PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.27176Keywords:
Learning Media, Augmented Reality, Concept Understanding, Reading Interest, ScienceAbstract
Studi ini bertujuan mengkaji dampak media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) terhadap pemahaman konsep dan minat membaca siswa kelas 5 SD. Rendahnya pemahaman konsep dan minat membaca siswa yang masih menjadi tantangan dalam proses pembelajaran di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menerapkan metode quasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen yang menggunakan media AR dan kelas kontrol yang menggunakan media konvensional. Dalam penelitian ini melibatkan responden 30 orang siswa kelas 5 sekolah dasar. Instrumen yang digunakan meliputi tes pemahaman konsep dan angket minat membaca. Data dikumpulkan dengan cara langsung turun kelapangan dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran berbasis AR mampu membuat pembelajaran lebih interaktif, sehingga siswa lebih mudah memahami materi, AR juga memberikan pengaruh positif yang cukup signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep serta minat membaca siswa. Media Augmented Reality mampu menyajikan materi secara visual dan interaktif sehingga mendorong siswa agar lebih tertarik dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media berbasis Augmented Reality direkomendasikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran di sekolah dasar untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih optimal.Downloads
References
Aen, R., & Kuswendi, U. (2020).
MENINGKATKAN PEMAHAMAN
KONSEP IPA SISWA SD
MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL
BERUPA MEDIA GAMBAR DALAM
PEMBELAJARAN IPA. Journal of
Elementary Education, 03, 3.
Al-Ansi, A. M., Jaboob, M., Garad, A., &
Al-Ansi, A. (2023). Analyzing
augmented reality (AR) and virtual
reality (VR) recent development in
education. In Social Sciences and
Humanities Open (Vol. 8, Issue 1).
Elsevier Ltd.
https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.1
00532
Angraini, L. M., Susilawati, A., Noto, M.
S., Wahyuni, R., & Andrian, D.
(2024). Augmented Reality for
Cultivating Computational Thinking
Skills in Mathematics Completed with
Literature Review, Bibliometrics, and
Experiments for Students. Indonesian
Journal of Science and Technology,
9(1), 225–260.
https://doi.org/10.17509/ijost.v9i1.672
58
Arena Tiari, D., & Suryani, N. (n.d.).
TEKNODIKA Penerapan Multimedia
Interaktif untuk Meningkatkan
Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi
Struktur Organ Tubuh Manusia dan
Fungsinya.
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/teknodika
Chang, H. Y., Binali, T., Liang, J. C.,
Chiou, G. L., Cheng, K. H., Lee, S.
W. Y., & Tsai, C. C. (2022). Ten
years of augmented reality in
education: A meta-analysis of (quasi-)
experimental studies to investigate
the impact. Computers and
Education, 191.
https://doi.org/10.1016/j.compedu.202
2.104641
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y.
(2019). Penerapan Multimedia
Interaktif untuk Meningkatkan
Pemahaman Konsep IPA Peserta
Didik di Sekolah Dasar. EDUCARE:
Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran,
17(2).
Dina Yasmin, A. (2023). AR-Learning:
Media pembelajaran berbasis Mobile
dengan Visualisasi 3 Dimensi
Sebagai Upaya untuk Meningkatkan
Critical Thinking Siswa.
https://jurnaldidaktika.org
Fakhriya, S. D., & Purnamaningsih, E. H.
(2024). Peran Persepsi Keterlibatan
Ayah Dan Keterlibatan Ibu Serta
Konsep Diri Membaca Terhadap
Minat Baca. Gadjah Mada Journal of
Psychology (GamaJoP), 10(1), 64.
https://doi.org/10.22146/gamajop.808
63
Hafis, Buhaerah, & Kasmirah. (2024).
IMPLEMENTASI MEDIA
PEMBELAJARAN BERBASIS
AUGMENTED REALITY UNTUK
MENINGKATKAN PEMAHAMAN
KONSEP GEOMETRI SISWA. Jurnal
Pendidikan Matematika, 5(2), 1–8.
https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Dik
mat
Prihartini, A. A., Binti Ali, N., & Fitri, H.
A. (2023). THE ROLE OF SCHOOL
LITERACY MOVEMENT (SLM) IN
INCREASING STUDENT INTEREST
IN READING: A LITERATURE
REVIEW. Jurnal Tatsqif, 21(1),
15–34.
https://doi.org/10.20414/jtq.v21i1.740
9
Ro’is, A. N., Wardana, K. A. K.,
Dwijayanto, R., & Rahmantika Hadi,
F. (2025). PENGGUNAAN MEDIA
PEMBELAJARAN AUGMENTED
REALITY (AR) DALAM
KEGIATANBELAJAR MENGAJAR DI
SEKOLAH DASAR. Sindoro
CENDIKIA PENDIDIKAN, 11(5),
2025.https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.2
52
Sayekti, O. M., Khoirudin, I., & Yi Ying,
C. (2023). The Effect of Family
Literacy on Students’ Interest in
Reading. Jurnal Prima Edukasia,
11(1), 131–141.
https://doi.org/10.21831/jpe.v11i1.562
61
Sudharsono, M., Apryani, A., Isnaeni,
B., Wulandari, D. I., Putri, N. A.,
Damayanti, A., Pelita Bangsa, U.,
Guru, P., Dasar, S., & Selatan, C.
(2024). PENGGUNAAN MEDIA
PEMBELAJARAN BERBASIS
AUGMENTED REALITY TERHADAP
MINAT MEMBACA SISWA
SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal
Ilmiah PGSD FKIP Universitas
Mandiri, 10(4).
Sudiartini, R., & Mulyana, I. dwi. (2018).
Manajemen Perpustakaan Berbasis
Kelas Dalam Meningkatkan Minat
Baca Siswa di SDIT Bina Anak
Sholeh Cilacap. ŚALIĤA | Jurnal
Agama Islam & Ilmu Pendidikan, 1(1).
Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN
KUANTITATIF KUALITATIF DAN
R&D (19th ed.). Penerbit Alfabeta.
Urrahmah, S., Tasrif, E., Delianti, V. I., &
Mursyida, L. (2025). Analisis
Penggunaan Media Pembelajaran
Berbasis Augmented Reality
Terhadap Kemampuan Pemahaman
Konsep Materi. Jurnal Pendidikan
Tambusai, 9(1).
Yuna Arinda, E., Alfian, A., & Rahmantika
Hadi, F. (2025). CENDIKIA
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.