PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENANAMKAN KARAKTER KESADARAN DAN KEPATUHAN HUKUM BERLALU LINTAS PADA SISWA SMA KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.18389Keywords:
Pancasila Education, Legal Awareness Character, Legal ComplianceAbstract
The aim of the research is to examine the role of Pancasila education in instilling the character of traffic law awareness and compliance among students at SMA Kristen Satya Wacana Salatiga. The research type is qualitative. The subjects of the research are Pancasila education teachers and students of SMA Kristen Satya Wacana. Data collection techniques include observation, interviews, documentation, and questionnaires, and the data is analyzed qualitatively. The research findings indicate that the role of Pancasila education in instilling the character of traffic law awareness and compliance among students at SMA Kristen Satya Wacana meets the criteria for good teaching, including aspects of learning material, presentation, process, social environment, and learning outcomes. The level of traffic law awareness among students, measured by legal knowledge, understanding of the law, attitudes towards the law, and legal behavior, is categorized as good.Downloads
References
Budiyanto H. M. ( 2010:7-8). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Griya Santri.
Bunyamin. (2021:80). Belajar & Pembelajaran. UHAMKA Press. (Original work published 2021)
Chandra, T. Y. (2022:47). Hukum Pidana. PT. Sangir Multi Usaha. (Original work published 2022)
Damri, & Putra, F. E. (2020:3). Pendidikan Kewarganegaraan. Kencana. (Original work published 2020)
Doly, D. (2019). Kesadaran Hukum Berlalu Lintas Pengendara Kendaraan Bermotor Pada Saat Mudik Lebaran. Info Singkat, 1-6.
Evendia, M. (2020:75). Penyuluhan Hak Asasi Manusia dalam Mendorong Budaya Sadar Hukum di SMAN 5 Bandar Lampung. Jurnal Sumbangsih, 1(1), 71–81. https://doi.org/10.23960/jsh.v1i1.12
Enha. (2022, April 12). Pelajaran PPKn akan Diganti dengan Pendidikan Pancasila . Retrieved from sahabatguru: https://www.sahabatguru.com/pelajaran-ppkn-akan-diganti-dengan-pendidikan-pancasila
Gunawan, H. (2022). Pendidikan Karakter. Bandung: ALFABETA cv.
Hidayat, R., & Abdillah. (2019:11). Ilmu Pendidikan "Konsep, Teori, & Aplikasinya. Lembaga peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). (Original work published 2019)
Huda. (2024, Januari 15). Disdik Jateng Akan Sita Kendaraan Knalpot Brong Siswa Jika Masuk Ke Sekolah. Retrieved from TribunJateng.com: https://jateng.tribunnews.com/2024/01/15/disdik-jateng-akan-sita-kendaraan-knalpot-brong-siswa-jika-masuk-ke-sekolah
Humas, S. P. (2024, Januari 19). Polisi Salatiga. Retrieved from polisisalatiga.com: https://polisisalatiga.com/2024/01/19/pelanggaran-meningkat-karena-etle-polres-salatiga-kembali-berlakukan-tilang-manual/
Iis. (2022, Oktober 6). Memahami Pendidikan Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka. Retrieved from sman1garawangi: https://www.sman1garawangi.sch.id/2022/10/memahami-pendidikan-pancasila-dalam-kurikulum-merdeka/#:~:text=Lalu%20bagaimana%20jika%20PPKn%20akan,kurikulum%20baru%2C%20yaitu%20Kurikulum%20Merdeka
Irfani, S., Riyanti, D., Muharam, R. S., & Suharno. (2021:125). Rand design generasi emas 2045: Tantangan dan prospek pendidikan kewarganegaraan untuk kemajuan indonesia. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 14(2). https://doi.org/10.24832/jpkp.v14i2.532
Ismail, & Hartati, S. (2020:6). Pendidikan Kewarganegaraan (Konsep Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Indonesia). CV. Penerbit Qiara Media. (Original work published 2020)
