PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PHET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 MATERI PECAHAN SENILAI MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN LALANGON I
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20014Keywords:
PhET Simulation, Hasil Belajar, Pelajaran MatematikaAbstract
Tujuan penilitian ini dilaksanakan untuk dapat mengetahui bagimana pengaruh penggunaan media pembelajaran PhET Simulation terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam materi pecahan senilai di SDN Lalangon 1. Pendekatan kuantitatif yang digunakan dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental). Tempat penelitian yaitu kelas IV SDN Lalangon I dimana, populasii dan sampel berjumlah sebanyak 45 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok: 22 siswa di kelas eksperimen serta 23 siswa di kelas kontrol. Intrumen pengumpulan data yaitu melalui observasi, tes formatif, dan dokumentasi. Dari hasil analisi data yang diperoleh menunjukkan bahwa data yang diigunakan berdistribusi normal serta homogen. Selain itu, nilai t-hitung (8,53) menunjukan hasil yang lebih besar daripada t-tabel (2,00) yang diperoleh dari perhitungan hasil pretest dan posttest, disimpulkan bahwa penggunaan PhET Simulation secara signifikan mempengaruhi hasil belajar siswa.Downloads
References
Aini, K., AR, M. M., & Ridwan, M. (2024). Growing Numeral Literacy Skills through Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics Based on Local Wisdom. MIMBAR PGSD Undiksha, 12(1).
Al Husna, L., MZ, Z. A., & Rian Vebrianto. (2021). Studi Eksploratif Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tanah Datar. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12.
Alam, Y., Nonggala Putra, F., & Sholichin, R. (2021). Pengaruh Simulasi PhET (Physic Education and Tecnology) Terhadap Kualitas dan Hasil Belajar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(1), 225.
AR, M. M., Rasyid, S. F., & Ridwan, M. (2021). Legacy of heroic values education kh. abdullah sajjad from madura assisted with learning comics for sd/mi students in sumenep. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 14(1), 79-88.
Ar, M. M., & Aini, K. (2023). The Implementation of Ecoliteracy as a Learning Resource to Improve Environmental Care Attitudes in Elementary Schools. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 10, No. 1, pp. 122-134). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.
AR, M. M., Asmoni, A., Aini, K., & Wardi, M. (2024). The Relationship of the 5th Batch Campus Teaching Program to Literacy and Numeracy Skills in Elementary Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 1999-2011.
Asmoni, A., & Hodairiyah, H. (2022, November). IMPROVING TEACHER ABILITY IN CLASSROOM MANAGEMENT POST COVID-19 PANDEMIC AT INTEGRATED ISLAMIC ELEMENTARY SCHOOL, PANGARANGAN SUMENEP. In Proceeding International Conference on Digital Education and Social Science (Vol. 1, No. 1, pp. 1-6).
Asmoni, A. (2019). KAPITALISME, PROFESIONALISME DOSEN, DAN PERAN PEMERINTAH PADA PENDIDIKAN TINGGI. Reflektika, 14(2), 103-126.
Asmoni, D., & MPd, S. E. (2018). The Entrepreneurial Leadership of Headmaster in Realizing Achievement School: Case Study at Public Junior High School 1 Lamongan East Java Indonesia.
Astuti, Y. P., & AR, M. M. (2023). Implementation of the Campus Teaching Program Batch 3 in Building Scientific Literacy in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5140-5149.
Astuti, Y. P., & Astutik, C. (2024). PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA TIK MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT SDN KALIANGET TIMUR IX. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat, 2(4), 90-99.
Fathurrahman, F., Asmoni, A., & Al Faruq, M. S. (2022). Servant Leadership dalam Program Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Era Digital. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 7(2), 51-60.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.
Hardiansyah, F., AR, M. M., Hidayatillah, Y., & Astutik, C. (2023). Utilization Of Eco-Literacy In Science Learning As A Teaching Media In Elementary Schools. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1384-1396.
Hardiansyah, F., Armadi, A., AR, M. M., & Wardi, M. (2024). Analysis of Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles in Solving Science Problems in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 1159-1166.
Hardiansyah, F. (2022). Improve science learning outcomes for elementary school students through the development of flipbook media. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(6), 3069-3077.
Hidayatillah, Y., Wahdian, A., & Misbahudholam, M. (2022). Peran Sekolah melalui Kegiatan Pembiasaan Terintegrasi Pembelajaran IPS untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(4), 1422-1433.
Hikma, N., Ili, L., & Amiruddin, B. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Phet Simulation Dalam The Effect Of Using Phet Simulation Media In Mathematics Learning On Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 5, 19–28.
Khaerul Ummah BK, M., Barsihanor, Rudini, M., Jamilah, Jasiah, Mariamah, Suswandari, M., Cendana, W., Setiawan, A., Wibowo, T., Purwandari, E., & Hamna. (2020). Metode Penelitian untuk PGSD/PGMI (A. Setiawan (ed.)). Nuta Media.
Nisa, C. K., Wahyuningsih, A., & Rochmah, E. (2024). Pengaruh Media Simulasi Phet Colorado Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Vi Di Sdit Luhur Al-Kautsar The Influence Of Phet Colorado Simulation Media On Class Vi Science Learning Outcomes At Sdit Luhur Al-Kautsar Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Pend. Jurnal Pendidikan: SEROJA, 3(2), 174–181.
Norlaila, N., Ansori, H., & Juhairiah, J. (2024). pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan. JURMADIKTA, 4(2), 54–66.
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84.
Pratiwi, F., Tiur, H., Silitonga, M., & Karolina, V. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Kelas X Pada Materi Geometri Molekul. Journal on Education, 06(01), 9593–9602.
Sama, S., Bahri, S., & AR, M. M. (2022). Realizing creative innovative education through increasing digitalization skills in learning with canva media in the era of smart society 5.0. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70-81.
Sirait, S. H., Putri, J., Ginting, B., & Sembiring, S. B. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Phet Terhadap Hasil Belajar Materi Pecahan Siswa SD 056604 Purwobinangun. Jurnal Curere, 7(2).
Subiki, S., Hamidy, A. N., Istighfarini, E. T., Suharsono, F. Y. H., & Putri, S. F. D. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Negeri Plus Sukowono Materi Usaha Dan Energi Tahun Pelajaran 2021/2022. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 8(2), 200.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.