MENINGKATKAN ELEMEN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NO. 3 KOTA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14393Abstract
Rendahnya elemen membaca pemahaman siswa karena masih banyak siswa yang belum memahami isi teks bacaan yang dibaca. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan elemen membaca pemahaman siswa IV SD Negeri No. 3 Kota Barat melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Metode penelitian yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 17 siswa, pada siklus I elemen membaca pemahaman siswa yang mencapai indikator kinerja sebanyak 11 (65%), sedangkan yang belum mencapai indikator kinerja sebanyak 6 siswa (35%). Selanjutnya pada siklus II elemen membaca pemahaman siswa mengalami peningkatan yakni sebanyak 17 siswa (100%) yang mencapai indikator kinerja. Kata Kunci : membaca pemahaman, model CIRCDownloads
References
Abidin, Yunus. (2020). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Arbianty, E, Prima, R, Hartini & Suparmi. (2023). Penerapan Model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SDN Jonggrang 1 Pada Pembelajaran Tematik. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5662.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Jariah, A, dkk. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 238-241.
Meliyawati. (2016). Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish.
Rahmi, Y. & Marnola, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Metode Pembelajaran CIRC. Jurnal Basicedu, 4(3), 664.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.