PEMETAAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA SISWA KELAS V SDIT BPMAA KOTA PEKANBARU
Keywords:
Literasi Sains, Pemetaan, Ilmu Pengetahuan Alam, Sekolah DasarAbstract
Literasi sains merupakan suatu keharusan bagi setiap individu agar memiliki peluang lebih besar untuk beradaptasi dengan dinamika perkembangan zaman, kehidupan dan untuk meningkatkan pembangunan suatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran profil siswa kelas V SDIT BPMAA Kota Pekanbaru, (2) perbedaan kemampuan literasi sains siswa berdasarkan jenis kelamin, suku/etnis, pekerjaan orangtua laki-laki, pendidikan orangtua laki-laki dan umur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei, dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang yang diambil melalui teknik purposive sampling. Seluruh data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis secara kuantitatif menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 23 dan uji Two-Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa memiliki kemampuan literasi sains yang tinggi rara-rata = 78,3; (2) tidak ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan literasi sains siswa berdasarkan jenis kelamin, suku/etnis, pekerjaan orangtua laki-laki, pendidikan orangtua laki-laki dan umur; (3) hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan pada tiap indikator dilihat dari nilai korelasinya.Downloads
References
Afriana, J., Pemanasari, A., & Fitiani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 2, 203. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561
Arifin, Z. (2017). Kriteria instrumen dalam suatu penelitian. Jurnal Theorems (the original research of mathematics), 2(1). http://dx.doi.org/10.31949/th.v2i1.571
Bacanak, A & Gokdere, M. (2009). Investigating level of the scientific literacy of primary school teacher candidates. Asia-Pasific Forum on Science Learning and Teaching.; 10(1);1-10.
Bybee, R., McCrae, B., dan R. Laurie. 2009. PISA 2006: An assessment of scientific literacy. Journal of Research in Science Teaching: The Official. Journal of the National Association for Research in Science Teaching. 46(8): 865-883. https://doi.org/10.1002/tea.20333
Cansiz, M & Turker, N. Scientific literacy investigation in science curricula: the case of turkey. Special Issue: Selected papers presented at WCNTSE, 2011: 359-366. Izmir: Dokuz Eylul University Institute.
Cavas, P.H., Pınar, H., Ozdem, Y., Cavas, B., Cakiroglu, J., & Ertepina, H. Turkish pre-service elementary science teachers' scientific literacy level and attitudes toward science. Science Education International, 2013; 24(4): 383-401
Eisenhart, M. Finkel, E., & Mariso, S.F. Creating the conditions for scientific literacy: a re-examination. American Educational Research Journal. 1996;33: 261-295. https://doi.org/10.3102/00028312033002261
Genc, M. (2015). The effect of scientific studies on students’ scientific literacy and attitude. Ondokuz Mayis University Journal of Education Faculty, 34(1), 141-152. https://doi.org/10.7822/omuefd.34.1.8
Glynn, S.M.& Muth, K.D. (1994). "Reading and Writing to Learn Science: Achieving Scientific Literacy". Journal of Research in Science Teaching. 31 (8), 1057-1073. https://doi.org/10.1002/tea.3660310915
Gormally, C., Peggy B., & Mary L. (2012). Developing a Test of Scientific Literacy Skills (TOLS): Measuring Undergraduates‘ Evaluation of Scientific Information and Argumens. CBE-Life Sciences Education, 11:364-377. https://doi.org/10.1187/cbe.12-03-0026
Hurd, P.D. Scientific literacy: new minds for changing world. Science Education.1998; 8:407-416. https://doi.org/10.1002/(SICI)1098-237X(199806)82:3<407::AID-SCE6>3.0.CO;2-G
Jurecki, K., & Wander, M. C. (2012). Science literacy, critical thinking, and scientific literature: Guidelines for evaluating scientific literature in the classroom. Journal of Geoscience Education, 60(2), 100-105. https://doi.org/10.5408/11-221.1
Kuhlthau, C. (2010). Guided inquiry: School libraries in the 21st century. School libraries worldwide, 1-12. https://doi.org/10.29173/slw6797
Lemke, C., Coughlin, E., Thadani, V., & Martin, C. (2003). enGauge 21st century skills: Literacy in the digital age. USA: North central regional educational laboratory.
Masril, M., Dakhi, O., Nasution, T., & Ambiyar, A. (2020). Analisis gender dan kecerdasan intelektual terhadap kreativitas. Pendidikan: Jurnal Pendidikan, 18(2), 182.
Nofiana, M & T. Julianto. 2017. Profil kemampuan literasi sains siswa SMP di kota Purwokerto ditinjau dari aspek konten, proses, dan konteks sains. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora). 1(2): 77-84.
Nunnally, J. (1978). The study of change in evaluation research: Principal concerning measurement, experimental design and analysis. Sage Publication.
OECD. 2018. Programme for International Student Assessment. Paris: OECD Publishing.
Ozdem, Y., Cavas, P., Cavas, B., Cakiroglu, J., & Ertepinar, H. (2010). An investigation of elementary students scientific literacy levels. Journal of Baltic Science Education. 9(1). 6-19.
Pertiwi, U. D., R. D. Atanti., dan R. Ismawati. 2018. Pentingnya literasi sains pada pembelajaran IPA SMP abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE). 1(1): 24-29.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42.
Rizkita, L., Suwono, H., dan Susilo, H. (2016). Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa SMA Kota Malang. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016 Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP dengan Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang. 771-781.
Rusilowati, A., Kurniawati, L., Nugroho, S. E., & Widiyatmoko, A. (2016). Developing an Instrument of Scientific Literacy Assessment on the Cycle Theme. International Journal of Environmental and Science Education, 11(12): 5718-5727.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sumaryatun., A. Rusilowati., S. E. Nugroho. 2016. Pengembangan instrumen penilaian autentik kurikulum 2013 berbasis literasi sains pada materi bioteknologi. Jurnal of Primary Education. 5(1): 66-73.
Turgut, H. (2007). Scientific literacy for all. Ankara University Journal of Faculty of Educational Sciences (JFES), 40(2), 233-256. https://doi.org/10.1501/Egifak_0000000176
Yuliati, Y. 2017. Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. 3(2): 21-28.
Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7 (1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.