PENGEMBANGAN MODUL DENGAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MENGURANGI STRES SEDANG SANTRI TAHFIDZ PONDOK PESANTREN BAITUL ARQOM PUTRI
Keywords:
Kata kunci: : modul; teknik self talk; stres sedang; santri.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul dengan teknik self talk untuk mengurangi stres sedang santri tahfidz pondok pesantren baitul arqom putri. Problematika berupa stres sedang banyak dialami oleh kalangan pelajar, khususnya pelajar yang menempah pendidikan di pondok pesantren atau biasa disebut sebagai santri. Terlebih santri yang tengah menghafalkan Kalamullah atau Alquran. Oleh karena menghafalkan Alquran adalah amalan yang mulia disisi Allah, maka sangat disayangkan jika para huffadz memilih untuk menyerah karena problematika tersebut yang tidak menemukan jalan solusi. Modul ini dirancang dengan metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang melibatkan beberapa tahapan, mulai dari analisis kebutuhan, perancangan, validasi ahli, hingga uji coba terbatas. hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ini efektif dalam mengurangi Tingkat stress sedang santri huffadz di Pondok Pesantren Baitul Arqom Putri. Santri yang mengikuti modul ini mengalami perubahan positif mengelola stress yang semula stress pada Tingkat sedang menjadi ringan bahkan tidak lagi stres. Dengan demikian, modul ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk membantu dalam mengatasi problematika santri huffadz yang mengalami stres Tingkat sedang.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Arum, W. S. (2014). Hubungan antara Kebersyukuran dan Stres pada Wanita yang Mengalami Menopause. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250– 7257 .https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11488
Ekowati, E., Lail, N. H., Habibie, H., Eskawida, E., Prastawa, S., & Indrawan, I. K. A. P. (2023). Pengaruh Pendekatan Student Center Learning terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Journal on Education, 5(3), 9618–9628.
Fauri. (2012). Daya Juang Penghafal Alqur’an. 2011, 1–6.
Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28–37.
Isriyah, M., Awlawi, A. H., Degeng, I. N. S., & Muslihati, M. (2023a). Pengembangan model bimbingan online untuk meningkatkan social presence mahasiswa pendidikan jarak jauh. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 7(1), 42–58
Molenda, M. (2003). In search of the elusive ADDIE model. Performance Improvement, 42(5), 34–37.
Mu`adzah, H. R. (2022). Hubungan Antara Prokrastinasi Kerja Dengan Stress Kerja Pegawai Di Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. https://repositori.uma.ac.id/jspui/handle/123456789/17513
Rif’at, M. (2016). Dinamika Stres Penghafal Alquran Di Pondok DDI Al-Ihsan Kanang Kacamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar.
Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). Addie, sebuah model untuk pengembangan multimedia learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 51–59.
Septiani, P., Hayu, W. R. R., & Rajagukguk, Z. F. (2024). PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL PADA MATERI PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN BANJARSARI 01. Guru Membangun, 43(1), 22–32.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.