PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD

Authors

  • Adita Dwi Safirah Universitas Negeri Surabaya
  • Suhartiningsih Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11875

Keywords:

media pembelajaran, komik, Contextual Teaching and Learning, hasil belajar

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran inovatif dan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa membuat minat dan motivasi belajar siswa menurun, sehingga hasil belajar yang dicapai rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, keefektifan, dan kepraktisan media pembelajaran komik berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian pengembangan dengan menggunakan model yang dilakukan oleh Thiagarajan (4D). Adapun langkah-langkah penelitian yaitu; (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop), dan (4) penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gununggangsir 1 Pasuruan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, validasi, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil validasi media yang dilakukan oleh ahli media memperoleh skor 96% dengan kategori sangat layak, ahli materi memperoleh skor 93,3% dengan kategori sangat layak, dan ahli bahasa memperoleh skor 94,7% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa pada kelas eksperimen setelah menggunakan media komik berbasis Contextual Teaching and Learning. Selain itu, hasil uji perbandingan rata-rata juga menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan kelas eksperimen mencapai hasil yang lebih baik. Hasil posttest kelas eksperimen sebesar 86,5 sedangkan kelas kontrol 62,5. Hasil angket respon siswa terhadap kepraktisan media komik memperoleh skor 94,1 dengan kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media komik berbasis CTLvalid, efektif, dan praktis meningkatkan hasil belajar siswa SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, & Ramadan, Z. H. (2022). PENGEMBANGAN KOMIK EDUKASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELAYU RIAU PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD NEGERI 193 PEKANBARU. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(3), 236. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i3.33446

Arief, H., & Saman, S. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 80–89. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1235

Aris Shoimin. (2018). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. (Edisi 2018). Ar-Ruzz Media.

Ciputra, A., Riyanto, Y., & Suhanadji, S. (2020). Pengembangan Media Peta Puzzle dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 730–739. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.832

Dasi, N. L. K. D., & Putra, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Perubahan Wujud Benda Muatan IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 354–362. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Endang, F. U., Rosalina, E., & Frima, A. (2022). PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA SISWA KELAS IV 48 LUBUKLINGGAU. Journal of Education and Culture, 2(2), 105–123. https://doi.org/10.58707/jec.v2i2.226

Erina, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Pendekatan CTL pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2012–2022. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2044

Handayani, I. (2020). Media Pembelajaran Berbentuk Komik Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Sekolah Dasar. Mau’izhah, 10(1), 59. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v10i1.45

Hasana, N. I., Sugihartono, T., & Raibowo, S. (2021). Pengembangan Model Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis ICT Dalam Pembelajaran PJOK Pada Guru SD Negeri Se-Kecamatan Seluma. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 60–69. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i1.14911

Kamarudin, Irwan, Akbar, A., & Herdianto, H. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 7(1), 197. https://doi.org/10.32529/glasser.v7i1.2305

Khanifatul. (2013). Pembelajaran Inovatif. Ar Ruzz Media.

Khotimah, K., & Safirah, A. D. (2023). Integrasi Teknologi Pendidikan dalam Menganalisis Kesalahan Fonologis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Tingkat Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science …, 3, 3580–3592. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5298%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/5298/3726

Laili, I. (2020). Validitas LKPD Pencemaran Lingkungan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(1), 20–30. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n1.p20-30

Lestari, F. P., Ahmadi, F., & Rochmad, R. (2021). The implementation of mathematics comic through contextual teaching and learning to improve critical thinking ability and character. European Journal of Educational Research, 10(1), 497–508. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.497

Lestari, L. D., Eka, K. I., & Wijayanti, O. (2020). UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV MI MUHAMMADIYAH LIMBANGAN. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 327. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.832

Manalu, A. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA TENTANG LUAS BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SD NEGERI 101880 TANJUNG MORAWA. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 1(3), 9–18. https://doi.org/10.51178/jetl.v1i3.44

Masyhud, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.

Muchtar, F. Y., Nurdin, F. A., Kasmawati, K., Nurwahyuningsih, N., Yamin, M., & S, M. I. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Journal on Education, 5(4), 14615–14624. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2522

Mulyati, T., Kusumadewi, R. F., & Ulia, N. (2021). PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI MEDIA KOMIK SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.4054

Muthoharoh, L., Mardiati, Y., & Zahroul Fitriyah, C. (2020). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Peristiwa Dalam Kehidupan di SD Muhammadiyah 1 Jember. Jurnal Edukasi, 7(2), 9. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i2.22666

Priyangga, B., Mushafanah, Q., Listyarini, I., & Kristanti, D. N. (2023). Pengembangan Komik dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Menumbuhkan Literasi Sains pada Kelas V SDN Kalicari 01 Semarang. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 5(01), 97–110. https://doi.org/10.53863/kst.v5i01.705

Purnamasari, I., Halidjah, S., & Ghasya, D. A. V. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING KELAS V. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3). https://doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53600

Rahayu, A. D., Buchori, A., & Prasetyowati, D. (2019). Pengembangan Media E-Comic Dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( Ctl ) Untuk Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Semiinar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (4th SENATIK), 234–245.

Rosyida, A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3), 789. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p789-799

Rosyidah, I., & Rahayu, Y. S. (2021). Pengembangan E-Book Interaktif Berorientasi Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 49–59. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p49-59

Setiawan, A., Alviyanti, F., Safirah, A. D., & Sukartiningsih, W. (2023). PENGARUH MODEL ROLE PLAYING BERBANTU FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 10(2), 136–145.

Setiawan, F. A., & Raharjo, M. (2022). MEDIA POWERPOINT BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SDN 68 PALEMBANG. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 9(1). https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17122

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970

Sulistyowati, P., & Putri, N. M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas IV Tema 3 Subtema 1. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 1. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p1-6

Takim, R. R. (2021). Pengembangan Modul Ikatan Kimia Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Melalui Metode Eksperimen. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 3(2), 53–62. https://doi.org/10.14421/jtcre.2021.32-01

Tapo, Y. B. O. (2019). Pengembangan Model Latihan Sirkuit Pasing Bawah T-Desain (Spbt-Desain) Bola Voli Sebagai Bentuk Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pjok Untuk Tingkat Sekolah Menengah. IMEDTECH (Instructional Media, Design and Technology), 3(2), 18. https://doi.org/10.38048/imedtech.v3i2.209

Wiyoko, T., Megawati, M., & Wandira, A. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas III Sekolah Dasar di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 20. https://doi.org/10.24269/dpp.v9i1.3471

Yuliatin, Suprijono, A., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan Buku Ajar Pendamping Berbasis Budaya Lokal Tradisi Manganan untuk Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Basicedu, 6(5), 8897–8908. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3970%0Ahttps://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/3970/1963

Zulfatin Nihayah, A., Fakhriyah, F., & Arsyad Fardani, M. (2020). PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2). https://doi.org/10.23969/jp.v5i2.3424

Downloads

Published

2023-12-31