MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MEDIA KINCIR ANGIN DIKELAS VIII 2 SMP NEGERI 10 PALEMBANG

Authors

  • Ayu Wulandari Universitas Sriwijaya
  • Alga Oktario Pendidikan Profesi Guru, Universitas Sriwijaya
  • Mardhiyyatul Husna Pendidikan Profesi Guru, Universitas Sriwijaya
  • Puteri Intan Damai Pendidikan Profesi Guru, Universitas Sriwijaya
  • Sri Artati Waluyati Pendidikan Profesi Guru, Universitas Sriwijaya
  • Reni Pendidikan Profesi Guru, Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18799

Keywords:

Learning Media, Motivation, Windmill, Pancasila Education

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Hal ini dikarena peserata didik bosan dengan media pembelajaran yang tidak variatif. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini ialah meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan media yang berbeda yaitu kincir angin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Satu siklus satu pertemuan dengan melakukan 4 tahapan kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Denga subjek penelitian berjumlah 35 peserta didik di kelas VIII.2 SMP Negeri 10 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes angket. Dengan prolehan hasil presentase pada pra siklus (8,5%) untuk kriteria “sangat baik”, pada siklus II (14,28%) untuk kriteria “sangat baik”, pada siklus II (28,57%) untuk kriteria “sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media kincir angin dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi Pendidikan:Peran Pendidikan BerkelanjutanDalam Menghadapi Tantangan AbadKe-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416–2422.

Nafi’ah, J., Jauhari Faruq, D., & Mutmainah, S. (2023). Karakteristik Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1-12. Retrieved from https://ejournal.uas.ac.id/index.php/auladuna/article/view/1248

Putri Pertiwi, N. P. E. W., Suarjana, I. M., & Arini, N. W. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Media Pembelajaran dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 301. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19277

Rahmatika, D., Muriani, M., & Setiawati, M. (2022). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPS Di SMPN 9 Kubung. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(4), 115–121. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol1.iss4.333

Sari, N. (2013). Hubungan Motivasi Belajar an Media Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. FKIP Universitas Sebelas Maret. Jawa Tengah

Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172

Sumanti, V., Firman, & Ahmad, R. (2022). Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah. Keguruan, 10(2), 49–52. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Keguruan/article/view/6434

Sunarti Rahman. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.

Uno, H.B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-09-30