dalam kegiatan pendampingan akan memberikan dampak yang sangat bagus dalam peningkatan kinerja kepala sekolah. Kesimpulan penelitian adalah sinergi antara metode dengan strategi umpan balik pendampingan pengawas akan menciptakan siklus pengembangan berkelanjutan yang berkontribusi signifikan pada peningkatan kinerja kepala sekolah, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran. Kata Kunci : Pendampingan pengawas, metode, umpan balik, kinerja kepala sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Asga, A. R., Saputra, A. F., Putra, A., Azmiya, F., & Setiawan, M. B. (2023). Petunjuk pelaksanaan siklus pendampingan pengawas sekolah. Direktorat Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan.

Sofyatiningrum, E., Sisdiana, E., Ulumuddin, I., Nur’Aini, F., & Sugilar, H. (2020). Bunga rampai umpan balik guru terhadap proses dan hasil pembelajaran siswa.

Jurnal :

Anjar, A., Siregar, M., Toni, T., Ritonga, M. K., Harahap, H. S., & Siregar, Z. A. (2020). Pengaruh perilaku inovatif, terhadap kinerja kepala sekolah dasar di kabupaten labuhanbatu. Civitas (Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Civic), 6(2), 67-79.

Fauzi, A. (2023). Pengaruh Coaching Dan Mentoring Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 121-126.

Ismail, L., & Restuani, V. R. (2022). Fasilitator dan teknik fasilitasi pembelajaran. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2023). Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 4831/B/HK.03.01/2023 tentang Peran Pengawas Sekolah dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan.

Kirey, A. P. (2021). STUDI LITERATUR PENERAPAN PERMAINAN DALAM AIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN AKTIVITAS BERENANG (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Mahyadi, M., & Anshori, M. I. (2023). Umpan balik dan evaluasi terhadap kinerja organisasi: A literature review. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(2), 161-178.

Maisaroh, M., & Muthi, I. (2023). Hubungan Pengetahuan Manajemen Berbasis Sekolah Dan Kecerdasan Emosional Dengan Kinerja Kepala Sekolah Dasar Di Kota Bekasi. Kinerja: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 134-152.

Mulyanto, A., Saadah, E., Suparman, S., & Firmansyah, F. (2023). Transformasi Peran Pengawas Sekolah dalam Menentukan Strategi dan Metode Pendampingan pada Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 4(4), 1871-1879.

Ningsih, E. M. (2023). PENERAPAN METODE COACHING MODEL TIRTA UNTUK MENINGKATKAN KOPETENSI KEPALA SEKOLAH PADA RAYON KEPENGAWASAN KOTA BATU. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(3), 1581-1605.

Nugraha, A. A. (2018). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 59-64.

Pratiwi, D., Fauzi, A., Febrianti, B., Noviyanti, D., Permatasari, E., & Rahmah, N. (2023). Pengaruh Pelatihan, Komunikasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Literature Review Manajemen Kinerja). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(3), 561-570.

Putri, M. F., Hadromi, H., Sukamta, S., Muttaqin, M., Saptariana, S., & Hudallah, N. H. (2024). ANALISIS MANAJEMEN STRESS DAN MANAJEMEN DIRI TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH SMK PUSAT KEUNGGULAN DI JAWA TENGAH. Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang, (7), 141-157.

RANGKUTI, A. A. (2024). PERAN GURU AKIDAH AKHLAK SEBAGAI FASILITATOR DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER ISLAMI PADA ERA MILENIAL DI MTs NURUL AMALIYAH KEC. TANJUNG MORAWA KAB. DELI SERDANG (Doctoral dissertation, Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara).

Rifaid, R. (2023). Penerapan Kegiatan Mentoring untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Merancang dan Menggunakan Media Pembelajaran di SMPN 2 Bolo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(1), 40-56.

Sagemba, A. R., & Muksin, M. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Kalor dan Perpindahannya di Kelas XI SMA Negeri 8 Tikep. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 406-410.

Suardana, W. (2018). STRATEGI UMPAN BALIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KELAS MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN INOVATIF DI SEKOLAH DASAR BINAAN KECAMATAN KLUNGKUNG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Wahana Chitta Jurnal Pendidikan, 1(2), 82-91.

Wirabumi, R. (2020, October). Metode pembelajaran ceramah. In Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) (Vol. 1, No. 1, pp. 105-113).

Downloads

Published

2025-03-29