MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MEDIA KINCIR ANGIN DIKELAS VIII 2 SMP NEGERI 10 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18799Keywords:
Learning Media, Motivation, Windmill, Pancasila EducationAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Hal ini dikarena peserata didik bosan dengan media pembelajaran yang tidak variatif. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini ialah meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan media yang berbeda yaitu kincir angin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Satu siklus satu pertemuan dengan melakukan 4 tahapan kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Denga subjek penelitian berjumlah 35 peserta didik di kelas VIII.2 SMP Negeri 10 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes angket. Dengan prolehan hasil presentase pada pra siklus (8,5%) untuk kriteria “sangat baik”, pada siklus II (14,28%) untuk kriteria “sangat baik”, pada siklus II (28,57%) untuk kriteria “sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media kincir angin dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.Downloads
References
Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi Pendidikan:Peran Pendidikan BerkelanjutanDalam Menghadapi Tantangan AbadKe-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416–2422.
Nafi’ah, J., Jauhari Faruq, D., & Mutmainah, S. (2023). Karakteristik Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1-12. Retrieved from https://ejournal.uas.ac.id/index.php/auladuna/article/view/1248
Putri Pertiwi, N. P. E. W., Suarjana, I. M., & Arini, N. W. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Media Pembelajaran dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 301. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19277
Rahmatika, D., Muriani, M., & Setiawati, M. (2022). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPS Di SMPN 9 Kubung. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(4), 115–121. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol1.iss4.333
Sari, N. (2013). Hubungan Motivasi Belajar an Media Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. FKIP Universitas Sebelas Maret. Jawa Tengah
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172
Sumanti, V., Firman, & Ahmad, R. (2022). Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah. Keguruan, 10(2), 49–52. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Keguruan/article/view/6434
Sunarti Rahman. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.
Uno, H.B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.