OPTIMALISASI PERAN MAHASISWA DALAM PENINGKATAN LITERASI NUMERASI SISWA DI SD NEGERI TEMAYANG II

Authors

  • Akbar Fattah Al Abshor Charisma Universitas Jember
  • Cici Lia Ayu Fatmawati Universitas Jember
  • Iftitah Dian Furaida Universitas Jember
  • Regita Dyah Ikhwantari Universitas Jember
  • Sri Wahyuni Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21250

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengoptimalisasikan peran mahasiswa guna untuk melakukan peningkatan literasi dan numerasi di sekolah SD Negeri Temayang II. Literasi numerasi diartikan sebagai sebuah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh individu yang berkaitan dengan pemahaman, interpretasi serta penggunaan angka di kehidupan sehari – hari. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat menunjukkan adanya peningkatan literasi dan numerasi siswa setelah dilakukan pengimplementasian program kerja yang dapat membantu peningkatan literasi dan numerasi. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil data pada saat pretest dan posttest. Pretest literasi mendapatkan nilai 50% dan posttest menjadi 59% sedangkan untuk nilai pretest numerasi mendapatkan nilai 54% dan setelah posttest menjadi 61%. Penelitian ini menegaskan adanya sebuah sinergi antara lembaga pendidikan tinggi dan sekolah Dasar guna sebagai upaya peningkatan literasi dan numerasi khususnya di sekolah pedesaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, A. S., Arifin, Z., Purnomo, E., Siswanto, H., Korespondensi, *, Anggun, P., & Dewi, S. (2023). Adaptasi teknologi dan literasi melalui program kampus mengajar di Sekolah Dasar Negeri 01 Plumbon. JIKM: Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(1), 26–34.

Friantini, R. N., Winata, R., Lase, V. M., & Miranda, L. L. (2021). Penguatan Numerasi Anak Tahap Awal Sekolah Di Dusun Ugan Hilir Desa Nyiin. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2231– 2245.

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089-2098.

Irawan, A., Febriyanti, C., & Kencanawaty, G. (2023). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5 Terhadap Pengembangan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa. EDUPROXIMA (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN IPA), 5(2), 272-278.

Kementrian, & Kebudayaan, P. dan. (2021). Kemendikbud Luncurkan Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/02/kemendikbud-luncurkan-kampus-mengajar-angkatan-1-tahun-2021 (diakses pada 17 Desember 2024).

Laga, Y., Nona, R. V., Langga, L., & Jamu, M. E. (2021). Persepsi mahasiswa terhadap kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 699–706.

Mantau, B. A. K., & Talango, S. R. (2023). Pengintegrasian Keterampilan Abad 21 dalam Proses Pembelajaran (Literature Review). Irfani (e-Journal), 19(1), 86-107.

Napfiah, S., Yazidah, N. I., & Pebrianti, C. (2023). Penerapan Strategi Belajar Literasi Numerasi Sebagai Bentuk Peningkatan Mutu Baca Dan Hitung Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 20-25.

Pardede, L. O. E. (2024). Faktor yang memengaruhi rendahnya literasi numerasi pada kelas rendah di sd negeri duri kepa 11 Jakarta Barat. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 121-128.

Sela, M. P. W., & Dinatha, N. M. (2024).Strategi peningkatan literasi dan numerasi siswa kelas v di sdk majamere. Jurnal Citra Magang dan Persekolahan, 2(1), 254-267.

Sudianto,S.,Jamahsyari,Y.F.,Hendayana, A. F., Fauziah, I., & Pebrianti, Y.U. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 5. SANISKALA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 15-21.

Suharyati, H., Rahmwati, Y., Mugiyanti, M., Setyarini, E. A., Katili, A. Y., Rachman, E., Gobel, L. Van, Nggilu, R., Sumartono, E., Surbakti, E., Suchyadi, Y., Nurjanah, N., & Regita, S. M. (2023). Pengalaman Pembelajaran dalam Era MBKM (R. T. Manurung, Ed.). Ideas Publishing

Wahyuni, F. P. N., & Tranggono, D. (2023). Upaya dalam meningkatkan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi siswa melalui program kampus mengajar 4 di SMP Widya Gama Mojosari. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 125– 133.

Wewe, M., Owa, Y. K., & Una, Y. (2024). Profil Kemampuan Numerasi pada Siswa Kelas IV di SDN Watuwula. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 6-6.

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16(2).

Downloads

Published

2024-12-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>