EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN PERAGA EDUKATIF BANGUN DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA KELAS 1 SD

Authors

  • Luthfia Muqimatussunnah Universitas PGRI Semarang
  • Khusnul Fajriyah
  • Hartati
  • Henry Januar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18111

Keywords:

problem based learning, hasil belajar, matematika

Abstract

Rendahya hasil belajar peserta didik salah satunya disebabkan oleh rendahnya minat anak karena kurangnya variasi model pembelajaran dan media. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kefektifan model pembelajaran PBL berbantuan alat peraga edukatif bangun datar terhadap hasil belajar kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan pre-experimental design. Penelitian ini dilaksanakan di di kelas 1 SDN Tawang Mas 01 Semarang dengan jumlah subjek 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas dan uji efektivitas. Hasil analisis data didapatkan rata-rata pre-test yaitu 52,1 dan hasil post-test 80,89, menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dengan nilai signifikan >0,05 dan hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 dimana nilai < 0,05. Sehingga berdasarkan kaidah pengambilan keputusan diperoleh bahwa terdapat pebedaan hasil belajar kognitif matematika sebelum dan sesudah peneapan model pembelajaran problem based learning berbantuan alat peraga edukatif. Rata-rata dari skor N-Gain sebesar 0,6238, sehingga termasuk kategori sedang dan presentase dari N-Gain sebesar 62,3781, yang menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan PBL berbantuan alat peraga edukatif cukup efektif untuk hasil belajar kognitif peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardi, Y. O., Pramasdyahsari, A. S., Nursyahidah, F., & Poncowati, L. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran PBL terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Kelas I SD. Journal of Nusantara Education, 3(1), 1-10.

Apriliani, Y., Arif, M. N., Sutriyani, W., & Wakit, A. (2023). Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Padi (Papan Diagram) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 2(3), 172-179.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Widya Accarya, 12(1), 61-69.

Ernawati. Dkk. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Komariyah, N., & Pramesti, S. L. D. (2021, December). Pengaruh Media PADI (Papan Diagram) terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 1, pp. 706-726).

La'ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematik siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463-474.

Meilasari, S., & Yelianti, U. (2020). Kajian model pembelajaran problem based learning (pbl) dalam pembelajaran di sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3(2). 195-207.

Ruqoyyah, S., Murni, S., & Linda, L. (2020). Kemampuan pemahaman konsep dan resiliensi matematika dengan VBA microsoft excel. Purwakarta: CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.

Setiani, P. A., & Ratnasari Dyah Utami, S. P. (2023). Efektivitas Model Pbl Berbantuan Media Padi Terhadap Konsentrasi Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Suhaeni, N. S. N., & Sunarti, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Peningkatan Keterampilan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Sosialita, 14(2).

Suparman, D. J., & Tamur, M. (2021). Problem-based learning for mathematical critical thinking skills: A meta-analysis. Journal of Hunan University Natural Sciences, 48(2).

Sutriyani, W., & Widyatmoko, H. (2020). Efektivitas Model Pbl Menggunakan Media Lagu Rumus Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 2(2), 220-230.

Wakit, A., Anindita, F. F., & Ardaniyah, N. (2022). Analisis pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran di kelas i sdn 05 kecapi jepara. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 107-115.

Widiyasari, R., Sundi, V. H., Sriminarti, N., Saraswati, E., & Bellantie, M. P. (2022, October). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Alat Peraga Edukatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Downloads

Published

2024-09-12