PENERAPAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS 5 SDN NATAKUPE

Authors

  • Maria Isabela Dhiu STKIP Citra bakti
  • Dimas Qondias Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti
  • Ermelinda Yosefa Awe STKIP Citra bakti
  • Maria Patrisia Wau STKIP Citra bakti

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19579

Keywords:

Media Papan Pintar, Motivasi Belajar, Kemampuan Numerasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan kemampuan numerasi siswa kelas V SDN Natakupe melalui penerapan media papan pintar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Natakupe pada Bulan Agustus 2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Natakupe yang berjumlah 10 orang. Metode pengumuplan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode tes. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan Teknik anilis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpukan bahwa penerapan media papan pintar dapat meningkatkan kemampuan numerasi siwa kelas V SDN Natakupe. Hasil observasi motivasi belajar siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 52,4 persentase 52,4% dan berada pada kategori sedang. Pada siklus II meningkat secara signifikan yakni skor rata-rata sebesar 71,2 dengan persentase 71,2% dan berada pada kategori tinggi. Pada aspek kemampuan numerasi terjadi peningkatan yang signifikan. Hal ini dilihat dari hasil tes pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 60, persentase sebesar 60% berada pada kategori cukup dan secara klasikal sebanyak 4 siswa yang tuntas atau sebesar 40%. Sedangkan pada siklus II, terjadi peningkatan kemampuan numerasi dengan skor rata-rata sebesar 60, persentase 60% berada pada kategori baik dan secara klasikal sebanyak 8 siswa atau meningkat menjadi 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media papan pintar dapat meningkatkan motivasi sebesar 18,8% dan kemampuan numerasi sebesar 20% pada siswa kelas V SDN Natakupe.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfina., Ningsih, S.A. (2024). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 7 Dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Melalui Media Ajar Papan Pintar Siswa Kelas II SDN 1 Gelogor. Renjana Pendidikan Dasar, 4(3), 189-194. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/1241

Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690

Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Siswa SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231–238. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859

Budiningsih, H., Siregar, S.U., Sitorus, Y. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Projek Based Learning. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 10(1), 102-106. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.5761

Darmayanti, N.W.S., Selamet, K., Sanjayanti, N.P.A.H., Qondias, D., Wijaya, I.K.W.B., Witraguna, K.Y., Jaya, I.K.M.A., Persi, N.N. (2024). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Panduan dan Implementasinya bagi Guru dan Mahasiswa. Bandung: PT. Nila Cakra Publishing House.

Ermiana, I., Niswatul Khair, B., Fauzi, A., & Puspita Sari, M. (2021). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SD Inklusif dalam Memecahkan Soal Cerita. Journal of Elementary Education, 04. https://doi.org/10.22460/collase.v4i6.9101

Fitrianawati & Hasna. 2021. Pengembangan Media Panlinmatrika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 2, No.1. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5785

Hafshari, N. D., & Arini, N. W. (2023). Pengembangan Media Papan Sipat-Siput pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1643

Igo, O. P., Laksana, D. N. L., Noge, M. D., & Qondias, D. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Matematika: Studi Di SD Inpres Dhereisa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(7), 324–337. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i7.2857

Kamaladini, K. (2021). Pengembangan Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Pada Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 5 di Kelas 1 Sekolah Dasar [Undergraduate, Universitas Muhammadiyah Mataram]. https://repository.ummat.ac.id/2876/.

Karuniawati, F., Mukhoiyaroh, M. Peningkatan Kemampuan Berhitung 1-20 melalui Penggunaan Media Corong Berhitung pada Siswa Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Muslimat Wonocolo Surabaya. Journal of Early Childhood Education and Development, 1(1), 1-8 DOI: 10.15642/jeced.v1i1.500

Koyan, I.W. (2012). “Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021–5029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003

Lestari, F., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 394–405. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.628

Lingis, S., Awe, E.Y., Laksana, D.N.L. (2021). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di Gugus V Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Jurnal Ilmiah Citra Bakti, 1(1) 26-35. Doi. https://doi.org/10.38048/jcp.v1i1.135

Maflikha, M. (2020). Media Pembelajaran Berhitung Kelas 1 SD. SHES: Conference Series, 3(3), 2276-2282 https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.57124

Maulyda, M. A., Lasboi, Y.N., Wibiwi, A., Gunawan, C.I., Ni.mah, K., Hidayati, V.R. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM (1st ed.). Mataram: CV IRDH

Meo, T. D., Qondias, D., Wau, M. P., & Noge, M. D. (2024). Penerapan Media Jam Untuk Meningkatkan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Mabhambawa (Studi Kolaboratif Gerakan Numerasi Sekolah). Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 357–364. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1328

Muhammad, Afnani, R., Afnani, M. R., Eva, A., Rizki, N., & Sutriyani, W. (2023). Efektivitas Media Papan Edukasi Pintar Terhadap Kemampuan Literasi Dan Numerasi Pelajaran Matematika Kelas 1 SDN 02 Guyangan. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(3). https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i3.277

Musyrifah, E., Dwirahayu, G., & Satriawati, G. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Bagi Guru Mi Dalam Upaya Mendukung Keterampilan Mengajar Serta Peningkatan Literasi Numerasi. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 8(1), 61. https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.61-72

Oktarina, K., Ariani, N. M., & Riwayati, S. (2024). Penggunaan Papan Pintar Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas 4 Di Sd 65 Kota Bengkulu. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5503–5507. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.30265

Qondias, D. 2017. Determinasi Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(1), 271-276. https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i1.43

Qondias, D., Anu, E.L., Niftalia, I. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Maping SD Kabupaten Ngada Flores. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 176-182. 10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8590

Ramdania, V.N., Sarah, W., Risky, D. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika dengan Strategi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/568

Saputri, A.I.D., Pangestu, E.W.P., Widodo, S.T., Wahyuni, N.I., Andayani, T.W. (2023). Penerapan Media Inovatif Berbasis Problem Based Learning sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3548–3558. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6404

Sari, I.N., Ilhami, A.S., Adawiyah, R. (2023). Pengembangan Media Papan Perintah untuk Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di TK Bunga Melati Nw Presak Sakra. Jurnal Cikal Cendekia, 2(2) 1-11. https://doi.org/10.31316/jcc.v2i2.1988

Syahrah, F. (2015). Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Dengan Menggunakan Media Papan Hitung (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Hambatan Pendengaran Kelas Ii Di Slb B Kembar Karya Jakarta Timur). Thesis Universitas Negeri Jakarta. http://repository.unj.ac.id/1654/

Sutrisno., Puspitasari, R.W., Suaidi, D.A., Heriyanto, Sulur, Pamungkas, A. (2021). The Correlation Between Of Time And Water Content Of Fish Dried Using Solar Panel-Based Dryers. SPEKTRA: Jurnal Fisika dan Aplikasinya, 6(3), 175-184. https://doi.org/10.21009/SPEKTRA.063.04

Widoyoko, S.E.P. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yosiva, A., Hendrawan, B., & Pratiwi, A. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar (Papin) Dan Katalog Ajaib (Kajib) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sdn 1 Kaliwalu. Jurnal PGSD, 7(2), 20–16. https://doi.org/10.32534/jps.v7i2.2442

Downloads

Published

2025-01-01