PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ELEKTRONIK APLIKASI MATH GAMES ELEKTRONIK DI KELAS 5 SDI UTASEKO

Authors

  • Yanuarius Sebastianus Lobo Prodi PGSD STKIP Citra Bakti
  • Pelipus Wungo Kaka STKIP Citra Bakti
  • Dimas Qondias Prodi PGSD STKIP Citra Bakti
  • Yohanes Vianey Sayangan Prodi PGSD STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17913

Keywords:

Kemampuan numerasi, media elektronik, aplikasi, math games

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan numerasi siswa dengan menggunakan media elektronik aplikasi math games elektronik di kelas 5 SDI Utaseko. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SDI Utaseko yang berjumlah 22 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan numerasi dengan menggunakan aplikasi math games. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini terdapat empat tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik tes. Berdasarkan pembahasan dan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran numerasi dengan menggunakan media pembelajaran elektronik math games dapat meningkatkan kemampuan numerasi matematika siswa kelas V SDI Utaseko. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan numerasi siswa pada saat pra siklus diperoleh nilai rata—rata 32,27 dan berada pada kategori kurang. Setelah diterapkan media elektronik apliaksi math games terjadinya peningkatan rata-rata pada siklus I ke siklus II sebesar 35,18 dan secara klasikal terjadi peningkatan sebaesar 45%.  Sementra pada siklus II, terjadi peningkatan yang siginfikan dengan nilai rata-rata sebesar 80 berada pada katori baik dan secara klasikal terjadi peningkatan yang signifikan dari siklus I ke Siklus II sebsesar 55%. Dengan demikian, tindakan yang dilakukan selama dua siklus ini dinilai efektif dan meningkatkan kemampuan numerasi matematika pada siswa kelas V SDI Utaseko.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Muhamad. (2014). Pentingnya Penelitian TIndakan Kelas bagi Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah. Pendidikan Dasar, 1(1), 1-19 http://dx.doi.org/10.30659/pendas.1.1.1-19

Anderha, R.R., Maskar Sugama. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi dalam Menyelsaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal ilmiah matematika realistik (JI-MR), 2(1), 1-10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774

Ariati Chelsi D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literatur Review. LEMMA:Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61-75. https://doi.org/10.22202/jl.2022.v8i2.5745

Ariyanto, M.P., Nurcahyandi, Z.R., Diva, S.A. (2023). Penggunaan Gamifikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.33365/jm.v5i1.2080

Bopo, G. Ngura, T.N., Fono, Y.T., Laksana, D.N.L. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi Dengan Media Papan Pintar Berhitung pada Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 468-480. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1998

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47

Herawati, L.S., Beatrix, L., Yani, T.A., Bistari. (2022). Analisis Efektivitas Media Belajar Math Games Terhadap Kemampuan Berhitung pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Di Kelas IV SD. Journal Of Educational Review And Research, 5(2), 113—118. http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v5i2.3705

Hopeman, T. A., & Rahma, A. (2023). Does The Clackers Balls Toys Make a Students Behavior Change? A Literature Review At Elementary School. Jurnal Pendidikan West Science, 1(01), 39—44 https://wnj.westscience-press.com/index.php/jpdws/article/view/170

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(2), 905—910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.p hp/prisma/article/download/29305/12924

Khuzaini, N., & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Adobe Flash Cs3 untuk Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 88. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9681

Litau, F.Y., Sinisuka, K., Tanjung, N.A., Ifroh, U., Sari, I.N. (2024). Pengenalan “Math Games” Untuk Meningkatkan Keterampilan Operasi Hitung di Sekolah Dasar. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan. 2(1), 129-132. https://doi.org/10.55606/lencana.v2i1.3045

OECD. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA) Result From PISA

Patta. R, Rahman.A, Istiqama. (2022). Pengaruh Penerapan Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Global Journal Teaching Professional, 1(1) 24—29. https://doi.org/10.35458/jtp.v3i2

Pitanti, A.M. (2023). Merevolusi Pendidikan: Meningkatkan Keterampilan Berhitung dengan Game Monster Math yang Inovatif. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 2(2) 76-91. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v12i2.1573

Priyatna, F., & Wiguna. (2021). Mobile Game Pembelajaran Matematika Dasar Menggunakan Construct 2 di SDN Sasaksaat. EProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF, 1(1), 218—227. https://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti/article/view/264

Qondias, D., Lasmawan, W., Dantes, N., Arnyana, I. B. P. (2022). Effectiveness of Multicultural Problem Based Learning Models in Improving Social Attitudes and Critical Thinking Skills of Elementary School Students in Thematic Instruction. Journal of Education and e-Learning Research, 9(2), 62-70. https://doi.org/10.20448/jeelr.v9i2.3812

Rasdiyanti, Y., Wangge, M.C.T., Wewe Melkior., Bela, E.M. (2023). Profil kemampuan literasi numerasi, digital dan budaya siswa kelas IV UPTD SD Negeri Riominsi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1). DOI:10.58258/jime.v9i1.4699 http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME

Richardo, E.Y., Kholifah, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Dan Minat Belajar Melalui Game Edukasi Wordwall. Journal Of Educational Review And Research, 6(2), 161-169 http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v6i2.5178

Downloads

Published

2024-10-04