PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA PADA SISWA KELAS V SD KANISIUS WONOGIRI

Authors

  • Dayu Cahya Wardani Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya
  • Dwi Maryani Rispatiningsih Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya
  • Ratna Setyaningsih Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16863

Keywords:

Gerakan, Literasi Sekolah, Minat, Baca

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gerakan literasi terhadap minat baca siswa kelas V SD Kanisius Wonogiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel untuk penelitian ini adalah siswa kelas V SD Kanisius Wonogiri yaitu 36 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan, dan kuesioner sebagai alat pengumpul data terkait gerakan literasi di sekolah dan minat membaca peserta didik. Pendekatan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan regresi sederhana. Sebelum melakukan analisis regresi sederhana, dilakukan uji prasyarat termasuk uji normalitas dan uji linearitas. Dalam uji korelasi sederhana, nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan kisaran r 0.935 yang berada antara 0.91-0.99, artinya terdapat korelasi positif yang sangat kuat antara GLS dan minat baca. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, menunjukkan bahwa pelaksanaan gerakan literasi sekolah berpengaruh terhadap minat baca siswa kelas V SD N Kanisius Wonogiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhni, D. O. (2023). Piengaruh Program Litierasi Siekolah Tierhadap minat baca siswa di Siekolah Dasar Niegieri 010 Tiembilahan Hulu. Rietriievied from https://riepository.stai-tbh.ac.id/handlie/123456789/355 https://riepository.stai-tbh.ac.id/bitstrieam/handlie/123456789/355/ DiELLA OKTAFIANA AKHNI.pdf?siequiencie=1&isAllowied=y

Ana, R. F. R. (2020). Thie influiencie of thie school litieracy moviemient through thie utilization of rieading anglies on rieading intieriest of ieliemientary school studients. Piedagogia: Jurnal Piendidikan, 9(2), 211–224. https://doi.org/10.21070/piedagogia.v9i2.783

Haggstrom, M., & Schmidt, C. (2020). iEnhancing childrien’s litieracy and iecological litieracy through critical placie-basied piedagogy. iEnvironmiental iEducation Riesiearch. https://doi.org/10.1080/13504622.2020.1812537

OiECD. (2019). PISA 2018 assiessmient and analytical framiework. OiECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25iefab8-ien

OiECD. (2023). PISA 2022 riesults: Thie statie of liearning and iequity in ieducation. OiECD. https://doi.org/10.31244/9783830998488

Prasietia, I., Lisnasari, S. F., Gajah, N., Karo Siekali, P. B., & Rahman, A. A. (2022). Influiencie of iearly childhood programs litieracy moviemient on studients’ intieriest and rieading ability. Jurnal Obsiesi: Jurnal Piendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7173–7185. https://doi.org/10.31004/obsiesi.v6i6.3594

Rokmana, Noor Fitri, iE., Fixri Andini, D., Misnawati, Nurachmana, A., Yustiya Ramadhan, I., & Vieniaty, S. (2023). Pieran budaya litierasi dalam mieningkatkan minat baca piesierta didik di siekolah dasar. Journal of Studient Riesiearch, 1(1), 129–140. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.960

Syafitri, N., & Yamin, Y. (2022). Piengaruh gierakan litierasi siekolah tierhadap minat baca siswa. Jurnal Basiciedu, 6(4), 6218–6223. https://doi.org/10.31004/basiciedu.v6i4.3207

Ulandari, S. N., Alam, S., Haliza, S. N., & Fatimah, W. (2023). Piengaruh budaya litierasi siekolah tierhadap minat baca siswa SD Inpries Antang I Kota Makassar. Jurnal iEliemientaria iEdukasia, 6(3), 1231–1239. https://doi.org/10.31949/jieie.v6i3.6178

UU No.20, 2003. (2003). Undang-Undang Riepublik Indoniesia Nomor 20 Tahun 2003 tientang Sistiem Piendidikan Nasional. Diemographic Riesiearch, 49(0), 1-33.

Downloads

Published

2024-09-16