PENERAPAN E-LKPD MATERI SIKLUS AIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Cahya Intan Murni Universitas Lampung
  • Narhendi Universitas Lampung
  • Fitri Handayani Universitas Lampung
  • Pramudiyanti Universitas Lampung
  • Fatkhur Rohman Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20431

Keywords:

Berpikir Kritis, E-LKPD, Siklus Air, Sekolah Dasar

Abstract

Media belajar materi siklus air di kelas belum tersedia. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar e-LKPD yang dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan peningkatan kemampuan berpikir kritis anak pada pembelajaran IPA pada materi siklus air di kelas V sekolah dasar. Dua puluh siswa SDN 4 Bandungbaru Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu mengikuti tahap uji coba penelitian. e-LKPD yang dihasilkan dalam penelitian ini memenuhui kriteria validitas, kegunaan, dan kemanjuran,  Selama fase pengujian terdapat peningkatan dalam kapasitas berpikir kritis  siswa. Kapasitas berpikir kritis siswa meningkat menjadi 86,67 % pada tahap pelaksanaan. Hasilnya, e-LKPD ini dapat berfungsi sebagai media yang berguna untuk meningkatkan kemampuan  berpikir kritis dan memahami konsep bagaimana siklus air terjadi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasanah, M. (2022). Penggunaan Media Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran IPAS Kelas V MI Darul Huda Banjarmasin.

Nugroho, AM, dkk. (2020). “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Pendidikan Teknologi , 14(2), 101-110.

Putri, MA, dkk. (2023). "Validasi Media Digital untuk Pembelajaran IPA." Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA , 7(1), 23-31.

Sabihi, M. (2019). Penerapan Paikem Gembrot Untuk Menignkatkan Hasil Belajar Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2144–2158.

Supriyadi, R., dkk. (2021). "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA." Jurnal Teknologi Pendidikan Dasar , 10(3), 145-156.

Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525–1531.

Trilling, B., & Fadel, C. (2021). Keterampilan Abad 21: Belajar untuk Hidup di Zaman Kita . Jossey-Bass.

Wahyuni, D., dkk. (2022). "Efektivitas Media Digital dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Dasar dan Teknologi , 12(1), 89-102.

Wibowo, S., dkk. (2023). “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pendidikan Karakter dan Keterampilan Abad 21.” Jurnal Pendidikan Karakter dan Teknologi , 11(2), 65-78.

Downloads

Published

2024-12-31