LKPD RME : DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP NILAI TEMPAT BILANGAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Putra You Hendra Universitas Lampung
  • Fatkhur Rohman Universitas Lampung
  • Ridwan Syukri Universitas Lampung
  • Sulistiana Sulistiana Universitas Lampung
  • Nurhanurawati Nurhanurawati Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16142

Keywords:

LKPD, Realistic Mathematic Education (RME), Pemahaman Konsep.

Abstract

Pemahaman konsep nilai tempat bilangan penting untuk menguasai struktur bilangan dan operasi aritmatika. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) meningkatkan pemahaman ini dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan konteks nyata, membuatnya lebih relevan dan mudah dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis Realistik Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan pemahaman konsep nilai bilangan yang valid dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi), dilakukan di SDN 1 Sepang Jaya. Hasil penelitian ini dinyatakan valid setelah melakukan pengujian validitas ahli media 0,707 (valid), ahli bahasa 0,607 (valid), ahli materi 0,607 (valid) sehingga produk ini dikategorikan valid. Hasil uji efektivitas produk dalam meningkatkan pemahaman konsep nilai tempat bilangan menggunakan uji N-Gain. Diperoleh skor 0,713 (tinggi), dengan hasil perolehan hasil produk tersebut dinyatakan Efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep nilai tempat bilangan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk LKPD berbasis RME untuk meningkatkan pemhaman konsep bilangan nilai yang dinyatakan valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Argawi, A. S., dan Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 5(1).

Giriansyah., et all. (2022). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skep Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1):751-765.

Novitasi.,et all. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(1)

Shaffitri., Et All. (2022). Efektivitas Penggunaan Lkpd Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3):351-361.

Novriani.,ett all. (2021). Development Of Android-Based Momentum And Impulse E-LKPD To Improve Student's Concept Understanding. Jurnal Phenomenon, 11(1) : 29-44.

Supriatna., Et all. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Realistic Mathematic Education (Rme) Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 3(2):182-198.

Gustin, L., et all. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Realistic Mathematic Education (Rme) Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. MATHLINE : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2):111-127

Kartikasari, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Luas bangun Datar kelas IV SDN 3 Talok. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA. 4.

Meika, I., et all. (2023). Efektivitas LKPD Berbasis RME terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Ketuntasan Belajar. SJME (Supremum Journal Of Mathematics Education), 7(02):211-221.

Zaelani, H. F., Turmudi, Mustikaati. W. (2023)Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Stad Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (Ji-Mr), 4(2) : 246-251.

Saputra, B. R., Et All. (2022). Penerapan Pendekatan Realıstıc Mathematıcs Educatıon (RME) Untuk Menıngkatkan Pemahaman Konsep Matematıs Sıswa Sekolah Dasar. Journal of Inovation in Primary Education, 1(2): 152-162.

Meilawati, D. F. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020.

Karjiyati, V., Et all. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Model RME Pada Perkuliahan Konsep Dasar Geometri dan Pengukuran. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1) : 49-56.

Chandra, A., & Hidayati. A. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2): 280-292.

Indrawati, D., dan Indah. A. (2023) Peningkatan Pemahaman Konsep Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Kantong Bilangan Pada Peserta Didikkelas I SDN Sukodono 1 Sidoarjo. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 3(2):211-219.

Ulfah, A. F. (2024). Pembelajaran Materi Nilai Tempat Bilangan Berbasis ICARE Terintegrasi Islam di Kelas II SD/MI. Jurnal Mu’allim. 6 (1).

Amaliah, N. R., dan Indrawati. D. (2022). Pengembangan Permainan Cobra (Congklak Berbasis Android) Sebagai Media Pembelajaran Materi Nilai Tempat Bilangan Untuk Kelas 2 SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (3): 544-557.

Susilo, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Menggunakan Media Gelas Warna Pada Peserta Didik Kelas I. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).

Hidayati, Y. M., dan Desstya. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Nilai Tempat Bilangan Dua Angka. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1): 3991-4005.

Saputra, D., Et All. (2023). Reaalistic Mathematic Education-Saintifik (RME-S): Keefektivan Terhadap Pembelajaran Matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar. 4(1): 1337-1345.

Apriyani, E., Et All. (2023) Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(4): 1978-1986.

Nirmala, L., Et All. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Realistich Mathematics Education (RME) Menggunakan Rumah Adat Bubungan Lima untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal KAPEDAS – Kajian Pendidikan Dasar, 2(2): 345-357.

Primasari, I. F. N. D., Ett All. (2021). Model Mathematics Realistic Education (RME) Pada Materi Pecahan di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5 (4): 1888 – 1899.

Azizah, L. N., Et All. (2024). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Role Playing Berbantuan Uang Lipat (Uang Nilai Tempat). Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 10 (1): 1-11.

Dewi, M. S. A. (2022). Analisis Miskonsepsi Anak Sekolah Dasar Dalam Memahami Konsep Nilai Tempat Bilangan Dua Angka Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5): 2477-2482.

Hidayat, E. I F., Et All. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4 (1): 106-113

Juliawan, R., Et All. (2022). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Konsep Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Matematika Education (RME). Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3): 2605-2611.

Ridha, F., Et All. (2021)Efektivitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2): 205-214.

Downloads

Published

2024-09-25