PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SPINNING WHEEL TERHADAP MAHARAH KALAM DI SMP AISIYAH BOARDING SCHOOL MALANG

Authors

  • Azimatal Haqqi Sabila Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Farikh Marzuki Ammar PBA FAI Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14262

Keywords:

Media Pembelajaran, Spinning Wheel, Maharah Kalam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Spinning Wheel terhadap keterampilan berbicara (maharah kalam) siswi SMP Aisiyah Boarding School Malang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan pra-eksperimental dan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian terdiri dari 27 siswi kelas VIII SMP Aisiyah Boarding School tahun ajaran 2023/2024. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian uji t-test menggunakan SPSS versi 19 menunjukkan bahwa signifikansi 0,000 <0,05. Dari hasil perhitungan, diketahui nilai rata-rata maharah kalam siswa saat pretest  adalah 64,26, sedangkan nilai rata-rata saat posttest adalah 79,86. Hal ini berarti bahwa rata-rata nilai saat posttest lebih tinggi daripada nilai rata-rata saat pretest. Oleh karena itu, penggunaan media Spinning Wheel efektif dalam meningkatkan maharah kalam siswa, terutama dalam aspek-aspek seperti pelafalan, tata bahasa, kosa kata, kelancaran, dan keberanian. Hasil ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan maharah kalam bahasa arab siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Syahfitri, “Tathbiiq Thoriiqotit Ta’liim As-Suroh wa As-Suroh li Tarqiyyati Maharotil Kalam bil Lughohil ‘Arobiyyah li Thullab As-sufi As-Sabi’ bil Madrosati Ats-Tsanawiyyah Al-Hukumiyyah 2 Deli Sirdang.”

M. F. NAsrulloh, A. K. Nasoih, W. S. Satiti, S. Khansa, and Afifa, “Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab melalui Pelatihan dan Permainan Bahasa Arab,” Jumat Pendidik. …, vol. 1, no. 1, pp. 28–35, 2020.

S. Mahparaa, “Ahammiyyatu Al-Lughoh Al-Arabiyyah wa "Alaaqotuha bi Ad-Diini Al-Islaamiy,” Mudalla (مدلا), vol. 1, no. 1, pp. 132–149, 2021.

F. A. Nisa, “Atsaruth Thoriiqoti As-Sam’iyyah wa Asy-Syafawiyyah fii Tarqiyyati Maharotil Kalam fil Madrosatil Mutawassithotil Islamiyyatil Hukumiyyah 2 Je mber,” p. 282, 2008.

Meishanti, O. P. Yuanita, R. D. Rahmawati, Nafingah, and R. Jannah, “Pelatihan Berbahasa Arab Melalui Keterampilan Berbicara ( Maharah al-kalam ) Metode Muhadatsah menggunakan Pocket Book,” J. Pengabdi. Masy. Bid. Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 16–23, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1037.

H. Sa`diyah, “Upaya Menumbuhkan Self-Confidence Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa Melalui Grup Whatsapp,” Al Mi’yar J. Ilm. Pembelajaran Bhs. Arab dan Kebahasaaraban, vol. 2, no. 2, p. 149, 2019, doi: 10.35931/am.v2i2.119.

dkk. (Ed. . Muhammad Thohir, “Metode Pembelajaran Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing,” pp. 6–7, 2021.

M. A. Nashirullah, “Musykilaatu Ta’liimi Mahaaratil Kalaam fil Madrosati Ast-Tsanawiyyah Al-Islamiyyah Al-Hukumiyyah Al-Khomisah Jombang,” pp. 31–41, 2023.

Y. Yunita and R. Pebrian, “Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Al-Kalam di Kelas Bahasa Center for Languages and Academic Development,” J. Pendidik. Agama Islam Al-Thariqah, vol. 5, no. 2, pp. 56–63, 2020, doi: 10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5838.

H. Nufus,erlina, koderi, M. Utama, and C. Ramadhan, “Creative Language Games for Enjoyable Arabic Teaching al-Al’ab al-Lughawiyyah al-Ibda’iyyah li Ta’lim al-Lughah al- ’Arabiyyah al-Mumti’ah,” vol. 14, no. 1, pp. 40–57, 2022, doi: 10.24042/albayan.v.

H. Fikri and A. S. Madona, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif, 1st ed. Yogyakarta: Penerbit Samudera Biru, 2018.

L. Mufida, Zukhairah, and A. Miftahudin, “Rolling Ball: Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas VIII MTs di Kabupaten Pekalongan,” Lisanul’ Arab J. Arab. Learn. Teach., vol. 6, no. 1, pp. 50–55, 2017.

A. I. Hs and W. M. Suriningsih, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Roda Putar Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Di Taman Kanak - Kanak,” Al-Athfaal J. Ilm. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 291–303, 2021, doi: 10.24042/ajipaud.v4i2.11381.

S. R. Febriani, W. Wargadinata, S. Syuhadak, and F. M. A. Ibrahim, “Design of Arabic Learning for Senior High School in the 21st Century,” J. Al-Bayan J. Jur. Pendidik. Bhs. Arab, vol. 12, no. 1, pp. 1–21, 2020, doi: 10.24042/albayan.v12i1.5886.

Nisa Fahmi Huda, “Penggunaan Media Spinning Wheel Dalam Pembelajaran Qawaid Nahwu,” Stud. Arab, vol. 11, no. 2, pp. 87–100, 2020, doi: 10.35891/sa.v11i2.2390.

N. Aeni, M. R, and S. Muthmainnah, “Efektivitas Media Pembelajaran Spinning Wheel dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas XI MA DDI Cambalagi Kabupaten Maros,” vol. 1, no. 1, pp. 22–31, 2021.

I. Maya, N. Bte Abdul, and A. Azis, “Bridging Students’ Speaking Skill Through Spinning Wheel Media At Smp Negeri 1 Bontomarannu,” English Lang. Teach. Methodol., vol. 2, no. 1, pp. 30–36, 2022, doi: 10.56983/eltm.v2i1.62.

M. B. U. B. Arifin and N. Nurdyansyah, Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA Press, 2018.

dan A. E. Yudi Marihot, Sapta Sari, Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, vol. Vol. 1, no. March. 2022.

W. Whidmurni, “Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif,” pp. 1–14, 2017.

T. Enramika, “Bentuk Tes Berbicara Bahasa Arab (Tingkat Dasar, Menengah, Dan Lanjutan),” Islam. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 14–24, 20

Downloads

Published

2024-06-08