PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ELEKTRONIK APLIKASI MATH GAMES ELEKTRONIK DI KELAS 5 SDI UTASEKO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17913Keywords:
Kemampuan numerasi, media elektronik, aplikasi, math gamesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan numerasi siswa dengan menggunakan media elektronik aplikasi math games elektronik di kelas 5 SDI Utaseko. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SDI Utaseko yang berjumlah 22 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan numerasi dengan menggunakan aplikasi math games. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini terdapat empat tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik tes. Berdasarkan pembahasan dan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran numerasi dengan menggunakan media pembelajaran elektronik math games dapat meningkatkan kemampuan numerasi matematika siswa kelas V SDI Utaseko. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan numerasi siswa pada saat pra siklus diperoleh nilai rata—rata 32,27 dan berada pada kategori kurang. Setelah diterapkan media elektronik apliaksi math games terjadinya peningkatan rata-rata pada siklus I ke siklus II sebesar 35,18 dan secara klasikal terjadi peningkatan sebaesar 45%. Sementra pada siklus II, terjadi peningkatan yang siginfikan dengan nilai rata-rata sebesar 80 berada pada katori baik dan secara klasikal terjadi peningkatan yang signifikan dari siklus I ke Siklus II sebsesar 55%. Dengan demikian, tindakan yang dilakukan selama dua siklus ini dinilai efektif dan meningkatkan kemampuan numerasi matematika pada siswa kelas V SDI Utaseko.Downloads
References
Afandi, Muhamad. (2014). Pentingnya Penelitian TIndakan Kelas bagi Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah. Pendidikan Dasar, 1(1), 1-19 http://dx.doi.org/10.30659/pendas.1.1.1-19
Anderha, R.R., Maskar Sugama. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi dalam Menyelsaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal ilmiah matematika realistik (JI-MR), 2(1), 1-10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774
Ariati Chelsi D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literatur Review. LEMMA:Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61-75. https://doi.org/10.22202/jl.2022.v8i2.5745
Ariyanto, M.P., Nurcahyandi, Z.R., Diva, S.A. (2023). Penggunaan Gamifikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.33365/jm.v5i1.2080
Bopo, G. Ngura, T.N., Fono, Y.T., Laksana, D.N.L. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi Dengan Media Papan Pintar Berhitung pada Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 468-480. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1998
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47
Herawati, L.S., Beatrix, L., Yani, T.A., Bistari. (2022). Analisis Efektivitas Media Belajar Math Games Terhadap Kemampuan Berhitung pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Di Kelas IV SD. Journal Of Educational Review And Research, 5(2), 113—118. http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v5i2.3705
Hopeman, T. A., & Rahma, A. (2023). Does The Clackers Balls Toys Make a Students Behavior Change? A Literature Review At Elementary School. Jurnal Pendidikan West Science, 1(01), 39—44 https://wnj.westscience-press.com/index.php/jpdws/article/view/170
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(2), 905—910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.p hp/prisma/article/download/29305/12924
Khuzaini, N., & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Adobe Flash Cs3 untuk Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 88. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9681
Litau, F.Y., Sinisuka, K., Tanjung, N.A., Ifroh, U., Sari, I.N. (2024). Pengenalan “Math Games” Untuk Meningkatkan Keterampilan Operasi Hitung di Sekolah Dasar. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan. 2(1), 129-132. https://doi.org/10.55606/lencana.v2i1.3045
OECD. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA) Result From PISA
Patta. R, Rahman.A, Istiqama. (2022). Pengaruh Penerapan Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Global Journal Teaching Professional, 1(1) 24—29. https://doi.org/10.35458/jtp.v3i2
Pitanti, A.M. (2023). Merevolusi Pendidikan: Meningkatkan Keterampilan Berhitung dengan Game Monster Math yang Inovatif. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 2(2) 76-91. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v12i2.1573
Priyatna, F., & Wiguna. (2021). Mobile Game Pembelajaran Matematika Dasar Menggunakan Construct 2 di SDN Sasaksaat. EProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF, 1(1), 218—227. https://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti/article/view/264
Qondias, D., Lasmawan, W., Dantes, N., Arnyana, I. B. P. (2022). Effectiveness of Multicultural Problem Based Learning Models in Improving Social Attitudes and Critical Thinking Skills of Elementary School Students in Thematic Instruction. Journal of Education and e-Learning Research, 9(2), 62-70. https://doi.org/10.20448/jeelr.v9i2.3812
Rasdiyanti, Y., Wangge, M.C.T., Wewe Melkior., Bela, E.M. (2023). Profil kemampuan literasi numerasi, digital dan budaya siswa kelas IV UPTD SD Negeri Riominsi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1). DOI:10.58258/jime.v9i1.4699 http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME
Richardo, E.Y., Kholifah, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Dan Minat Belajar Melalui Game Edukasi Wordwall. Journal Of Educational Review And Research, 6(2), 161-169 http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v6i2.5178
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.