MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII.1 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA EDUCAPLAY DI SMP NEGERI 26 PALEMBANG

Authors

  • Erlin Tri Apri Shianita Universitas Sriwijaya
  • Alfiandra Universitas Sriwijaya
  • Reni SMP Negeri 26 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25536

Keywords:

Minat belajar, Educaplay, PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan rendahnya minat belajar peserta didik yang terjadi di kelas VIII.1 SMP Negeri 26 Palembang, sebagaimana teridentifikasi melalui hasil observasi dan angket minat belajar pada tahap pra siklus. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan media pembelajaran interaktif sebagai alternatif yang tepat, yaitu melalui penggunaan media Educaplay dalam mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Indikator yang digunakan untuk mengukur minat belajar peserta didik mencakup aspek perasaan senang, minat, perhatian, dan keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini melibatkan 35 peserta didik sebagai subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Educaplay mampu meningkatkan minat belajar. Hal ini terlihat dari hasil angket pada siklus 1 dengan persentase sebesar 77,57%, yang tergolong dalam kategori baik, dan meningkat pada siklus 2 menjadi 81,06%, yang juga termasuk kategori baik. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran Educaplay efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di kelas VIII.1 SMP Negeri 26 Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustia Ningsih, M., Kusumawardani, S., Tri Widodo, S., Indah Wahyuni, N., Negeri Semarang, U., & Negeri, S. (n.d.). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AI PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KELAS V SDN 1 KARANGTENGAH. In Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan (Vol. 11).

Ahmadi (2017) Strategi Pembelajaran PGSD. Jakarta: Uhamka.

Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Jakarta: PrenadaMedia Group, 2016), 57.

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Aprijal, Alfian, & Syarifudin. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Mitra PGMI, 6(1), 76 91.https://media.neliti.com/media/ publications/319235-pengaruh minat-belajar-siswa-terhadap-ha f39d0b71.

Ashar. (2011). Media Pembelajaran dan Teknologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Cahyati, S., Nurjanah, S., & Usman, A. (2023). Pendidikan Pancasila SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/Pendidikan-Pancasila-BGKLS-XI.pdf

Chotimah, U., Camellia, & Fatihah, H. (2022). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 14–20.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2020). Media Pembelajaran: Teori dan Praktek. Jakarta: Prenadamedia Group.

Fabian Omar Batitusta and Vanda Hardinata, “Pengaruh Implementasi Media Permainan Edukasi Educaplay Berbasis Gadget Terhadap Hasil Belajar Menulis Esai,” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7, no. 3 (2024): 2685–90, https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3788.

Julian Chen, Emergency Remote Teaching and Beyond (Australia: Curtin University, 2022), 243.

Kemdikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf.

Mu’minah, I. H., & Arif Gaffar, A. (2020). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Biologi. Seminar Nasional Pendidikan, 4(2), 800– 816.

Nurhana Friantini, R., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.

Nurlia, Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, A. M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 321–328. https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6552

Prayitno, A., Fauzi, A. and Darmalaksana, W. (2019) ‘Efektivitas Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa’, Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), pp. 131–138.

Rahayuningsih, P., Hidayah, W., Nurhaliza Primar, C., & Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi, N. (2022). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa (Vol. 2, Issue 1).

Ristina Dwi Utami, Sutrisna Wibawa, “Pemanfaatan Aplikasi Educaplay Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Aturan Di Rumah Dan Sekolah,” 5815.

Ryan Anggoro Hidayat, “Hubungan Fasilitas Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas Xi SMK YPP Purworejo” (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo, 2014).

Syarmadana, Aisyah, N., & A, R. (2024). Penerapan Media Educaplay Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 9(02), 51–56. https://doi.org/10.47435/jpdk.v9i02.3201

Setyorini, D., Suneki, S., Prayito, M., & Prasetiawati, C. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Dengan Menggunakan Media Wordwall Kelas 4 di Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(1), 25 31.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta.

Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Peserta didik. 1, 1–11.

Downloads

Published

2025-06-07