STUDI PUSTAKA: ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dinda Lestari Universitas Negeri Jakarta
  • Yustia Suntari PGSD FIP Universitar Negeri Jakarta
  • Engga Dallion PGSD FIP Universitar Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15480

Keywords:

Kesulitan Belajar, Matematika, Geometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika siswa pada materi geometri dan untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi adanya kesulitan belajar pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan studi literatur. Data yang diperoleh akan dikumpulkan, dianalisis kemudian disimpulkan. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukan bahwa masih terdapat kesulitan belajar matematika pada materi geometri yang dialami oleh siswa kelas IV Sekolah Dasar. Kesulitan tersebut meliputi: 1) abnormali persepsi visual, 2) kesulitan dalam menggunakan konsep, 3) kesulitan dalam menggunakan prinsip, 4) kesulitan dalam memahami bahasa dan simbol matematika, 5) kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita atau verbal. Faktor yang menyebabkan adanya kesulitan belajar matematika pada materi geometri yakni 1) faktor khusus, seperti kurang teliti dalam melakukan operasi hitung, rendahnya kemampuan linguistik siswa yang mengakibatkan siswa sulit untuk menginterpretasikan soal ke dalam bentuk matematika, dan siswa berpaku pada hafalan rumus, 2) Faktor internal, ketidakmampuan siswa dalam memahami materi dan kurangnya minat belajar siswa, 3) Faktor eksternal, seperti pemilihan metode dan model pembelajaran yang kurang cocok dengan materi Geometri dan kondisi ekonomi keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpian, R., & Anggoro, B. S. (2020). Analisis Penalaran Matematis Peserta Didik Berdasarkan Teori Van Hiele. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 96–105. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.4761

Arisetyawan, I. F. and A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. KREANO: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatis, 11(2), 27–35. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726

Dedi Kusnadi, A. W. I. N. (2020). PENERAPAN TEORI VAN HIELE SEBAGAI DASAR PENGENALAN GEOMETRI DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Matematics Paedagogic, V(1), 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.36294/jmp.vxix.xxx

Diniarti, A., Witono, A. H., & Nurmawanti, I. (2024). Identifikasi Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN 31 Mataram. 10(1), 221–226. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6596

Fadillah, A., Alim, J. A., & Antosa, Z. (2022). ANALISIS KESULITAN SISWA PADA MATERI PENGENALAN GEOMETRI DI KELAS 2 SDN 130 PEKANBARU. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(1), 11. https://doi.org/10.31258/jta.v5i1.11-20

Fajar Rizqi, A., Luthfi Adilla, B., & Sulistiyawati, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar dan ALternatif Pemecahannya. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 481–488. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf

Kurniani Ningsih, S., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Berajah Journal, 2(1), 44–48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48

Kusumawati, E. (2020). PERANAN TEORI MULTIPLE INTELEGENCE DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KURIKULUM 2013. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST 2020, 40–49.

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Puspa Hanan, M., & Alexander Alim, J. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR PADA MATERI GEOMETRI Analysis Of Mathematics Learning Difficulties of Elementary School Students of Grade VI on Geometry Materials. Al-Risyad Journal of Mathematics Educations, 2(2), 7.

Rahmadini, A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Datar Dan Bangun Ruang. GURUKU: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(3), 15–25. https://doi.org/https://doi.org/10.59061/guruku.v1i3.188

Ratna Sari, D., Nur, E., Lukman, aeni, & Rijal Wahid Muharram, M. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI PADA ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM-NUMERASI SEKOLAH DASAR. In FONDATIA : Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 5, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia

Salmaa Salsabilah, A., Putri Nur Afifah, N., Fadila Putri Herdiansyah, R., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P. (n.d.). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun Datar Gabungan Siswa Kelas IV SD. Journal on Education, 06(01), 2601–2608.

Simbolon, S., & Sapri, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2510–2515. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2081

Zuschaiya, D. (2024). Faktor yang Memengaruhi Minat dan Kesulitan Belajar Matematika Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(01), 41–49. https://doi.org/10.58812/spp.v2i01

Downloads

Published

2024-06-30