ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI STATISTIK SISWA SMA DITINJAU DARI JURUSAN IPA, IPS DAN BAHASA KELAS XI DI SMAN 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Muhammad Diennis Dwi Mustika Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram
  • Harry Soeprianto Dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram
  • Laila Hayati Dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram
  • Baidowi Dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.17046

Keywords:

Kata Kunci: Literasi, Literasi Statistik, Jurusan SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi statistik antara jurusan IPA, IPS dan Bahasa kelas XI di SMAN 4 Mataram tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex-Post Facto. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas XI sebanyak 8 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Diperoleh kelas Terapan 1 mewakili jurusan IPA, Sosial 2 mewakili jurusan IPS dan Humaniora mewakili jurusan Bahasa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan literasi statistik. Analisis data menggunakan uji anava satu jalur dan uji post hoc tukey hsd. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan literasi statistik dengan nilai signifikansi uji anava satu jalur sebesar 0,002 < 0,05 dan hasil uji post hoc tukey HSD menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan literasi statistik yang signifikan untuk jurusan IPA dengan IPS dan Bahasa, namun tidak ada perbedaan kemampuan literasi statistik yang signifikan untuk jurusan IPS dan Bahasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminullah & Kusmianti. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Matematika Antara Lulusan Sekolah Jurusan Ipa Dan Jurusan Ips. Jurnal Ganec Swara. 16(1). 1343-1347

Berlin, N. (2018). Evaluasi Program Literasi: Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan.

Bilqis, E.,M. (2017). Analisis Kemampuan Ipa Melalui Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Penentuan Jurusan Di Sma Bustanul Ulum Nu Bumiayu. Dialektika P. Matematika. 4(1). Hal 14-32.

Depon, A.F., Sripatmi, Kurniati, N, & Arjudin. (2023). Pengaruh Penggunaan Ppt Interaktif Dan Lkpd Pada Pembelajaran Segi Empat Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Jonggat Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(2), 1983-1993.

Ferligoj, A. (2015). How to improve statistical literacy? Metodoloski Zvezki, 12(1), 1–10.

Hafiyusholeh, M. (2015). Literasi Statistik dan Urgensinya Bagi Siswa. WAHANA. 64(1).

Himmah, F. (2021). Analisis Prestasi Belajar Mahasiswa Ditinjau dari Jurusan SMA, Jenis Kelamin, Jalur Masuk, dan Asal Daerah serta Implikasinya terhadap Kebijakan Penerimaan Mahasiswa Baru. JIAP:Jurnal Ilmiah Administrasi Publik. 7(1). Hal 71-76.

Hindayani, Z., Sridana, N., Kurniati, N., & Hayati, L. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Literasi Numerasi Kelas VIII MTs. NW Bagik Polak Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 9(2). Hal 5238- 5247.

Maharani, S, & Wandini, RR (2023). Karakteristik Mata Pelajaran IPS. JURNAL EDUKASI NONFORMAL. 4(1). 115-123.

Manune, S., A. Anakaka, D., L. & Wijaya, R., P., C. (2020). Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Jurusan IPA, IPS dan Bahasa kelas XI di SMA. Journal of Health and Behavioral Science.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Murniati, Arjudin, & Hakim. (2024). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V SDN 1 Darek dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 9(1), 28-33

Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kajian: kesiapan pendidikan indonesia menghadapi era society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66.

Organisasi for Economic Co-operation and Development (OECD). (2022). Country Profile: Indonesia - Mathematics Literacy and Assessment Results. dilihat Januari 20 2024.

Pratama, R.,Y., Arjudin, Hikmah, N., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam menyelesaikan Soal Cerita SPLTV Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(3b). 1472-1481.

Ridho’I, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Miftahul Ulum Pandanwangi. Jurnal E-DuMath. 8(2). Hal 118-128.

Sahabuddin, F. (2023). Analisis Perbandingan Latar Belakang Peminatan Sekolah Dengan Penguasaan Ipa Dasar Mi/Sd Mahasiswa Pgmi Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 8(1). Hal. 581-591.

Silondae, D., P. (2019). Perbandingan Motivasi Belajar Antara Siswa Jurusan Ipa Dan Jurusan Ips Di Sma Negeri Anggaberi Kabupaten Konawe. Gema Pendidikan. 26(2). Hal. 1-9.

Tyaningsih, R.,Y., Kamarudin, Nurlailah, Pahlevi, R., Utama, R., S., P., & Fitriana, F., N. (2023). Efektivitas Model Project-Based Learning dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa melalui praktik Lesson Study di sekolah. Mandalika Mathematics and Education Journal. 5(2). 243- 252

Downloads

Published

2024-06-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>