PENERAPAN MEDIA MYSTERY BOX MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BENTUK-BENTUK BANGUN DATAR KELAS 1 SDN TAWANG MAS 01
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16805Keywords:
Media Mystery Box, Model Course Review Hooray, Learning ResultsAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media mystery box
menggunakan model course review horay terhadap hasil belajar materi bentukbentuk
bangun datar kelas 1. Jenis penelitian ini adalah penelitin kuantitatif dalam
bentuk Pre-experimental design dengan desain one-group pretest-posttest design.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Tawangmas 01 Semarang.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 28 dengan teknik sampling
jenuh. Berdasarkan hasil uji hipotesis paired sample t-test diatas menunjukkan sig
(2-tailed) adalah 0.000, yang menyatakan bahwa hasil hipotesis paired sample ttest
adalah 0.000 < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata dari hasil belajar kognitif
matematika peserta didik dari sebelum dan sesudah diberikan perlakuan
menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media
Mystery Box.
Downloads
References
Agustin, M, & Syaodih. (2008).Bimbingan
konseling untuk anak usia
dini. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Brabender, V., & Fallon, A. (2009).
Group development in practice:
guidance for clinicians and
researchers on stages and
dynamics of change.
Washington, DC: American
Psychological Association.
Indiyanti, C. E., Ardianti, S. D., &
Masfuah, S. (2023).
Implementasi Model Problrm
Based Learning Berbasis
Edutainment Terhadap
Pemahaman Konsep Siawa
SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Dasar. ISSN 2548-6950.
Kartika,et al. 2014. Penentuan Total
Mikroba Indikator, Nitrat, dan
Fosfat Pada Sungai Tapung
Kiri. Program Studi S1 Kimia,
Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam. Riau.
Jurnal Biokimia. 1(2)
Khoiriyyah, N., Qomaria, N., Ahied,
M., Rendy, D. B., Putera, A., &
Sutarja, M. C. (2022).
Pengaruh Model Project Based
Learning Dengan Pendekatan
Steam Terhadap Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa. VEKTOR:
Jurnal Pendidikan IPA, 3(2),
–66.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model
Pembelajaran Inovatif dalam
Kurikulum 2013. Yogyakarta:
Ar-ruzz Media.
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2009.
Cooperative Learning.
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. 019. Metode Penelitian
PendidikanPendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung: Alvabeta cv.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian
Tindakan. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















