PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA

Authors

  • Muslim Universitas Lancang Kuning
  • Lailatul Khomariah Universitas Lancang Kuning
  • Tumilah Universitas Lancang Kuning
  • Adita Dwi Safirah Universitas Negeri Surabaya
  • Ayu Wulandari Universitas Negeri Surabaya
  • Yuevelyn Devina Rahmananda Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15454

Keywords:

keaktifan belajar, contextual teaching and learning, media ajar

Abstract

Rendahnya keaktifan belajar siswa merupakan salah satu masalah utama dalam dunia pendidikan yang dapat mempengaruhi kualitas hasil belajar. Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menghubungkan materi pelajaran dengan konteks kehidupan nyata, sehingga mengurangi minat dan partisipasi mereka dalam proses belajar. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk memperbaiki tingkat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yaitu dengan mengembangkan media ajar berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan keefektifan media ajar berbasis CTL untuk meningkatkan keakifan belajar siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Adapun langkah-langkah penelitian yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sekolah dasar. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, validasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ajar berbasis CTL valid digunakan dalam pembelajaran dengan skor validitas 88. Selain itu, media ajar juga efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar siswa sebesar 25%, dari skor rata-rata 65 sebelum penggunaan media ajar menjadi 90 setelah penggunaan media ajar berbasis CTL. Terdapat peningkatan yang signifikan dalam partisipasi aktif, minat, dan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media ajar ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media ajar berbasis CTL secara efektif mendorong keaktifan siswa dalam pembelajaran. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk menguji efektivitas media ini pada mata pelajaran dan jenjang pendidikan yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aris Shoimin. (2018). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. (Edisi 2018). Ar-Ruzz Media.

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Penerapan Model Ctl Dalam Meningkatkan Kemampuan Pelanaran Matematika. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3(September), 103–111.

Ciputra, A., Riyanto, Y., & Suhanadji, S. (2020). Pengembangan Media Peta Puzzle dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 730–739. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.832

Dahlia, M. F. S., & Putra, E. D. (2021). Peran Guru Dalam Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) di Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 577–590. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1038

Edy Sunaryoto. (2022). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PENDEKATAN CTL MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEMESTER I DI SDN 2 SEMANDING KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO. TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666, 3(2), 71–76. https://doi.org/10.36312/teacher.v3i2.127

Endang, F. U., Rosalina, E., & Frima, A. (2022). PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA SISWA KELAS IV 48 LUBUKLINGGAU. Journal of Education and Culture, 2(2), 105–123. https://doi.org/10.58707/jec.v2i2.226

Erina, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Pendekatan CTL pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2012–2022. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2044

Handayani, I. (2020). Media Pembelajaran Berbentuk Komik Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Sekolah Dasar. Mau’izhah, 10(1), 59. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v10i1.45

Hasana, N. I., Sugihartono, T., & Raibowo, S. (2021). Pengembangan Model Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis ICT Dalam Pembelajaran PJOK Pada Guru SD Negeri Se-Kecamatan Seluma. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 60–69. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i1.14911

Kamarudin, Irwan, Akbar, A., & Herdianto, H. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 7(1), 197. https://doi.org/10.32529/glasser.v7i1.2305

Khanifatul. (2013). Pembelajaran Inovatif. Ar Ruzz Media.

Khotimah, K., & Safirah, A. D. (2023). Integrasi Teknologi Pendidikan dalam Menganalisis Kesalahan Fonologis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Tingkat Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 3580–3592. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5298%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/5298/3726

Laili, I. (2020). Validitas LKPD Pencemaran Lingkungan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(1), 20–30. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n1.p20-30

Lestari, L. D., Eka, K. I., & Wijayanti, O. (2020). UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV MI MUHAMMADIYAH LIMBANGAN. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 327. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.832

Manalu, A. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA TENTANG LUAS BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SD NEGERI 101880 TANJUNG MORAWA. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 1(3), 9–18. https://doi.org/10.51178/jetl.v1i3.44

Masyhud, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.

Muchtar, F. Y., Nurdin, F. A., Kasmawati, K., Nurwahyuningsih, N., Yamin, M., & S, M. I. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Journal on Education, 5(4), 14615–14624. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2522

Muthoharoh, L., Mardiati, Y., & Zahroul Fitriyah, C. (2020). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Peristiwa Dalam Kehidupan di SD Muhammadiyah 1 Jember. Jurnal Edukasi, 7(2), 9. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i2.22666

Nasution, Safirah, A. D., Wiryanto, Muhimmah, H. A., & Abdillah, M. I. (2024). Cybernetic Theory in Improving Students’ Higher Order Thinking Skill. Mimbar PGSD Undiksha, 12(1), 38–46. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v12i1.61986

Purnamasari, I., Halidjah, S., & Ghasya, D. A. V. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING KELAS V. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3). https://doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53600

Rindiana, T., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). MODEL PEMBELAJARAN RADEC UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINGKING SKILL DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 89–100. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.186

Safirah, A. D., & Abdillah, M. I. (2024). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sd. ARSEN : Jurnal Penelitian Pendididikan, 1(2), 102–109. https://doi.org/10.30822/arsen.v1i2.3119

Safirah, A. D., Nasution, N., & Dewi, U. (2024). Analysis of the Development Needs of HOTS-Based Electronic Student Worksheets with Culturally Responsive Teaching Approach in Elementary Schools. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 5(1), 243–256. https://doi.org/10.46245/ijorer.v5i1.533

Safirah, A. D., & Suhartiningsih, S. (2023). Pengembangan media pembelajaran komik berbasis contextual teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6689–6705. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11875

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296

Setiawan, F. A., & Raharjo, M. (2022). MEDIA POWERPOINT BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SDN 68 PALEMBANG. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 9(1). https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17122

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suhartiningsih, Safirah, A. D., Ningsih, Y. F., & Nasution. (2024). Learning Revolution with Student Worksheets Based on Bondowoso Local Wisdom for Fourth Grade of Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jisd.v8i1.54382

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970

Sulistyowati, P., & Putri, N. M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas IV Tema 3 Subtema 1. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 1. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p1-6

Takim, R. R. (2021). Pengembangan Modul Ikatan Kimia Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Melalui Metode Eksperimen. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 3(2), 53–62. https://doi.org/10.14421/jtcre.2021.32-01

Wiyoko, T., Megawati, M., & Wandira, A. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas III Sekolah Dasar di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 20. https://doi.org/10.24269/dpp.v9i1.3471

Zulfatin Nihayah, A., Fakhriyah, F., & Arsyad Fardani, M. (2020). PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2). https://doi.org/10.23969/jp.v5i2.3424

Downloads

Published

2024-07-03