TUGAS BERBASIS RISET SEBAGAI INSTRUMEN EFEKTIF DALAM PENGEMBANGANKOMPETENSI KSA(KNOWLEDGE, SKILL, ABILITY)
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.19122Keywords:
Tugas Berbasis Riset, Knowledge, Skill, Ability, Perguruan TinggiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tugas berbasis riset sebagai instrumen efektif dalam pengembangan kompetensi KSA (Knowledge, Skill, Ability) Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura sebagai instrumen yang efektif dalam membangun kompetensi yang diperlukan bagi kesiapan mahasiswa memasuki dunia kerja dan bersaing di era global. Adapun Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Trunojoyo Madura angkatan 2021, 2022, 2023 yang sampelnya adalah sebanyak 100 orang mahasiswa, dimana dalam penentuan sampel menggunakan rumus slovin. Data penelitian nantinya akan dianalisis dengan analisis regresi linear berganda dan diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS 27. Adapun Hasil Penelitian ini adalah tugas berbasis riset berpengaruh positif dan signifikan dalam mengembangkan kompetensi KSA (Knowledge, Skill, dan Ability) mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Trunojoyo MaduraDownloads
References
Roach, M., Blackmore, P., & Dempster, J. A. (2001). Supporting high-level learning through research-based methods: A framework for course development. Innovations in Education and Teaching International, 38(4), 369-382.
Ardimen, A., & Gustina, G. (2020). Penguatan Budaya Meneliti Melalui Pembelajaran Berbasis Riset Di Perguruan Tinggi. Ta’dib, 21(2), 75. https://doi.org/10.31958/jt.v21i2.1241
Carless, D. (2019). Feedback loops and the longer-term: towards feedback spirals. Assessment and Evaluation in Higher Education, 44(5), 705–714. https://doi.org/10.1080/02602938.2018.1531108
Deswarta, Mardianty Desy, B. (2023). Pengaruh Soft Skill, Hard Skill Dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Riau Dimasa Endemi Covid 19. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 364–372. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Kusumawardana Adi Slamet, D. M. (2021). Analisis interpretasi matematis dalam mini riset mahasiswa melalui pembelajaran berbasis riset Adi. At-Tasyri’: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 7(01), 102–114. https://doi.org/10.55380/tasyri.v1i02.48
Musa, & Hardianto. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS RISET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENELITI MAHASISWA 1. 6(1), 1–12.
Nicol, D., Thomson, A., & Breslin, C. (2014). Rethinking feedback practices in higher education: a peer review perspective. Assessment & Evaluation in Higher Education, 39(1), 102–122. https://doi.org/10.1080/02602938.2013.795518
Pristiyanilicia Putri. (2023). Implementasi Knowledge Management Di Kampus STMIK Royal. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Nusantara (JIMNU), 1(2), 108–115. https://doi.org/10.59435/jimnu.v1i2.140
Rangkuti, A. N. (2016). Pembelajaran Berbasis Riset di Perguruan Tinggi. Batusangkar International Conference, 7(October 2016), 141–152.
Slameto. (2017). Membangun Budaya Penelitian. ris.uksw.edu-downloadmakalah-07 Februari 2017
Slameto, S. (2015). Pembelajaran Berbasis Riset Mewujudkan Pembelajaran Yang Inspiratif. Satya Widya, 31(2), 102. https://doi.org/10.24246/j.sw.2015.v31.i2.p102-112
Trisna Amelia. (2020). Kemampuan Mahasiswa Dalam Pendefinisian Masalah Pada Pembelajaran Berbasis Riset. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 11(2), 23–28. https://doi.org/10.25299/perspektif.2020.vol11(2).5573
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.