PENGEEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA UNTUK SISWA KELAS 5 SDN DOROMUKTI TUBAN

Authors

  • Yazid Albustomi PGSD FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Agus Wardhono PGSD FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.18725

Keywords:

ADDIE, Media Pembelajaran, IPAS, Macromedia Flash 8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPAS menggunakan Macromedia Flash 8 materi cahaya dan sifatnya untuk siswa kelas V SDN Doromukti Tuban yang valid, praktis, dan efektif, Penelitian ini menggunakan metode Research and Development ( R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluation. Media divalidasi oleh 3 validator yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa untuk menentukan kevalidan media. Hasil validasi ahli media menunjukkan kategori sangat valid dengan presentase 88% . Hasil validasi ahli materi menunjukan kategori sangat valid dengan presentase 88%. Dan, hasil validasi ahli bahasa menunjukkan kategori sangat valid dengan presentase 94%. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa multimedia interaktif dinyatakan sangat praktis dengan presentase 94% dari hasil respon guru dan 89,71 dari rata-rata hasil respon siswa. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa media termasuk dalam kriteria sangat efektif dengan presentase ketuntasan hasil tes 26 siswa 88,46%. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPAS menggunakan Macromedia Flash 8 materi cahaya dan sifatnya untuk siswa kelas V SDN Doromukti Tuban. Data yang di analisis pada penelitian ini adalah data kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Berdasarkan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sains berbasis Macromedia Flash 8 pada materi cahaya dan sifatnya yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran sains.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Development of Learning Tools based on Cultural and Character Education in Improving Discipline in Elementary School Research Article

A Wardhono, S Munafi'ah, D Apriono, U Supriatna

Journal of Humanities and Social Sciences Studies 5 (12), 19-30

Natural And Social Science For Elementary School, A Wardhono, I Agustin, NVW Putri, A Zumrudiana, N Hafidza, M Fatoni, Penerbit PT INTENSE Mojokerto Bintang Sembilan, 182-182

Jurnal :

Nasirudin, F., & Mawartiningsih, L. (2017). “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Macromedia Flash 8 Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa SMP Kelas VII.” Proceeding Biology Education Conference, 14, 509–516.

(Iqbal, 2022). (2022). 2005–2003 ,8.5.2017 ,הארץ .העינים לנגד שבאמת. www.aging-us.com Abbas, M. L. H. (2019). Penerapan Animasi Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Tekanan. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan,

4(1). https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i1.359

Andrews. (2016). Konsep Dasar Visualisasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 24. https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i1.868

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya, 1–129. Kurniawati, R., Wiratsiwi, W., Guru, P., Dasar, S., & Peristiwa, M. G. (2020).

Maharani, F. L., Laila, A., & Damariswara, R. (2023). “Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa” Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 212–227. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i2.2218

Marpaung, O., & Siagian, S. (2016). “Interaktif Menulis Surat Lebih Efektif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dari Pada Tanpa Menggunakan Media Pembelajaran

Mustika, Z. (2015). Urgenitas Media Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Yang Kondusif. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.311

Nandari, K., Akhbar, T., & Tanzimah, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 235 Palembang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 354–361. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/5342%0Ahttps://www.jptam.org/in dex.php/jptam/article/download/5342/4454

Nasirudin, F., & Mawartiningsih, L. (2017). “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Macromedia Flash 8 Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa SMP Kelas VII.” Proceeding Biology Education Conference, 14, 509–516.

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku.” International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Rizal, S. U., Maharani, I. N., Ramadhan, M. N., Rizqiawan, D. W., & Abdurachman, J. (2016). Media Pembelajaran. Cv.Nurani. http://digilib.iain- palangkaraya.ac.id/4310/1/Ebook Media Pembelajaran.pdf

Titik Setyaningsih, F. S. (2020). “Analisis Pemanfaatan Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar.” E- Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(9), 132–149. https://doi.org/10.24036/e- jipsd.v10i3.10458

Umami, L. F., Nugroho, K., & Zubedi, D. (2021). “Projek Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (PROJEK IPAS).” Kemdikbudristek RI. https://www.masbabal.com/2022/08/pengertian-dan-fungsi-projek-ipas-ilmu.html Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023).

Downloads

Published

2024-09-30