PENERAPAN MEDIA MYSTERY BOX MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BENTUK-BENTUK BANGUN DATAR KELAS 1 SDN TAWANG MAS 01

Authors

  • Naili Muna Kurniawati Universitas PGRI Semarang
  • Khusnul Fajriyah Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang
  • Hartati Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang
  • Henry Januar Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16805

Keywords:

Media Mystery Box, Model Course Review Hooray, Learning Results

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media mystery box
menggunakan model course review horay terhadap hasil belajar materi bentukbentuk
bangun datar kelas 1. Jenis penelitian ini adalah penelitin kuantitatif dalam
bentuk Pre-experimental design dengan desain one-group pretest-posttest design.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Tawangmas 01 Semarang.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 28 dengan teknik sampling
jenuh. Berdasarkan hasil uji hipotesis paired sample t-test diatas menunjukkan sig
(2-tailed) adalah 0.000, yang menyatakan bahwa hasil hipotesis paired sample ttest
adalah 0.000 < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata dari hasil belajar kognitif
matematika peserta didik dari sebelum dan sesudah diberikan perlakuan
menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media
Mystery Box.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, M, & Syaodih. (2008).Bimbingan

konseling untuk anak usia

dini. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Brabender, V., & Fallon, A. (2009).

Group development in practice:

guidance for clinicians and

researchers on stages and

dynamics of change.

Washington, DC: American

Psychological Association.

Indiyanti, C. E., Ardianti, S. D., &

Masfuah, S. (2023).

Implementasi Model Problrm

Based Learning Berbasis

Edutainment Terhadap

Pemahaman Konsep Siawa

SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Dasar. ISSN 2548-6950.

Kartika,et al. 2014. Penentuan Total

Mikroba Indikator, Nitrat, dan

Fosfat Pada Sungai Tapung

Kiri. Program Studi S1 Kimia,

Fakultas Matematika dan Ilmu

Pengetahuan Alam. Riau.

Jurnal Biokimia. 1(2)

Khoiriyyah, N., Qomaria, N., Ahied,

M., Rendy, D. B., Putera, A., &

Sutarja, M. C. (2022).

Pengaruh Model Project Based

Learning Dengan Pendekatan

Steam Terhadap Kemampuan

Berpikir Kritis Siswa. VEKTOR:

Jurnal Pendidikan IPA, 3(2),

–66.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model

Pembelajaran Inovatif dalam

Kurikulum 2013. Yogyakarta:

Ar-ruzz Media.

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2009.

Cooperative Learning.

Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 019. Metode Penelitian

PendidikanPendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alvabeta cv.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian

Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-09-12

Most read articles by the same author(s)