PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA REALIA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK SALAMAN ALFARIZI KECAMATAN WANASALAM KABUPATEN LEBAK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19465Keywords:
Kata Kunci: mengenal warna, media realia, anak usia dini, TK Salaman AlfarizAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A di TK Salaman Alfarizi melalui penggunaan media realia. Penggunaan media realia, yang melibatkan objek nyata dalam proses pembelajaran, diharapkan mampu mengatasi kendala dalam pengenalan warna yang dihadapi anak-anak di taman kanak-kanak ini. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kemmis & McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan anak mengenal warna setelah menggunakan media realia. Anak-anak lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran serta menunjukkan pemahaman yang lebih baik dalam mengenal dan mengidentifikasi warna. Berdasarkan temuan ini, media realia direkomendasikan sebagai alternatif media pembelajaran untuk membantu perkembangan kognitif anak usia dini.Downloads
References
Referensi
1)Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
2)Cece, W. (2008). Psikologi Pendidikan untuk Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
3)Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
4)Laksono, T. (2009). "Pentingnya Pengenalan Warna pada Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 45-52.
5)Nugraha, A. (2007). Dasar-Dasar Seni dan Teori Warna. Yogyakarta: Kanisius.
6)Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
7)Prawira, B. (2011). Teori dan Aplikasi Warna dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia.
8)Rivai, A., & Sudjana, N. (2009). Media Pembelajaran dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
9)Sanyoto, H. (2009). Teori Warna dan Implementasinya dalam Desain. Jakarta: Pustaka Jaya.
10) Solehuddin, M. (2010). "Pengembangan Pembelajaran Kreatif melalui Media pada Anak Usia Dini." Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Anak, 3(2), 27-39.
11)Sudjana, N. (2011). Metode dan Teknik Pembelajaran di TK. Bandung: Alfabeta.
12)Wiriaatmadja, R. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
13)Zaman, B. (2010). Penerapan Media Realia dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.