PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SBDP KELAS III SDN 4 KOTA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14397Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “ Apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran SBDP tema 4 materi Seni Rupa di kelas III SDN 4 Kota Barat”? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBDP tema 4 materi Seni Rupa di kelas III SDN 4 Kota Barat melalui model pembelajaran Project Based Learning ( PJBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data meliputi Observasi, Tes dan Dokumentasi. Berdasarkan penelitian diperoleh data hasil belajar siswa pada siklus I yang mencapai Indikator Pencapaian Kompetensi pada mata pelajaran SBDP sebanyak 11 orang dengan prsentase 61%. Sedangkan pada siklus II telah mengalami peningkatan sebanyak 15 orang siswa dengan presentase 83%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model Project Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SDN 4 Kota BaratDownloads
References
Husain, Rusmin, dkk. 2018. Profesi Keguruan SD. Yogyakarta: Zahir Publishing
Fathurrohman, M. 2019. Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Mariyaningsih & Hidayati. 2018. Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran. Surakarta: Kekata Publisher.
S. H, dkk (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Bayumedia Publishing.
Wiwy T. Pulukadang. 2021.hahkikat pembelajaran. Gorontalo:ideas publishing
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.