EFEKTIVITAS MEDIA DIORAMA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, KOLABORASI, DAN HASIL BELAJAR SISWA SD PERIODE 2019 - 2024

Authors

  • Chitra Sintarani Universitas Negeri Semarang
  • Wasino Wasino Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sarwi Sarwi Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Bambang Subali Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nuni Widiarti Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19071

Keywords:

media diorama, keterampilan abad 21, pembelajaran inovatif

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas media diorama dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan hasil belajar siswa sekolah dasar melalui systematic literature review. Analisis terhadap 20 jurnal terkini menunjukkan bahwa penggunaan diorama, baik secara mandiri maupun terintegrasi dengan model pembelajaran inovatif seperti Problem Based Learning dan Project Based Learning, memiliki dampak positif yang signifikan. Hasil menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar hingga 100% pada beberapa studi, serta peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi siswa. Integrasi diorama dengan teknologi augmented reality juga menunjukkan potensi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Implikasi pedagogis meliputi pentingnya integrasi diorama ke dalam kurikulum, pelatihan guru, desain pembelajaran kolaboratif, fokus pada pengembangan keterampilan abad 21, dan evaluasi berkelanjutan. Meskipun diorama terbukti efektif, implementasinya perlu dilakukan dengan cermat dan disesuaikan dengan konteks pembelajaran untuk memaksimalkan manfaatnya. Penelitian ini menyoroti potensi diorama sebagai media pembelajaran yang dapat mempersiapkan siswa menghadapi tantangan abad 21, namun juga menggarisbawahi perlunya penelitian lebih lanjut untuk mengoptimalkan penggunaannya dalam berbagai konteks pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N. D., Widiyono, A., & Attalina, S. N. C. (2022). Pengembangan Media Diorama Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 528–533.

Auliawati, P., Ika, C., & Nita, R. (2023). Penerapan model project based learning berbantuan media komik digital untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV di SDN Sukomoro Kediri. Jurnal Pembelajaran,Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(9), 759–766. https://doi.org/10.17977/um065v3i92023p759-766

Auliawati, P., Ika, C., & Nita, R. (2024). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa Kelas IV di SDN Sukomoro Kediri. 1, 237–247.

Cahyati, P. (2019). Analysis of Satisfaction in Increasing Loyalty through Trust (Study on BPJS Participant Patients at UPT Puskesmas Cimaragas Ciamis Regency). Literatus, 3(1), 103–117.

Chofzah, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 240-246.

Darmuki, A., Andreas, D. M., Jr, A. M. E., G, P. J., & Rohmah, I. F. (2022). The Influence of BIPA Teaching Materials Based on Local Wisdom on Student Learning Outcomes in View of Academic Ability. 1, 117–126.

Desiati, E., & Madiun, U. P. (2024). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Diorama Siklus Air untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V SDN 03 Taman Madiun. 3(2), 131–136.

Dewi, N., & Yarshal, D. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Diorama Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SD Negeri 104305 Pergulaan. 1(4).

Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 1. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11013

Farikhatin, N., Subekti, E., & Hanum, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Media Diorama terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4, 9–15. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.365

Febirani, E. A., & Tarmuji. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 94–100.

Hafsah, U. M., Soleh, D. R., & Dewi, Y. R. (2023). Penerapan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN Bangunsari 01. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 644–656.

Haniko, P., Mayliza, R., Lubis, S., Sappaile, B. I., & Hanim, S. A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Untuk Memudahkan Guru Dalam Penyampaian Materi Dalam Pembelajaran. Community Development Journal, 4(2), 2862–2868.

Hasanah, A., & Muryanti, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.29

Ismilasari, Y., & Hendratno. (2013). Penggunaan Media Diorama Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jpgsd, 01(02), 1–10.

Iswandari, A. (2017). Efektivitas Media Diorama Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Autis Kelas VI. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(7), 690–703.

Jannah, M., & Basit, A. (2019). Penerapan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Jasmine, D. F., Sunaengsih, C., & Syahid, A. A. (2024). Analisis Program Budaya Literasi Dalam Peningkatan Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 13(1), hal. 80-89.

Kalsum, U. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis HOTS Berbantuan iSpring Suite 10 pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi. 9(2), 67–74.

Karimah, R. L. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA PADA MATERI SIKLUS AIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (SISWA KELAS V UPT SDN JATITENGAH 01 KABUPATEN BLITAR). 08(1).

Lestari, E. T., Eko, B., Cahyono, H., & Kusuma, G. E. (2024). PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KAIBON 01 THE USE OF DIORAMA MEDIA IN IPAS LEARNING TO IMPROVE THE LEARNING OUTCOMES OF FOURTH GRADE STUDENTS AT SDN KAIBON 01. September, 5936–5942.

