PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V DI SDIT AL-FARIH WOHA-BIMA

Authors

  • Rosilawati Universitas Mataram
  • Muhammad Tahir
  • Asri Fauzi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15224

Keywords:

Problem Based Learning, IPA, Critical Thingking.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah di SDIT Al-Farih woha-bima. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design dan jenis penelitiannya adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Al-Farih Woha-Bima . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SDIT Al-Farih Woha-Bima, dibuktikan dengan uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test, pengujian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh atau tidak dalam penelitian tersebut. Dimana diperoleh hasil uji hipotesis yaitu dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata sebelum perlakuan (pretest) dengan nilai rata-rata sesudah perlakuan (posttest) pada kelas V SDIT. Al-Farih. Jadi dapat disimpulkan ditolak dan diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SDIT Al-Farih Woha-Bima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, R.F (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Pada Muatan Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran (Jipp.). 4(3). 422-432.

Danaryanti, A., & Lestari, A. T. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Matematika Mengacu Pada Watson-Glaser Critical Thinking Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri Di Banjarmasin Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. 5 (2), 116–126.

Diharjo, R.F, Budijanto & Utomo, D.H. (2017). Pentingnya Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Paradigma Pembelajaran Konstruktivistik. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21. 4(39) 445-449.

Handika, I. & Muhammad, N. W. (2013) Pengaruh pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia. 1 (1). 85-93.

L, Nuryanti, S Zubaidah, & M Diantoro (2018) Analisis Kemampaan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dana Pengembangan, 3(2), 155-158.

Oktaviani, M. D. S., Suwatra, I. W., & Murda, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3(1), 89-97.

Pratiwi, I. (2021). IPA Untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Medan: Umsu Press.

Risnawati, A., Nisa, K., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat SDN Wora. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 109-115.

Saputra, T. Adi. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Kawo Tahun Ajaran 2019/2022. Progres pendidikan. 1(1), 7-13.

Suari, N. putu. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Zakhia, G. Shoha, Tahir, M., & Khair, B. N (2022). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V di SDN 30 Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah PENDAS: Jurnal Pendidikan Dasar . 3 (1). 39-48.

Downloads

Published

2024-06-28

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2