KEBIJAKAN PENDIDIKAN

Authors

  • M Teguh Saefuddin Teguh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Salma Mudjahidah Az-zahra Teknologi Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Cucu Atikah Teknologi Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13354

Abstract

Manajemen pendidikan merupakan aplikasi ilmu manajemen ke dalam lingkup pendidikan dan merupakan bagian dari applied sciences terutama pada bidang pendidikan baik di sekolah maupun luar sekolah. Masih banyak kesalahan dalam pemahaman dan konsepsi kebijakan. Beberapa orang menggunakan istilah "kebijaksanaan", yang sangat berbeda dengan "kebijakan". Berbeda dengan kebijakan, kebijaksanaan adalah pengetahuan yang dimiliki seseorang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) yang menggunakan buku-buku, literatur-literatur dan artikel-artikel jurnal lainnya sebagai objek penelitian Kebijakan (policy) sering diartikan secara etimologi yaitu polis yang artinya kota (city), kebijakan berkenaan dengan gagasab pengaturan dan merupakan pola formal yang sama-sama diterima oleh pemerintah atau suatu LembagaFungsi kebijakan pendidikan sangat penting dalam mengatur dan meningkatkan sistem pendidikan suatu negara. Melalui kebijakan pendidikan, standar-standar yang jelas ditetapkan untuk memastikan kualitas pendidikan yang merata dan relevan bagi semua peserta didik. Kebijakan pendidikan yang baik diharapkan dapat meningkatkan kemampuan setiap orang, mendorong kemajuan sosial dan ekonomi, dan menghasilkan masyarakat yang lebih maju dan berdaya saing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakry, Aminuddin, ‘KEBIJAKAN PENDIDIKAN SEBAGAI KEBIJAKAN PUBLIK Aminuddin’, MEDTEK, 2.1 (2010)

Farkhan, Aulia, Anisa Rahmah, Umar Alwatasi, and Farid Setiawan, ‘Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan’, Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16.5 (2022), 1921 <https://doi.org/10.35931/aq.v16i5.1354>

Giantara, Febri, and Reni Amiliya, ‘Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam Sebagai Bagian Dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis)’, Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11.2 (2021), 86–96

Hafids, Jawade, ‘Karakteristik Kebijakan Pendidikan Tinggi Hukum Indonesia Berdasarkan Pancasila Dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945’, Kertha Wicaksana, 12.1 (2018), 22 <https://doi.org/10.22225/kw.12.1.420.22-37>

Hastuti, Tri Puji, and Soehartono Soehartono, ‘Kebijakan Pendidikan Di Tinjau Dari Segi Hukum Kebijakan Publik’, Jurnal Jurisprudence, 8.1 (2018), 34–41 <https://doi.org/10.23917/jurisprudence.v8i1.6293>

Machali, Imam, ‘Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Dalam Kajian Manajemen Dan Kebijakan Pendidikan Islam’, El-Tarbawi, 8.1 (2015), 32–53 <https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss1.art3>

Mada Sutapa, ‘KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF KEBIJAKAN PUBLIK Mada Sutapa *)’, 1–9

Rozak, Abdul, ‘KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI INDONESIA Abdul’, 3.25 (2021), 6

Safitri, Ulandari, Adek Nuarizal, and Nurhizrah Gistituati, ‘Urgensi Analisis Kebijakan’, JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6.1 (2021), 72 <https://doi.org/10.29210/3003818000>

Tawa, Angelika Bule, ‘Kebijakan Pendidikan Nasional Dan Implementasinya Pada Sekola Dasar’, SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4.2 (2019), 107–17 <https://doi.org/10.53544/sapa.v4i2.82>

Yunitasari, Dukha, Ida Bagus Putu Arnyana, and Nyoman Dantes, ‘Implementasi Kebijakan Pendidikan Dasar (Definisi, Aktor Pelaksana, Arena/Konteks, Jenis, Dan Langkah Kebijakan Pendidikan Dasar)’, JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9.3 (2023), 1506 <https://doi.org/10.29210/020232886>

Downloads

Published

2024-04-28

Most read articles by the same author(s)