Liang, M., Li, Y., Weber, T., & Hussmann, H. (2021). Tangible Interaction for Children’s Creative Learning: A Review. Proceedings of the 13th Conference on Creativity and Cognition. https://doi.org/10.1145/3450741.3465262

Lin, L., & Chu, H. (2018). Quantifying publication bias in meta-analysis. Biometrics, 74(3), 785–794. https://doi.org/10.1111/biom.12817

Linardon, J., Messer, M., Goldberg, S. B., & Fuller-Tyszkiewicz, M. (2024). The efficacy of mindfulness apps on symptoms of depression and anxiety: An updated meta-analysis of randomized controlled trials. Clinical Psychology Review, 107, 102370. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.cpr.2023.102370

Mahmudah, M., & Iskandar, D. D. (2018). Analisis Dampak Tax Morale Terhadap Kepatuhan Pajak UMKM: Studi Kasus Kota Semarang. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 1(1), 14. https://doi.org/10.14710/jdep.1.1.14-32

Matthew, Moher, D., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., Brennan, S. E., Chou, R., Glanville, J., Grimshaw, J. M., Hróbjartsson, A., Lalu, M. M., Li, T., Loder, E. W., Mayo-Wilson, E., McDonald, S., … McKenzie, J. E. (2021). PRISMA 2020 explanation and elaboration: updated guidance and exemplars for reporting systematic reviews. BMJ (Clinical Research Ed.), 372, n160. https://doi.org/10.1136/bmj.n160

Mayuni, S. (2024). Pengembangan media pembelajaran diorama pada materi upaya pelestarian lingkungan untuk peserta didik di sdn pagintungan. 147–154.

Muslimah, A. A., Tyas, A., Hardini, A., Kristen, U., & Wacana, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning. 6(024), 94–103.

Mustofiyah, L. (2024). PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI ERA DIGITAL: TINJAUAN SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. 09(September).

Nurmalasari, D. (2024). Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Αγαη, 15(1), 37–48.

Pentianasari, S., & Firmannandya, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V-F Di SDN Tanah Kelikedinding V Surabaya. Jurnal Pendidikan, 1(1), 534–551.

Pratiwi, A., Sari, C., & Burhanudin, B. (2024). Apakah Discovery Learning dapat Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa? FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7, 83–90. https://doi.org/10.47662/farabi.v7i1.710

Rahmawati, R. D., & B, S. E. A. (2023). Improving the Problem-Solving Ability of Prospective Elementary School Teacher Candidates Through Blended Project-Based (Vol. 2). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-39-8

Rahmawati, S. M., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK pembelajaran dapat dilihat dari hasil. 7(1).

Rima Erviana, Siti Qomariyah, Siti Nurafifah, Najrul Jimatul Rizki, & Neneng Neneng. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Kerjasama Antar Siswa Di MA Asy-Syari’ah. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(2), 52–64. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i2.131

Rochmiyati, S. (2024). Promoting Character Education Through Genre- Based Language Learning : A Digital Reading Box in the Spotlight. 14(3), 813–820.

Rohmatillah, R. A. (2023). Problematika Guru dalam Penerapan Media Pembelajaran Inovatif pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(2), 409. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i2.1300

Sari, M., Khaliza, R., Annisa, A., Maulidiyah, S., & Zahra, N. (2024). MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA DIORAMA. Warta Dharmawangsa, 18, 193–204. https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4265

Sartika, D., Nisa, K., & Ahadi, R. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Penggunaan Media Diorma pada Materi Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 4 Babahrot Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Prosiding Biotik, 8(1), 379–383.

Simarmata, M. Y., Agustina, R., Elsi, E., Fajarianti, N. A., & Renada, R. (2023). Respon Siswa Terhadap Penggunaan Modul Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa SMP. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 8(1), 15. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v8i1.3743

Sinaga, D. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TENTANG EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 066656 MEDAN TAHUN AJARAN2023 / 2024 EFFECT OF USE OF DIORAMA MEDIA ON SCIENCE LEARNING OUTCOMES ABOUT ECOSYSTEM IN CLASS STUDENTS V STATE PRIMARY . 3, 1–7.

Siswanto, E. (2023). PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TENTANG KENAMPAKAN ALAM DENGAN MEDIA DIORAMA UNTUK PENINGKATAN HIGH ORDER TINGKING SKILL (HOTS) SISWA KELAS 4 SDN PUNTEN 01 KOTA BATU. 2(2), 751–774.

Siti Zahrotul Ulumul Fitria, S. (2022). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD. 1100–1113.

Subekti, E. E., & Hanum, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Media Diorama terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. 4(April), 9–15.

Sukmawati, A., Aghata, N., Khamalia, N., & Zuhroh, N. E. (2023). EFEKTIVITAS METODE JIGSAW PADA PESERTA DIDIK ABAD 21. 3, 568–576.

Suriansyah, A., Agusta, A. R., Purwanti, R., Adiattoni, M., & Nurmala, D. (2023). Pengembangan Media Gawi Manuntung untuk Meningkatkan Keterampilan Masyarakat 5 . 0 dan Karakter. 4(4), 2205–2218.

Tibahary, A. R. (2018). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF. 1(03), 54–64.

Uno, W. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA. 4(1), 28–33.

Wayan Sumandya, I., Yogi Mayudana, K., & Gusti Agung Gede Wiadnyana, I. (2019). Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Higher Order Thingking Skills (HOTS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK. IKIP PGRI Bali, 20(2), 214. https://doi.org/10.5281/zenodo.3517933

Widiastuty, H., Dewi, N. M., Nurrahmah, S., & Setiawati, Y. (2024). Inovasi Pembelajaran : Media Diorama Untuk Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris di Mi Fathul Jannah. 3.

Wulandari, S. F. (2023). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN BANJARPANJANG 1. 08.

Yuniarsih, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Media Diorama. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.o

Downloads

Published

2024-12-31

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2