PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA ARAB PADA KELAS V MI SUNAN KALIJOGO SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23332Keywords:
Metode Bernyanyi, Kosakata, Bahasa Arab, Kata Kunci: media gambar, kosakata budaya dasar, penguatan religius, anak usia diniAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media dan pendekatan pembelajaran bahasa Arab yang kurang beragam, menyebabkan siswa Kelas V MI Sunan Kalijogo Sidoarjo cenderung menjadi pasif selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk menemukan dan menganalisis bagaimana metode bernyanyi berdampak pada kemampuan siswa menghafal kosa kata bahasa Arab. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan metode tersebut meningkatkan penguasaan matematika secara signifikan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi-eksperimen dan teknik pengumpulan data yang beragam. Nilai siswa rata-rata 43,78 dengan nilai tertinggi 68,75 pada pre-test, tetapi nilai mereka meningkat menjadi 74,37 dengan nilai tertinggi 92,31 pada post-test. Peningkatan ini menunjukkan bahwa metode bernyanyi mampu membantu siswa belajar bahasa Arab. Siswa akan lebih termotivasi dan interaktif jika pendekatan pembelajaran menggunakan metode bernyanyi.Downloads
References
Akbar, R. dkk. 2023. “Experimental Reseacrch dalam Metodologi Pendidikan”, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol.9, No.2.
Anggraini. Z. dan Akzam. I. 2024. “Tathwir Al-qomus Al-Maudhu` fi Ta`lim al-lughoh Al-Arabia bil Madarasah Al-Ibtidaiyah Al-Islamiyah Sakinah Pekanbar”, El-Tumuhat. Vol.7, No.2.
Aslah, Z. 2017. “Upaya Peningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab dengan Metode Bernyanyi”, Al maharoh: jurnal pendidikan bahasa arab. Vol.3, No.2.
Budianingsih. R. dkk. 2021. “Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Pengusaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas Rendah”, Jurnal Elementaria Edukasia. Vol. 4, No. 2.
Darwin, M. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Media sains.
Faridah. S. N. dan Fajar. A. 2022. “Peningkatan Hafalan Mufrodat Bahasa Arab dengan Metode Bernynayi pada Santri di Pondok Pesantren Fajrul Islam Karanghegar Subang”, SATWIKA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol.2, No.1.
Ghodang, H dan Hantono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Konsep Dasar Dan Analisis Regresi dan Jalur dengan Spss. Medan: Mitra grup.
Habibi. W.R.S. dan Fauji. I. 2024. “Analisis Konten Pembelajaran Bahasa Arab pada Media Instagram. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo”. Vol. 5. No. 2. doi: https://doi.org/10.21070/ups.5527. Akses pada tanggal 13 Januari 2025.
Hanafi, A. dan Sholihah, B. 2022. “Peningkatan Kemampuan Menghafal Kosa-Kata Bahasa Arab dengan Penerapan Metode Bernyanyi”. Muhibbul Arabiyah Journal. Vol.2, No.1.
Huda. M. A. N. Dan Fauji. I. 2024. “Efektivitas Penerapan Metode Bernyanyi terhadap Peningkatan Pemahaman Kosakata Bahasa Arab”. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Doi: https://doi.org/10.21070/ups.4045. Akses pada
tanggal 13 Januari 2025.
Muin. F. M. dkk. 2023. “Ta`stir Istikhdam Tariqoh Alghina` ala Astiab Al-Mufrodat”. Icon-Postall. Vol.1.
Nabila. 2023. “Tathwir Madad Al-imla` fi Ta`lim Maharoh Al-kitabah ala Asās Al- Madkhol Al-Siyaqī fi Ma`had Dar Al-Ukhwat lil Banat Al-Kharam Al-Awwal Malang”, Tesis. Universitas Maulana Malik Ibrahim.
Rachmawati. R. A. dan Husin. 2022. “Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab di Panti Asuhan Nurul Jannah”. Berajah Journal. Vol.2. No.2.
Ridho. M. 2024. “Fa `aliyah Istidkhom Thoriqoh Al-Ghina` Biwasilat Fidyu Ta`limul Mufrodhat fi Tholabati shof Sabi` bi Madrashah Mutawasithoh Assalamiyah alhukumiyah Muara Lahei Kalimantan Tengah”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Antasari.
Ridwan dan Awaluddin, A. F. 2019. “Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Mufrodat dalam Pembelajaran Bahasa arab”. Didaktika: Jurnal Kependidikan. Vol. 13, No.1.
Sholeha, F. P. 2020. “Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Menghafal Mufrodat dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas II Ali Bin Abi Thalib MI Ma`arif Candran Godean Tahun Ajaran 2019/2020”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Sukarelawa, M. I. dkk. 2024. N-Gain vs Stacking: Analisa Perubahan Abilitas Peserta Didik dalam Desain One-Grup Pretest-Posttest. Yogyakarta: Suryacahya.
Wekke, I. S. 2019. Strategi Pembelajaran Bahasa arab Madrasah Mioritas Muslim. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Zain, A. A. 2021. Strategi Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Cirebon: Penerbit Insania. Zahro. A. dkk. 2024. “Istikhdām Tharīqah Al Ghinā’ Li Al-Hifdzi Al-Mufradāt Al-Lughah Al ‘Arabiyah”. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. Vol.7,No.1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.