PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14364Keywords:
Kecerdasan Buatan, Komik Digital, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebutuhan dalam pengembangan media pembelajaran komik digital yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) sebagai basisnya, dikhususkan untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat sekolah dasar. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Analisis kebutuhan dilakukan dengan merujuk pada tahapan awal pengembangan berdasarkan model ADDIE, yaitu tahap Analisis. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas lima di SDN Cijantung 07 Pagi. Instrumen yang digunakan terdiri dari wawancara dan kuisioner, yang dirancang dengan format tertutup untuk kuisioner dan terbuka untuk wawancara. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru dan penyebaran kuisioner kepada peserta didik. Hasil wawancara membuktikan bahwa waktu yang terbatas menjadi hambatan dalam penggunaan media pembelajaran, sementara hasil kuisioner membuktikan bahwa sebagian peserta didik masih menjumpai kesukaran dalam belajar IPS karena kurangnya kesesuaian media pembelajaran dengan preferensi mereka. Dari hasil penelitian ini, ditarik kesimpulan bahwa diperlukan pengembangan media pembelajaran komik digital berbasis artificial intelligence untuk meningkatkan pemahaman siswa, memperkuat minat belajar, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka dalam mata pelajaran IPS di tingkat sekolah dasarDownloads
References
Andriani, N. (2019). Penerapan Media Komik Digital terhadap Pemahaman Pembelajaran Matematis Siswa SMP. Prosiding DPNPM Unindra, 0812(50).
Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043
Dadi, I. K., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2019). ANALISIS KEBUTUHAN UNTUK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MIND MAPPING. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2). https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19375
Hanifah, H., Aeni, A. N., & Jayadinata, A. K. (2023). Pengembangan Komik Digital Materi Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. ASANKA : Journal of Social Science and Education, 4(1). https://doi.org/10.21154/asanka.v4i1.5782
Ibrahim, M. A., Raihan, P., Nurhadi, S. N., Setiawan, U., & Destiyani, Y. N. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 106-113.
Ihwan Mahmudi, Muh. Zidni Athoillah, Eko Bowo Wicaksono, & Amir Reza Kusuma. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9). https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1132
Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, I., Lutfiani, N., & Yadila, A. B. (2022). Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2). https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.792
Marisya, A., Firman, & Rusdinal. (2019). Pemikiran ki hadjar dewantara tentang pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6).
Permana, M. J., & Sujana, W. (2021). Aplikasi Pembelajaran IPS Berbasis Pendekatan Konstektual. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1).
Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). POTENSI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN DARING. Akademika, 10(02). https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406
Riyan, M. (2021). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI. Diksi, 29(2). https://doi.org/10.21831/diksi.v29i2.36614
Said, S., Program, D., Ekonomi, S. P., & Bima, S. (2023). PERAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA ABAD 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 6(2).
Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1). https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623
Sakriani, S., Ammade, S., & Nur, R. (2022). Pemberdayaan Digital Comic dan Strategi PQRST dalam Pengembangan Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris. Buletin KKN Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.18967
Sumantri, M. S., & Putri, A. S. D. (2022). Pemanfaatan komik digital pada pembelajaran ipa di kelas tinggi sekolah dasar. PERDULI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.21009/perduli.v2i2.28048
Sunandar, B. (2020). Penggunaan Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Viii Di Smp Qur’an Nurul Huda Pesawaran. Skripsi, 3(2).
Supriatna, A., Andriani, R., Usman, H., Sari, Y., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P. (2024). Digital Student Worksheet Oriented to Problem-Based Learning in Science Subjects for Elementary School Students. 12(1), 108–118. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v12i1.60938
Widya, N., Marwa, S., Usman, H., & Qodriani, D. B. (2023). METODIK DIDAKTIK PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP MATA PELAJARAN IPAS PADA KURUKULUM MERDEKA. Jurnal Pendidikan.
Willya, A. R. (2023). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Ma’arif Journal of Education …, 2(1).
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02). https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Zainuddin, Z. (2021). Konsep Pendidikan Budi Pekerti Perspektif Ki Hadjar Dewantara. KABILAH : Journal of Social Community, 6(1). https://doi.org/10.35127/kbl.v6i1.4651
Zakya, A. L. F., Wardhani, P. A., & Usman, H. (2024). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kemandirian Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SDN Jati 05 Pagi Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 831–838. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2207
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.