MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL KELAS VIII DI SMP NEGERI 26 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25566Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh guru di SMP Negeri 26 Palembang, dengan permasalahan mengenai rendahnya minat belajar peserta didik yang diketahui dari hasil observasi dan penyebaran angket minat belajar pada tahap pra siklus. Maka dari itu, solusi yang tepat dengan menerapkan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan inat belajar peserta didik dengan menggunakan media wordwall pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII.5 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan 3 siklus dan terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatani dan refleksi. Adapun indikator dari minat belajar yakni perasaan senang, ketertarikan, perhatian dan keterlibatan. Subjek dalam penelitian ini kelas VIII.5 berjumlah 30 orang peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran wordwall dapat meningkatkan minat belajar, hal tersebut dapat dilihat dari hasil angket pada siklus 1 dengan persentase 77,83% dengan kategori baik dan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 80,87% dengan kategori baik juga. Maka dari itu peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran wordwall dapat meningkatkan minat belajar peserta didik di kelas ViII.5 SMP Negeri 26 Palembang.Downloads
References
A, Benny. P. (2019). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.
Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Jakarta: Prenada Media Group, 2016), 57.
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus (Vol. 1, 2018, 1(2005), 508– 512.
Iman Setia Putra Jaya Gulo, “Hubungan Antara Minat Belajar, Cita- Cita Siswa, Kompetensi Guru, Komunitas Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri Di Kabupaten Sleman” (Skripsi Sarjana, Sannata Dharma Yogyakarta, Yogyakarta, 2018).
Maghfiroh, K., Roudlotul, M. I., & Semarang, H. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jpk, 4(1), 64–70. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Muhammad Fathurrohman Sulistyorini, Belajar dan Pembelajaran (Yogyakarta: Teras, 2012), 174.
Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Ryan Anggoro Hidayat, “Hubungan Fasilitas Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas Xi SMK YPP Purworejo” (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo, 2014)
Shofiya Launin, Wahyu Nugroho, & Angga Setiawan. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 216–223. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.176
Slameto, Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta, 2013), 2.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta.
Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pubmedia Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 11. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.