PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nurhafizah Lubis Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Risnawati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rian Vebrianto Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • M. Fikri Hamdani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.27176

Keywords:

Learning Media, Augmented Reality, Concept Understanding, Reading Interest, Science

Abstract

Studi ini bertujuan mengkaji dampak media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) terhadap pemahaman konsep dan minat membaca siswa kelas 5 SD. Rendahnya pemahaman konsep dan minat membaca siswa yang masih menjadi tantangan dalam proses pembelajaran di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menerapkan metode quasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen yang menggunakan media AR dan kelas kontrol yang menggunakan media konvensional. Dalam penelitian ini melibatkan responden 30 orang siswa kelas 5 sekolah dasar. Instrumen yang digunakan meliputi tes pemahaman konsep dan angket minat membaca. Data dikumpulkan dengan cara langsung turun kelapangan dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran berbasis AR mampu membuat pembelajaran lebih interaktif, sehingga siswa lebih mudah memahami materi, AR juga memberikan pengaruh positif yang cukup signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep serta minat membaca siswa. Media Augmented Reality mampu menyajikan materi secara visual dan interaktif sehingga mendorong siswa agar lebih tertarik dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media berbasis Augmented Reality direkomendasikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran di sekolah dasar untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aen, R., & Kuswendi, U. (2020).

MENINGKATKAN PEMAHAMAN

KONSEP IPA SISWA SD

MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL

BERUPA MEDIA GAMBAR DALAM

PEMBELAJARAN IPA. Journal of

Elementary Education, 03, 3.

Al-Ansi, A. M., Jaboob, M., Garad, A., &

Al-Ansi, A. (2023). Analyzing

augmented reality (AR) and virtual

reality (VR) recent development in

education. In Social Sciences and

Humanities Open (Vol. 8, Issue 1).

Elsevier Ltd.

https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.1

00532

Angraini, L. M., Susilawati, A., Noto, M.

S., Wahyuni, R., & Andrian, D.

(2024). Augmented Reality for

Cultivating Computational Thinking

Skills in Mathematics Completed with

Literature Review, Bibliometrics, and

Experiments for Students. Indonesian

Journal of Science and Technology,

9(1), 225–260.

https://doi.org/10.17509/ijost.v9i1.672

58

Arena Tiari, D., & Suryani, N. (n.d.).

TEKNODIKA Penerapan Multimedia

Interaktif untuk Meningkatkan

Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi

Struktur Organ Tubuh Manusia dan

Fungsinya.

http://jurnal.fkip.uns.ac.id/teknodika

Chang, H. Y., Binali, T., Liang, J. C.,

Chiou, G. L., Cheng, K. H., Lee, S.

W. Y., & Tsai, C. C. (2022). Ten

years of augmented reality in

education: A meta-analysis of (quasi-)

experimental studies to investigate

the impact. Computers and

Education, 191.

https://doi.org/10.1016/j.compedu.202

2.104641

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y.

(2019). Penerapan Multimedia

Interaktif untuk Meningkatkan

Pemahaman Konsep IPA Peserta

Didik di Sekolah Dasar. EDUCARE:

Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran,

17(2).

Dina Yasmin, A. (2023). AR-Learning:

Media pembelajaran berbasis Mobile

dengan Visualisasi 3 Dimensi

Sebagai Upaya untuk Meningkatkan

Critical Thinking Siswa.

https://jurnaldidaktika.org

Fakhriya, S. D., & Purnamaningsih, E. H.

(2024). Peran Persepsi Keterlibatan

Ayah Dan Keterlibatan Ibu Serta

Konsep Diri Membaca Terhadap

Minat Baca. Gadjah Mada Journal of

Psychology (GamaJoP), 10(1), 64.

https://doi.org/10.22146/gamajop.808

63

Hafis, Buhaerah, & Kasmirah. (2024).

IMPLEMENTASI MEDIA

PEMBELAJARAN BERBASIS

AUGMENTED REALITY UNTUK

MENINGKATKAN PEMAHAMAN

KONSEP GEOMETRI SISWA. Jurnal

Pendidikan Matematika, 5(2), 1–8.

https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Dik

mat

Prihartini, A. A., Binti Ali, N., & Fitri, H.

A. (2023). THE ROLE OF SCHOOL

LITERACY MOVEMENT (SLM) IN

INCREASING STUDENT INTEREST

IN READING: A LITERATURE

REVIEW. Jurnal Tatsqif, 21(1),

15–34.

https://doi.org/10.20414/jtq.v21i1.740

9

Ro’is, A. N., Wardana, K. A. K.,

Dwijayanto, R., & Rahmantika Hadi,

F. (2025). PENGGUNAAN MEDIA

PEMBELAJARAN AUGMENTED

REALITY (AR) DALAM

KEGIATANBELAJAR MENGAJAR DI

SEKOLAH DASAR. Sindoro

CENDIKIA PENDIDIKAN, 11(5),

2025.https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.2

52

Sayekti, O. M., Khoirudin, I., & Yi Ying,

C. (2023). The Effect of Family

Literacy on Students’ Interest in

Reading. Jurnal Prima Edukasia,

11(1), 131–141.

https://doi.org/10.21831/jpe.v11i1.562

61

Sudharsono, M., Apryani, A., Isnaeni,

B., Wulandari, D. I., Putri, N. A.,

Damayanti, A., Pelita Bangsa, U.,

Guru, P., Dasar, S., & Selatan, C.

(2024). PENGGUNAAN MEDIA

PEMBELAJARAN BERBASIS

AUGMENTED REALITY TERHADAP

MINAT MEMBACA SISWA

SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal

Ilmiah PGSD FKIP Universitas

Mandiri, 10(4).

Sudiartini, R., & Mulyana, I. dwi. (2018).

Manajemen Perpustakaan Berbasis

Kelas Dalam Meningkatkan Minat

Baca Siswa di SDIT Bina Anak

Sholeh Cilacap. ŚALIĤA | Jurnal

Agama Islam & Ilmu Pendidikan, 1(1).

Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN

KUANTITATIF KUALITATIF DAN

R&D (19th ed.). Penerbit Alfabeta.

Urrahmah, S., Tasrif, E., Delianti, V. I., &

Mursyida, L. (2025). Analisis

Penggunaan Media Pembelajaran

Berbasis Augmented Reality

Terhadap Kemampuan Pemahaman

Konsep Materi. Jurnal Pendidikan

Tambusai, 9(1).

Yuna Arinda, E., Alfian, A., & Rahmantika

Hadi, F. (2025). CENDIKIA

Downloads

Published

2025-07-08

Most read articles by the same author(s)