UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA WORDWALL PADA SISWA KELAS XI TPM B SMK N 2 SALATIGA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17461Keywords:
Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament, WordwallAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar PPKn siswa kelas XI TPM B di SMK N 2 Salatiga dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament berbantuan media word wall. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model penelitian Tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TPM B SMK N 2 Salatiga yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament berbantuan media wordwall dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa XI TPM B SMK N 2 Salatiga. Hal ini ditunjukkan pada siklus I, siswa yang hasil belajarnya tuntas KKM berjumlah 27 siswa atau 75%. Kemudian siklus II, siswa yang tuntas KKM berjumlah 33 siswa atau 91,6%.Downloads
References
Administrator. (2020, April 15). Pengertian Pendidikan Menurut Ahli. Retrieved from SMK NEGERI 1 PERHENTIAN RAJA: https://www.smkn1perhentianraja.sch.id/read/5/pengertian-pendidikan-menurut-ahli
Akbar, H. F., & Adi, M. S. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Arimbawa, I. G. (2021). PENERAPAN WORD WALL GAME QUIS BERPADUKAN CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI. Indonesian Journal of Educational Development.
Ary, Y., & Subandi, A. (2016). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN, 12-13.
Cahyo, R. N., Wasitohadi, & Rahayu, T. S. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS 4 SD. JURNAL BASICEDU.
Fatimatuzahroh , F., Nurteti , L., & S. Koswara. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak melalui Metode Lectures Vary. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam.
FAUQANNURI, I. R. (2022). PENERAPAN MEDIA BERBASIS WORDWALL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 PANJI SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. http://digilib.uinkhas.ac.id/9879/1/IVANDA%20RAHMI%20FAUQANNURI_T20181265.pdf.
Jauhar, S., Nur, N., & Sudirman. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDS IT Rabbani Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Journal Teaching Professional, http://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gpp/article/view/665/274.
Kartika, M. Y., Arianti, A., & Salim, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Team Games Tournament Melalui Lesson Study Dengan Bantuan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV. Jurnal Bahasa dan Pendidikan, http://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/pustaka/article/view/593.
Lubis, R. N. (2021, November 13). Pengertian Pendidikan. Retrieved from Kemendikbud: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pengertian-pendidikan/
Mu'alimin. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Pasuruan: Ganding Pustaka.
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Jurnal Humanika, https://journal.uny.ac.id/index.php/humanika/article/download/29252/pdf.
Rahayu, P., Pangestika, R. R., & Anjari, T. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Talkingstick Berbantuan Media Wordwall pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION, https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5901/4972.
Safitri, M., Nazliati, & Rasyid, M. N. (2022). Penerapan Media Web Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 2 Langsa. Jurnal Ilmu Pendidikan, https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/4249/2140.
Siregar, S. (2010). Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Suadinimath. (2016, Agustus 24). Model Dan Jenis-Jenis Pembelajaran Kooperatif. Retrieved from SUADINIMATH'S BLOG: https://suaidinmath.wordpress.com/2016/08/24/model-dan-jenis-jenis-pembelajaran-kooperatif/
Widiyoko, E. P. (2014). Penilaian Hasil Belajar di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.