PENGEMBANGAN MODUL TEKNIK RELAKSASI UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN MAHASANTRI AKHIR DALAM MENGHADAPI UJIAN TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN IBNU KATSIR 2 JEMBER

Authors

  • Aulia Manik Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Imaratul Ulwiyah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ika Romika Mawaddati Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23102

Keywords:

Exam; Anxiety; Relaxation Technique

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji dan mengembangkan modul teknik relaksasi serta mengetahui kelayakan modul dalam penerapannya sebagai upaya mengurangi kecemasan mahasantri waktu ujian tahfidz. Hal ini sebagaimana yang terjadi di PPA Ibnu Katsir 2 Jember terkait permasalahan kecemasan yang berulang terutama bagi mahasantri akhir yang telah dianalisis melalui observasi dan wawancara. Metode penelitian ini yaitu penelitian pengembangan atau Research and Development menggunakan rancangan dengan model ADDIE. Subyek yang dipilih mempertimbangkan tingkat kecemasan yang terjadi terhadap mahasantri jenjang akhir ketika menghadapi ujian tahfidz. Penelitian pengembangan dengan model ADDIE ini menghasilkan 1.) Sebuah produk berupa modul teknik relaksasi dengan materi dan desain yang telah disesuaikan dengan saran dari validator ahli. 2.) Modul teknik relaksasi ini layak digunakan oleh mahasantri akhir. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan metode pendidikan yang inovatif dan relevan, serta dapat membantu mereduksi kecemasan ketika menghadapi ujian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adwas, A. A., Jbireal, J. M., & Azab, A. E. (2019). Anxiety : Insights into Signs , Symptoms , Etiology , Pathophysiology , and Anxiety : Insights into Signs , Symptoms , Etiology , Pathophysiology , and Treatment. October

Annisa, dkk. 2018. Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Dalam Menghadapi Ujian Berbasis Computer Based Test. MEDISAINS: Jurnal Ilmiah dan Ilmu-Ilmu Kesehatan, Vol. 16 No 2, Agustus 2018

Gale, T., & Lingard, B. (2010). Educational Research by Association: AARE Presidential Addresses and the Field of Educational Research. In Educational Research by Association: AARE Presidential Addresses and the Field of Educational Research (Issue August). https://doi.org/10.1163/9789460910197

Islami, C. C. (2022). Konseling Behavioral Dengan Teknik Relaksasi Untuk Meredukti Kecemasan Menghadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Pada Siswa SMA. Academic Journal of Psychology and Counseling, 3 (1): 1-24.

Kamila, Z. 2017. Hubungan antara Religiusitas dan Kecemasan pada Santriwati Penghafal Al-Qur’an. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Majid, T. A (2022). Penerapan Teknik Relaksasi Untuk Mereduksi Kecemasan Mahasantri Pemula Dalam Menghadapi Ujian Tahfidz Di Pondok Pesantren Al-Qur’an Ibnu Kastir 2 Jember. (Skripsi)

Malfasari et al,. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan mahasiswa dalam menghadapi tugas akhir. [Online]. Tersedia : https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKS/article/download/3760/2287. Download : 28 juni 2022.

Mukminina, M., & Abidin, Z. (2020). Coping Kecemasan Siswa SMA Dalam Menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2019. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 5(3), 110-116. https://doi.org/10.36722/sh.v5i3.384

Perwataningrum, C. Y., Prabandari, Y. S., & Sulistyarini, R. I. (2016). Pengaruh Terapi Relaksasi Zikir Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Penderita Dispepsia. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 8(2), 147–164.

Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Pratama, R. S., & Fudin, M. S. (2020). Pengembangan Model Permainan Sepakbola Gagali Dalam Pembelajaran Permainan Sepakbola. Penjaga : Pendidikan Jasmani & Olahraga, 1(1), 1–6.

Sulistianingsih, A. (2024). Development of the Self-care Module of Assertive Communication Theory to reduce Toxic Behavior. 8(2), 185–204. https://doi.org/10.21043/konseling.v8i2.26728

Supardi. (2016). Penilaian Autentik: Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor (II). RajaGrafindo.

Syarkawi, Ahmad. 2019. Teknik Relaksasi untuk Membantu Siswa Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling.

Downloads

Published

2025-03-28

Most read articles by the same author(s)