EFEKTIVITAS E-LKPD IPAS BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN THUNKABLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR PESERTA DIDIK KELAS IV
Keywords:
E-LKPD, discovery ;earning, basic science process skills, elementary schoolAbstract
This research aims to determine the effectiveness of the E-LKPD product based on discovery learning using Thunkable to improve the science process skills of fourth-grade students. This study is a quantitative research utilizing the Quasi-Experimental Design method. The sampling technique used is saturated sampling, where the entire population is taken as the research sample, consisting of fourth-grade students. The data collection method employed is observation, conducted before and after using the product to measure the students' science process skills. The results of the study indicate that the use of the E-LKPD IPAS based on discovery learning using Thunkable has a high effectiveness in improving the basic science process skills of fourth-grade students, with an N-Gain test result of 0.728.Downloads
References
Angelia, Y., Supeno, S., & Suparti, S. (2022). Keterampilan proses sains siswa sekolah dasar dalam pembelajaran ipa menggunakan model pembelajaran inkuiri. Jurnal Basicedu, 6(5), 8296-8303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3692
Astiti, N., Kristiantari, M., & Saputra, K. (2021). Efektivitas model pembelajaran discovery learning dengan media powerpoint terhadap hasil belajar ipa siswa sd. Journal of Education Action Research, 5(3). https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.36695
Azizah, A. and Fauziah, A. (2023). Peningkatan keterampilan proses sains siswa smp melalui pendekatan model problem based learning pada pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 525-529. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1090
Candradewi, A. N., Prasasti, P. A. T. & Listiani, I. (2024). penggunaan lembar kerja (e-lkpd) pada pembelajaran matematika berbasis model discovery learning pada siswa kelas IV SDN 02 Nambangan Kidul. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 1008-1024.
Dari, R.W. & Nasih, N.R. (2020) Analisis keterampilan proses sains mahasiswa pada praktikum menggunakan e-modul. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 12-21. https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1626
Fahyuddin., Rahman. A. & Saefuddin. (2023). Efektifitas model discovery learning menggunakan kit ipa terhadap pemahaman konsep ipa dan keterampilan proses sains ditinjau dari kepercayaan diri peserta didik SD. Jurnal Biofiskim: Penelitian dan Pembelajaran IPA, 5(1). https://doi.org/10.33772/biofiskim.v5i1.522
Fitriasari, D. N. M. & Yuliani. (2021). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik-elektronik (e-lkpd) berbasis guided discovery untuk melatihkan keterampilan proses sains terintegrasi pada materi fotosintesis kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 510-522. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p510-522
Gumilar, G., Rosid, D., Sumardjoko, B., & Erviana, V. (2023). Urgensi penggantian kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Jurnal Papeda Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148-155. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4528
Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum merdeka dalam perspektif pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1). https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015
Iskandar, S. (2024). Implementasi kurikulum merdeka sebagai upaya meminimalisir krisis sistem pendidikan indonesia. Jurnal Sinektik, 6(2), 106-114. https://doi.org/10.33061/js.v6i2.9148
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Komisia, F. (2023). Penguatan keterampilan proses sains peserta didik kelas vii smp negeri 18 kupang melalui praktikum ipa terpadu. Abdimas Galuh, 5(2), 1661. https://doi.org/10.25157/ag.v5i2.12005
Latip, A. and Faisal, A. (2021). Upaya peningkatan literasi sains siswa melalui media pembelajaran ipa berbasis komputer. Jurnal Pendidikan Uniga, 15(1), 444. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1179
Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran ipa dengan strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168-174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333
Martedi. D. (2023). Meningkatkan keterampilan proses sains melalui model discovery learning dengan scientific approach siswa kelas IXi SMP Negeri 2 Mataram. TSAQOFAH: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3(3), 498-508. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i3.1142
Mahardika, Y. P., Hartutik & Astuti, A. (2024). The effectiveness of pak learning with discovery learning model supported by e-lkpd phase-e at st. Francis asisi vocational high school Semarang. Proceeding International Conference on Educating to Intercultural Dialogue in Catholic School, 1(1), 135–144.
Nurhalimah, Supeno & Ridlo. Z. R. (2024). Pengaruh penerapan model inkuiri dengan LKPD berbasis diagram berpikir multidimensi terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Jurnal Wahana Pendidikan, 11(1), 149-156. https://doi.org/10.25157/jwp.v%vi%i.13164
Putri, C.D.Y. & Zutiasari, I. (2024). Digital worksheet for students to increase learning motivation of class xi students concentration of retail business expertise in business communication elements. Proceedings of the 4th Business Innovation Sustainability and Technology International Conference (BISTIC 2024), Advances in Economics, Business and Management Research 307, 12-22.
Rahayu, A. (2024). Upaya meningkatkan keterampilan proses sains: model radec assisted by canva media. ARJI, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.61227/arji.v6i1.150
Satriana, A. (2021). Best practise meningkatkan literasi teknologi dan sain peserta didik melalui pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan stem. Teaching Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 184-193. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.488
Sufyan, Q. and Ghofur, A. (2022). Pemanfaatan digitalisasi pendidikan dalam pengembangan karakter peserta didik. Mubtadi Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 62-71. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6531
Sukarno, S. and Hartoyo, Z. (2023). Korelasi antara keterampilan proses sains dengan literasi sains siswa madrasah tsanawiyah negeri kota Jambi. Physics and Science Education Journal (Psej), 1-9. https://doi.org/10.30631/psej.v3i1.1705
Vadilla, N. (2022). Pengembangan E-LKPD berbasis model discovery learning pada materi termokimia untuk mengukur keterampilan sains siswa. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 152–161. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i3.63
Widjaja, A. E. & Et All. (2022). Pengenalan dan pelatihan dasar algoritma pemograman menggunakan aplikasi thunkable bagi siswa SD St. Theresia Jakarta. Giat: Teknologi Untuk Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.24002/giat.v1i1.5851
Wulan. R, Nugroho. I. A. & Lestari. B. (2023). Peningkatan keterampilan proses ipa melalui model discovery learning kelas V SDN Bener Yogyakarta. Educatif : Journal of Education Research, 5(1), 184-196. https://doi.org/10.36654/educatif.v5i1.163
Zahroh, D. and Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-lkpd berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 10(3), 605-616. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.