Kepatuhan Hukum dan Solusi Masa Kini untuk Memenuhinya. (2022, December 8). Hukumonline.Com. https://rcs.hukumonline.com/insights/kepatuhan-hukum-dan-solusinya
Lumbanraja, B. (2022:318). Budaya malu, budaya bersalah dan kesadaran hukum sebagai nilai vital bagi mahasiswa hukum demi kepentingan bersama (bonum commune) menurut etika hukum thomas aquinas. Fiat Iustitia : Jurnal Hukum, 2(2), 309–325. https://doi.org/10.54367/fiat.v2i2.1775
Mukhlish, & Zaini. (2021:87). Fungsi Hukum Prespektif Filsafat Hukum. Jurnal Fundamental Justice, 2(2), 87–98. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/fundamental.v1i1
Modulguruku.com. (2024, Maret 01). Modul Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 10 Fase E Kurikulum Merdeka. Retrieved from MG Mudul Guruku: https://www.modulguruku.com/2024/03/modul-ajar-pendidikan-pancasila-kelas-10.html?m=1
Nurhasanah, S., Jayadi, A., Sa’diyah, R., & Syafrimen. (2019:4). Strategi Pembelajaran. Edu Pustaka. (Original work published 2019)
Ramli, N. (2020). Pendidikan Karakter. Bandar Lampung: IAIN Parepare Nusantara Press.
Rustam, M. S. P. A., Arsyad, . La Ode Muhamad Nurrakhmad, Sabaruddin, Halim, H., Maal, A., Lestari, U. S., Susilowati, Ahmad, Siti Nurjanah , Kardita, P. C. P., & Soeparyanto, Try Sugiyarto. (2023:3). Rekayasa Lalu Lintas. Tahta Media Grup. (Original work published 2023)
Samani M, dkk. (2016:52). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. (Bandung: Remaja Rosdalarya)
Sasambe, R. O. (2016:84). Kajian terhadap penyelesaian pelanggaran peraturan lalu lintas oleh kepolisian. Lex Crimen, 5(1), 82–90.
Statistik Langgar Lantas. (n.d.). Pusiknas Bareskrim Polri. Retrieved March 5, 2024, from https://pusiknas.polri.go.id/langgar_lantas
Subekti, M. (2018, March 13). Peran Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Berlalu Lintas Siswa SMK Tujuh Lima 1 Purwokerto (Studi Deskriptif Analisis terhadap siswa SMK Tujuh Lima 1 Purwokerto) . Repository.Ump.Ac.Id. https://repository.ump.ac.id/7545/
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukardin, S., Yuliatin, Y., & Sumardi, L. (2023). Peran Guru PPKn dalam Membangun Kesadaran Hukum Berlalu Lintas Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1180–1184. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1444
Syamsarina, S., Aziz, M. I., Arzam, A., Hidayat, D., & Aji, A. B. W. (2022:83). Kesadaran Hukum dan Kepatuhan Hukum: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kesadaran Hukum dan Kepatuhan Hukum Masyarakat. Jurnal Selat, 10(1), 81–90. https://doi.org/10.31629/selat.v10i1.5216
Tsania Rif’atul Munna, & Arditya Prayogi. (2021:405). Strategi Peningkatan Kesadaran Hukum Masyarakat Kelurahan Bligo Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(3), 404–422. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i3.645
UU no. 20 tahun 2003. (n.d.). Database Peraturan | JDIH BPK. Retrieved March 5, 2024, from https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
UU no. 22 tahun 2009. (n.d.). Database Peraturan | JDIH BPK. Retrieved March 5, 2024, from https://peraturan.bpk.go.id/Details/38654/uu-no-22-tahun-2009
Yakin, I. H. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Aksara Global Akademia. (Original work published 2023)
Yuli, S. (2024, Maret Rabu, 20). Pelanggar Operasi Keselamatan Lalu Lintas di Salatiga 1.124, Didominasi Usia 16-25 Tahun. Retrieved from Suaramerdeka.com: https://www.suaramerdeka.com/semarang-raya/0412203260/pelanggar-operasi-keselamatan-lalu-lintas-di-salatiga-1124-didominasi-usia-16-25-tahun
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.