PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA REALIA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK SALAMAN ALFARIZI KECAMATAN WANASALAM KABUPATEN LEBAK

Authors

  • Ai Dina Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Aswar Suwartini Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Cucu Atikah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19465

Keywords:

Kata Kunci: mengenal warna, media realia, anak usia dini, TK Salaman Alfariz

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A di TK Salaman Alfarizi melalui penggunaan media realia. Penggunaan media realia, yang melibatkan objek nyata dalam proses pembelajaran, diharapkan mampu mengatasi kendala dalam pengenalan warna yang dihadapi anak-anak di taman kanak-kanak ini. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kemmis & McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan anak mengenal warna setelah menggunakan media realia. Anak-anak lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran serta menunjukkan pemahaman yang lebih baik dalam mengenal dan mengidentifikasi warna. Berdasarkan temuan ini, media realia direkomendasikan sebagai alternatif media pembelajaran untuk membantu perkembangan kognitif anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Aswar Suwartini, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Saya mahasiswa S.2 Teknologi Pendidikan Universitas Tirtayasa

Cucu Atikah, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Dosen S.2 Teknologi Pendidikan Universitas Tirtayasa 

References

Referensi

1)Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

2)Cece, W. (2008). Psikologi Pendidikan untuk Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

3)Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

4)Laksono, T. (2009). "Pentingnya Pengenalan Warna pada Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 45-52.

5)Nugraha, A. (2007). Dasar-Dasar Seni dan Teori Warna. Yogyakarta: Kanisius.

6)Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

7)Prawira, B. (2011). Teori dan Aplikasi Warna dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia.

8)Rivai, A., & Sudjana, N. (2009). Media Pembelajaran dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

9)Sanyoto, H. (2009). Teori Warna dan Implementasinya dalam Desain. Jakarta: Pustaka Jaya.

10) Solehuddin, M. (2010). "Pengembangan Pembelajaran Kreatif melalui Media pada Anak Usia Dini." Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Anak, 3(2), 27-39.

11)Sudjana, N. (2011). Metode dan Teknik Pembelajaran di TK. Bandung: Alfabeta.

12)Wiriaatmadja, R. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

13)Zaman, B. (2010). Penerapan Media Realia dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-12-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>