PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PELACA BERBASIS KINEMASTER DAN ZEPETO SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17882Keywords:
Kata Kunci: Media Pelaca, kinemaster, membacaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih cenderung menggunakan metode ceramah, dalam materi pada kompetensi membaca permulaan. Saat pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi untuk mendukung pembelajaran.Salah satu upaya yang dapat digunakan yaitu melalui media Animasi Pelaca Berbasis Kinemaster Dan Zepeto. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menguji efektivitas media animasi pelaca berbasis kinemaster dan zepeto dalam meningkatkan kompetensi belajar siswa (2) Menganalisis tingkat kelayakan media animasi pelaca berbasis Kinemaster dan Zepeto dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian research and Development (R&D). Metode penelitian dan pengembangan digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Media Animasi Pelaca berbasis Kinemaster dan Zepeto. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengolahan data diambil dari validasi ahli materi dan validasi ahli media, angket respon siswa dengan gain-score. Hasil analisis pada validasi ahli materi pertama 55% (cukup layak), validasi ahli materi kedua 100% (sangat layak), validasi ahli materi ketiga 100% (sangat layak), ahli media pertama 72,5% (layak), ahli media kedua 97,5% (sangat layak). Hal ini menunjukkan bahwa Animasi Pelaca berbasis Kinemaster dan Zepeto efektif dalam pembelajaran membaca permulaan.Downloads
References
Buku :
Azhar, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Artikel in Press :
Depdiknas., Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Stand, 2006.
Jurnal :
Azizah, R Rofian, L Putriyanti. (2023). “Pengembangan Pembuatan Media Poster Animasi Sebagai Pencegahan Tindakan Bullying Di SDN Kalicari 01 Semarang” Jurnal Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA). 4(1)
Firdayu & Ardipal. (2021). “Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu. 5(6): 6335
Khaira, H. (2020). Pemanfatan Aplikasi KineMaster Sebagai Media Pembelajaran ICT, Universitas Negeri Medan.
Khoiriyah, D. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal PGSD. 8(5): 9
Maclinton, D., & Dedek, A. (2022). “Pengembangan Media Pembelajaran Prisma Berbasis Macromedia Flash Dengan Desain Pembelajaran” Jurnal Inovasi Matematika. 4(1).
Rindiana Putri Riani, Khoirul Huda, Khusnul Fajriyah. (2019). “Pengembangan Media Pembelajaran Tematik “Fun Thinkers Book” Tema Berbagai Pekerjaan”. Jurnal Sinektik. 2(2). 173-184.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.