EFEKTIVITAS E-LKPD IPAS BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN THUNKABLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR PESERTA DIDIK KELAS IV

Authors

  • Putra You Hendra Universitas Lampung
  • Gito Ronaldo Universitas Lampung
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Lampung
  • Fatkhur Rohman Universitas Lampung
  • Pramudiyanti Pramudiyanti Universitas Lampung

Keywords:

E-LKPD, discovery ;earning, basic science process skills, elementary school

Abstract

This research aims to determine the effectiveness of the E-LKPD product based on discovery learning using Thunkable to improve the science process skills of fourth-grade students. This study is a quantitative research utilizing the Quasi-Experimental Design method. The sampling technique used is saturated sampling, where the entire population is taken as the research sample, consisting of fourth-grade students. The data collection method employed is observation, conducted before and after using the product to measure the students' science process skills. The results of the study indicate that the use of the E-LKPD IPAS based on discovery learning using Thunkable has a high effectiveness in improving the basic science process skills of fourth-grade students, with an N-Gain test result of 0.728.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angelia, Y., Supeno, S., & Suparti, S. (2022). Keterampilan proses sains siswa sekolah dasar dalam pembelajaran ipa menggunakan model pembelajaran inkuiri. Jurnal Basicedu, 6(5), 8296-8303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3692

Astiti, N., Kristiantari, M., & Saputra, K. (2021). Efektivitas model pembelajaran discovery learning dengan media powerpoint terhadap hasil belajar ipa siswa sd. Journal of Education Action Research, 5(3). https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.36695

Azizah, A. and Fauziah, A. (2023). Peningkatan keterampilan proses sains siswa smp melalui pendekatan model problem based learning pada pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 525-529. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1090

Candradewi, A. N., Prasasti, P. A. T. & Listiani, I. (2024). penggunaan lembar kerja (e-lkpd) pada pembelajaran matematika berbasis model discovery learning pada siswa kelas IV SDN 02 Nambangan Kidul. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 1008-1024.

Dari, R.W. & Nasih, N.R. (2020) Analisis keterampilan proses sains mahasiswa pada praktikum menggunakan e-modul. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 12-21. https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1626

Fahyuddin., Rahman. A. & Saefuddin. (2023). Efektifitas model discovery learning menggunakan kit ipa terhadap pemahaman konsep ipa dan keterampilan proses sains ditinjau dari kepercayaan diri peserta didik SD. Jurnal Biofiskim: Penelitian dan Pembelajaran IPA, 5(1). https://doi.org/10.33772/biofiskim.v5i1.522

Fitriasari, D. N. M. & Yuliani. (2021). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik-elektronik (e-lkpd) berbasis guided discovery untuk melatihkan keterampilan proses sains terintegrasi pada materi fotosintesis kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 510-522. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p510-522

Gumilar, G., Rosid, D., Sumardjoko, B., & Erviana, V. (2023). Urgensi penggantian kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Jurnal Papeda Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148-155. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4528

Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum merdeka dalam perspektif pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1). https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015

Iskandar, S. (2024). Implementasi kurikulum merdeka sebagai upaya meminimalisir krisis sistem pendidikan indonesia. Jurnal Sinektik, 6(2), 106-114. https://doi.org/10.33061/js.v6i2.9148

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Komisia, F. (2023). Penguatan keterampilan proses sains peserta didik kelas vii smp negeri 18 kupang melalui praktikum ipa terpadu. Abdimas Galuh, 5(2), 1661. https://doi.org/10.25157/ag.v5i2.12005

Latip, A. and Faisal, A. (2021). Upaya peningkatan literasi sains siswa melalui media pembelajaran ipa berbasis komputer. Jurnal Pendidikan Uniga, 15(1), 444. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1179

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran ipa dengan strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168-174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333

Martedi. D. (2023). Meningkatkan keterampilan proses sains melalui model discovery learning dengan scientific approach siswa kelas IXi SMP Negeri 2 Mataram. TSAQOFAH: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3(3), 498-508. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i3.1142

Mahardika, Y. P., Hartutik & Astuti, A. (2024). The effectiveness of pak learning with discovery learning model supported by e-lkpd phase-e at st. Francis asisi vocational high school Semarang. Proceeding International Conference on Educating to Intercultural Dialogue in Catholic School, 1(1), 135–144.

Nurhalimah, Supeno & Ridlo. Z. R. (2024). Pengaruh penerapan model inkuiri dengan LKPD berbasis diagram berpikir multidimensi terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Jurnal Wahana Pendidikan, 11(1), 149-156. https://doi.org/10.25157/jwp.v%vi%i.13164

Putri, C.D.Y. & Zutiasari, I. (2024). Digital worksheet for students to increase learning motivation of class xi students concentration of retail business expertise in business communication elements. Proceedings of the 4th Business Innovation Sustainability and Technology International Conference (BISTIC 2024), Advances in Economics, Business and Management Research 307, 12-22.

Rahayu, A. (2024). Upaya meningkatkan keterampilan proses sains: model radec assisted by canva media. ARJI, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.61227/arji.v6i1.150

Satriana, A. (2021). Best practise meningkatkan literasi teknologi dan sain peserta didik melalui pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan stem. Teaching Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 184-193. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.488

Sufyan, Q. and Ghofur, A. (2022). Pemanfaatan digitalisasi pendidikan dalam pengembangan karakter peserta didik. Mubtadi Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 62-71. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6531

Sukarno, S. and Hartoyo, Z. (2023). Korelasi antara keterampilan proses sains dengan literasi sains siswa madrasah tsanawiyah negeri kota Jambi. Physics and Science Education Journal (Psej), 1-9. https://doi.org/10.30631/psej.v3i1.1705

Vadilla, N. (2022). Pengembangan E-LKPD berbasis model discovery learning pada materi termokimia untuk mengukur keterampilan sains siswa. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 152–161. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i3.63

Widjaja, A. E. & Et All. (2022). Pengenalan dan pelatihan dasar algoritma pemograman menggunakan aplikasi thunkable bagi siswa SD St. Theresia Jakarta. Giat: Teknologi Untuk Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.24002/giat.v1i1.5851

Wulan. R, Nugroho. I. A. & Lestari. B. (2023). Peningkatan keterampilan proses ipa melalui model discovery learning kelas V SDN Bener Yogyakarta. Educatif : Journal of Education Research, 5(1), 184-196. https://doi.org/10.36654/educatif.v5i1.163

Zahroh, D. and Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-lkpd berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 10(3), 605-616. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616

Downloads

Published

2024-12-01